• Health

    Informasi Seputar Kesehatan

  • Parenting

    Informasi Seputar Keluarga

  • Relationship

    Informasi Seputar Hubungan Pacaran

  • Wedding

    Informasi Seputar Pernikahan dan Rumah Tangga

  • Sex

    Informasi Seputar Seks

  • Life

    Informasi Seputar Kehidupan

  • General

    Informasi Hal-hal Umum

  • Entrepreneur

    Informasi Seputar Wirausaha

Tuesday, October 20, 2020

Langkah-langkah dalam Mendirikan Perusahaan (PT)

Indonesia memang dikaruniai Sumber Daya Manusia yang luar biasa. Tidak heran jika banyak para pelaku usaha dan bisnis tersebar di seluruh Indonesia. Ada yang masih berbentuk UMKM, sampai yang sudah memiliki perusahaan besar.

Siapa yang tidak menginginkan usaha atau bisnisnya berkembang? hampir seluruh pelaku usaha pasti menginginkan usahanya berkembang dan tumbuh besar. Jika sebuah usaha terus tumbuh dan berkembnag sudah tentu akan diupgrade menjadi sebuah badan usaha, bisa seperti PT, CV, ataupun lainnya. Namun ternyata dari berbagai macam pilihan badan usaha, yang paling banyak dipilih oleh pengusaha-pengusaha di Indonesia adalah pendirian PT.

Meski banyak para pelaku usaha di Indonesia, ternyata masih sedikit yang belum tahu prosedur mendirikan PT atau perusahaan. Tidak heran beberapa pelaku nakal pun kerap ditemui karena tidak memiliki prosedural perusahaan yang sesuai dengan ketentuan UUD yang berlaku.

Dikutip dari easybiz.id sejak awal tahun 2016 pemerintah terus berupaya mempermudah prosedur didalam melakukan pendirian Perseroan Terbatas ini. Lalu seperti apa langkah-langkah pendirian PT?

1. Persiapan Modal Untuk Mendirikan PT
Menurut Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT), mengenai Modal dasar PT adalah sebesar Rp 50 Juta dengan setoran minimal 25% sebagai modal untuk PT tersebut. Persyaratan yang tertulis di Undang-undang ini terkadang menjadi kendala atau masalah bagi pengusaha yang ingin mendirikan PT. Beberapa diantara mereka ingin mendirikan PT namun memiliki Modal yang pas-pasan, padahal mereka sudah sadar akan pentingnya mendirikan PT yang merupakan badan Hukum.

Melihat hal ini kemudian akhirnya pemerintah mempermudah kita semua, pemerintah mengeluarkan Aturan baru bahwa besarnya modal dasar pendirian PT tergantung kesepakatan dari pendirinya. Hal ini juga telah disebutkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 2016 tentang perubahan modal dasar PT. Walaupun begitu persyaratan modal ini hanya berlaku untuk para UMKM saja.

2. Menentukan Domisili Usaha
Setelah Modal sudah kita tentukan, saatnya menentukan Domisili usaha kita. hal ini untuk kita mendapatkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan atau SKDP. Namun beberapa dari pengusaha juga terbentur dengan keadaan dana yang belum cukup untuk menyewa ruang kantor.

3. Menentukan Bidang Usaha Sesuai KBLI
KBLI ini kepanjangan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Ini merupakan seperti adanya klasifikasi di dalam menentukan jenis usaha yang nanti digunakan untuk melihat kode bidang usaha. Dan nanti kode bidang usaha tersebut akan dimuat di dalam SIUP dan juga TDP.

4. Membuat BPJS Ketenagakerjaan Untuk PT
BPJS Ketenagakerjaan ini akan menjadi salah satu persyaratan di dalam mengurus surat izin lainnya, seperti SKDP.

5. Membuat NPWP Direktur dan NPWP Perusahaan
Untuk membuat PT, kita juga harus mengurus NPWP, baik untuk direktur ataupun perusahaan. NPWP yang dimiliki Direktur PT haruslah sudah dalam format terbaru, tahun 2015, yaitu adanya NIK KTP direktur yang bersangkutan di Kartu NPWP pribadinya. Begitu juga terdapat alamat yang tertera di NPWP pribadi tersebut. Selain itu juga direktur PT yang bersangkutan sebaiknya tidak memiliki tunggakan pajak

6. Pembuatan SIUP Dan TDP
Untuk membuat kedua surat izin ini, sekarang sudah semakin dipermudah. Saat ini kita bisa ajukan pembuatan SIUP dan TDP secara online. Dengan hanya sekali login dan mengisi formulir online kita sudah bisa mendapatkan SIUP dan TDP sekaligus.

7. Membuat Akte Perusahaan
Karena perusahaan berbadan hukum maka sangat mutlak perlu membuat akte perusahaan. Biasanya akte ini berisi informasi tentang nama perusahaan, bergerak di bidang apa, nama para pemilik modal, modal dasar, modal disetor, pengurus perusahaan seperti siapa direktur utama, direktur, dan para komisaris.

8.Mendapatkan Surat Keputusan Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan Dari Departemen Hukum dan HAM
Untuk mendapatkan ini, diperlukan salinan akte perusahaan dan Surat Keterangan Domisili. Hal ini juga untuk mempermudah segala urusan usaha dan bisnis kita.

Sumber:
newsindotrading.com

Cara Membuat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis Anda

Layanan Instagram advertising (instagram ads) adalah salah satu layanan yang mendukung kegiatan dalam beriklan melalui konten berbayar di Instagram untuk menjangkau audience yang lebih luas dan lebih tertarget. Instagram menjadi salah satu media sosial sangat mendukung untuk meningkatkan brand exposure, traffic website, dan mengumpulkan leads baru. Jika Anda sudah terbiasa dengan istilah sales funnel, Instagram ads dapat membantu memindahkan leads yang sudah ada ke bagian bawah funnel yaitu pembelian.

Instagram ads adalah platform visual yang mendukung iklan dengan teks, gambar, dan video sehingga bisa lebih menarik perhatian audiences. Jika Anda tertarik untuk membuat iklan di Instagram agar dapat melakukan promosi bisnis lebih baik, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

Syarat pertama yang akan memudahkan Anda dalam membuat instagram ads adalah Anda harus memiliki akun facebook. Selanjutnya, Anda bisa memulai membuat dengan lima pilihan cara. Kelima pilihan cara tersebut adalah melalui Aplikasi Instagram, Facebook Ads Manager, Facebook Power Editor, Facebook’s Marketing API, dan Instagram Partners.

Dari kelima cara di atas, cara yang paling mudah untuk membuat instagram ads adalah melalui Facebook Ads Manager. Untuk mulai membuatnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Memilih Objektif Campaign
Facebook akan membantu Anda untuk menentukan format iklan Anda, bidding options, dan auto-optimization agar sesuai dengan objektif kampanye iklan Anda. Ada banyak pilihan objektif campaign yang bisa Anda pilih seperti Brand awareness, Local awareness, Reach, Traffic, Lead generation, Conversions, Engagement, All installs, Video views, Product catalog sales, dan Store visits.

2. Memberikan Judul Untuk Campaign Instagram
Anda harus menambahkan range tanggal ketika Anda memberi nama untuk campaign Instagram, agar Anda bisa melakukan track dan pengelolaan campaign Anda dengan lebih mudah nantinya.

3. Mengatur Target Audience
Target audience dapat Anda lakukan dengan dua pilihan yaitu target audience facebook baru dan Menggunakan audience yang sudah Anda buat sebelumnya. Target audience harus diatur dengan cermat karena merupakan elemen penting dalam memasang sebuah iklan. Target audience juga menentukan tarif iklan dan keberhasilan iklan Anda nantinya.

4. Mengatur Penempatan Iklan
Anda dapat memilih beberapa pilihan untuk meletakkan iklan Anda seperti Facebook News Feed (Mobile dan desktop), di bagian sebelah kanan Facebook, Instagram, Audience Network, Instant Articles, dan In-stream Video.

Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa penempatan iklan untuk satu iklan yang direkomendasikan oleh facebook seperti Brand awareness ( Facebook dan Instagram), Engagement (Facebook dan Instagram), Video views (Facebook, Instagram, dan Audience Network), App installs (Facebook, Instagram, dan Audience Network), Traffic – for website clicks dan app engagement (Facebook and Audience Network), Product catalog sales (Facebook dan Audience Network), Conversions (Facebook dan Audience Network).

5. Mengatur Budget Dan Bidding Iklan Instagram
Melakukan pengaturan budget dan bidding untuk iklan Instagram merupakan salah satu topik yang penting. Proses bidding iklan mirip dengan lelang, tetapi lebih berfokus untuk mendapatkan perhatian dari pengguna sosial media. Ada tiga faktor yang akan mempengaruhi kontribusi ke anggaran advertising, yaitu:
Bidding iklan Facebook Anda dengan aturan semakin besar Anda mau membayar, Facebook akan semakin optimal dalam mendistribusikan iklan Anda.
Relevance score dengan aturan setiap iklan yang Anda pasang di Facebook dan Instagram memiliki nilai relevansi tertentu untuk tarif yang dibebankan.
Estimated action rates dengan aturan facebook menentukan estimated action rates, yaitu estimasi bagi seseorang yang akan mengklik atau melakukan suatu tindakan setelah melihat iklan tersebut.

6. Memilih Format Instagram Ads
Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, Anda perlu memilih format Instagram ads. Ada 7 format yang bisa Anda pilih, yaitu:
Single image ads, merupakan format ads yang paling sering digunakan karena hanya memerlukan sebuah gambar, caption gambar, dan tombol call-to-action (CTA).
Instagram carousel ads, merupakan format yang memperbolehkan Anda memilih sampai 10 gambar dan video.
instagram video ads, merupakan format video atau GIF.
Slideshow ads, merupakan format yang memungkinkan Anda untuk menggunakan sampai 10 gambar dan menambahkan music untuk membuat sebuah looping video.
Instagram lead ads, merupakan format yang cukup membantu untuk mengumpulkan informasi berharga dari calon pelanggan tanpa membawa keluar dari platform Instagram.
Instagram stories image ads, merupakan fitur tambahan instagram yang memungkinkan iklan dibuat dalam sedikit cerita dengan gambar.
Instagram stories videos ads, merupakan format Instagram stories videos yang memungkinkan Anda untuk mengunggah video berdurasi hingga 15 detik.

Setelah Anda memilih format iklan yang diinginkan, Anda harus mengisi detail dari ads seperti Headline, Text, dan tombol call to action (CTA). Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan Ad Preview Tool untuk melihat cara Instagram Ads akan muncul nantinya. Setelah Anda merasa cukup dengan hasilnya, klik tombol place order untuk mengirimkan iklan Anda untuk direview dan dipublish oleh Instagram.

Cara Membuat Promosi Dengan Instagram Ads
Jika Anda ingin mempromosikan postingan Instagram yang ada, Anda dapat melakukannya dengan mudah dan cepat melalui aplikasi Instagram itu sendiri. Namun, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi instagram untuk menyiapkan kampanye yang lebih kompleks atau mengubah detail dari postingan Instagram Anda sebelum mempromosikannya. Sebelum Anda dapat mempromosikan postingan Instagram langsung di aplikasi, Anda harus mengisi beberapa persyaratan, yaitu:
  • Mengkonversi ke Profil Bisnis Instagram.
  • Menjadi Admin dari halaman facebook yang telah terhubung dengan akun Instagram
  • Mengikuti Kebijakan Periklanan Facebook
Setelah ketiga persyaratan tersebut lengkap, langkah untuk membuat promosi dengan instagram tanpa meninggalkan aplikasi yaitu:
  • Buka aplikasi Instagram
  • Buka profil
  • Pilih pos yang ingin dipromosikan
  • Di bawah gambar pos, tap tombol promote
Selanjutnya, Anda harus melakukan beberapa tindakan lain seperti memilih dari dua tujuan iklan yang tersedia, yaitu “Kunjungi Situs Web Anda” (Visit your Website) atau “Hubungi atau kunjungi bisnis Anda” (Call of visit your business). Selain itu, Anda harus mengisi rincian promosi dengan mengatur hal-hal seperti Objective, Destination, Action Button, Audience, Budget, dan Duration kemudian klik “Create Promotion”.

Sumber:
newsindotrading.com

7 Tips Sukses Membangun Networking bagi Orang Introvert

Hanya sekadar menyapa atau bertukar cerita seseorang mungkin menjadi hal yang begitu biasa, tetapi tidak bagi seorang introvert. Agar berhasil menjalin networking, seorang introvert harus menerapkan beberapa strategi.

Networking merupakan salah satu kunci utama untuk meraih kesuksesan bisnis. Melalui networking, para profesional bisa saling membuka pintunya dan mendapatkan kesempatan baru dalam mencapai tujuan bisnisnya. Namun bagi orang introvert, berinteraksi dengan orang asing memang bisa membuatnya merasa tidak nyaman.

Jika Anda adalah orang yang introvert, jangan biarkan rasa malu menghentikan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain dalam bidang sosial atau profesional. Anda hanya membutuhkan rasa santai ketika berkomunikasi dengan orang lain. Cara ini merupakan strategi yang ampuh bagi seorang introvert. Dengan menerapkan 7 cara ini, seorang introvert akan berhasil menjalin networking:

Keluarlah dari Zona Nyaman
Jangan biarkan rasa takut menghalangi Anda dari proses interaksi dengan orang lain. Pandangan yang optimistik dalam hidup akan memikat orang-orang di sekeliling Anda. Temuilah orang-orang yang menyenangkan, nikmati waktu Anda bersama mereka. Untuk mengurangi tekanan, fokuslah kepada orang lain bukan kepada diri Anda sendiri.

Orang introvert cenderung lebih berfokus pada dirinya sendiri yang mengakibatkan dirinya menjadi kesulitan untuk menuntaskan hambatan-hambatan komunikasi terhadap orang lain. Topik umum yang biasanya paling disukai banyak orang seperti traveling dan makanan mungkin dapat menjadi tema pembicaraan yang menyenangkan untuk dijadikan bahan awal perbincangan.

Jangan remehkan diri Anda sendiri. Anda harus berkontribusi lebih dari yang Anda pikirkan. Jika kamu tidak pernah melakukan usaha, kamu akan kehilangan kesempatan untuk membangun potensimu yang unik.

Utamakan Kualitas Networking, bukan Hanya Kuantitas
Meskipun Anda menggunakan waktu yang sangat sedikit ketika bersama banyak orang dan menggunakan lebih banyak waktu ketika bersama orang yang lebih sedikit, janganlah kecewa. Pemilik Ciputra Group pernah mengatakan bahwa dirinya bisa membangun bisnis yang besar seperti sekarang ini dikarenakan memiliki relasi yang tepat sasaran.

Kita sering menyalahartikan bahwa kita harus memiliki teman yang banyak ketika ingin mendirikan sebuah bisnis atau ingin menjadi orang yang sukses. Namun poin utamanya justru ada pada kualitas dan sasaran.
Apakah relasi yang Anda miliki saat ini sudah tepat sasaran dengan visi dan misi hidup Anda? Jangan sampai terjebak dalam jejaring sosial yang begitu luas namun ujung-ujungnya tak satupun dari mereka yang bisa Anda ajak untuk menjadi partner yang baik.

Biasakanlah Berkenalan dengan Orang-orang Baru
Berlatihlah untuk berkenalan dengan orang-orang yang belum Anda kenal sebelumnya. Tentunya, dengan memperhatikan beberapa aspek supaya Anda juga tetap berhati-hati, seperti bahasa tubuh yang ditunjukkan oleh kenalan Anda. Apakah ia orang yang cukup bersahabat dalam perkenalan tersebut atau justru sebaliknya.

Jangan tunda untuk berkenalan dengan orang lain. Hal ini dilakukan agar Anda terlatih untuk bersikap fleksibel ketika berbicara dengan orang lain. Selain itu, rasa malu, minder, tertekan, dan lain lainnya yang biasa menjadi penghambat komunikasi secara perlahan bisa dipangkas dengan latihan ini.

Perhatikanlah Bahasa Tubuh Anda Mulai Sekarang
Orang introvert yang baru mencoba untuk merubah pola komunikasinya biasanya masih agak kikuk dengan percakapan-percakapan yang konyol atau melibatkan penalaran verbal yang tinggi. Orang introvert memiliki kecenderungan kesulitan untuk mengekspresikan secara tepat apa yang dirasakannya saat itu sehingga bahasa tubuh mereka terlihat kikuk ketika bersama dengan orang lain. Hal inilah yang perlu dilatih para introvert. Kuasailah pikiran Anda sehingga bahasa tubuh Anda nantinya tidak menunjukkan gerak-gerik yang aneh.

Ingatlah Nama Orang
Ketika diperkenalkan kepada seseorang, ucapkanlah namanya ketika sedang bercakap-cakap dengannya. Hal ini akan menunjukkan perhatian Anda kepada dirinya sekaligus rasa hormat.

Mengingat nama setiap orang yang Anda temui hampir tidak mungkin dilakukan. Namun dengan mencoba mengingat dua atau tiga nama di setiap acara yang didatangi, Anda akan merasa lebih baik kedepannya.

Lakukanlah Segalanya dengan Sederhana
Ketika Anda sudah menunjukkan rasa ketertarikan kepada orang lain, kemungkinan besar orang lain juga akan turut membalasnya. Tanyakan kepada mereka hal-hal apa yang paling menarik untuk dibicarakan saat ini, maka percakapan kemudian akan menjadi milik Anda.

Ingatlah bahwa orang lain terkadang tidak terlalu menyukai hal-hal yang berlebihan, jadi tetaplah dalam batasan-batasan yang wajar. Sebuah hubungan timbal balik didasarkan pada kepercayaan, rasa hormat, dan niat baik. Hasil dari ketiga aspek ini adalah relasi jangka panjang dimana informasi dan sumber daya bisa dengan bebas dipertukarkan.

Nikmatilah Saat-saat di Sekeliling Anda
Tidak ada hal yang paling menyenangkan selain ketulusan. Jika memiliki waktu untuk berkumpul bersama dengan teman-teman, gunakanlah waktu tersebut dengan antusias. Tapi ingat jangan melakukan antusiasme tipuan atau antusiasme palsu. Antusiasme harus datang dari sikap yang otentik.

Carilah kegiatan-kegiatan berjejaring seperti jamuan makan, pergi nonton, backpacker, atau berorganisasi. Fokuslah untuk bersenang-senang dan buatlah diri Anda tampil sebaik mungkin di depan banyak orang. Jika berhasil memenangkan beberapa teman baru dan klien, itu merupakan sebuah tanda bahwa diri Anda telah berubah.

Sumber:
newsindotrading.com

8 Cara Ampuh Memenangkan Hati Pelanggan dalam Bisnis Retail

Perkembangan industri retail di Indonesia menunjukkan peningkatan yang sangat pesat. Tak hanya pemain besar, banyak juga pemain retail baru yang bermunculan sehingga meramaikan pasar industri retail. Banyaknya pemain dalam industri ini mau tak mau memunculkan persaingan yang sangat kompetitif antara bisnis retail yang satu dengan yang lainnya sehingga perlu cara khusus agar dapat memenangkan hati pelanggan.

Sengitnya persaingan antarpengusaha retail sebenarnya memberikan keuntungan bagi pelanggan dengan berbagai kemudahan dan promo menarik. Gerai minimarket dapat ditemukan dengan mudah di berbagai kota. Tak jarang, di hari-hari tertentu ada berbagai promo dan potongan harga yang diberikan kepada pelanggan. Berbagai kemudahan yang diberikan para pemain retail tersebut semata-mata karena ingin memperebutkan hati pelanggan agar dapat memenangkan persaingan industri retail.

Berbagai upaya pemasaran yang dilakukan oleh industri retail, khususnya minimarket biasanya bertumpu pada strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion) yang relatif sama antara satu dengan yang lainnya. Variasi, kualitas barang, serta harga barang yang dijual pun hampir sama. Kalaupun ada perbedaan, hal tersebut tidak terlalu signifikan. Lantas, bagaimana para retailers minimarket ini dapat membuat konsumennya loyal sementara pilihan pelanggan sangat beragam dan mereka tidak memiliki pembeda yang signifikan yang dapat ditawarkan?

Ketika produk dengan harga dan promosi yang ditawarkan relatif sama, menurut Porter (1996), retailers harus memiliki pembeda yang signifikan atau keunikan tersendiri agar bisa unggul bersaing. Penerapan strategi pemasaran 4P saja tidak cukup, diperlukan juga dukungan dengan pelayanan yang maksimal agar pelanggan semakin puas sehingga akhirnya menjadi pelanggan loyal. Menurut Angie Tan & Sarah Lim, penulis buku Retail Operations, ada delapan cara untuk memenangkan hati pelanggan sehingga mereka menjadi loyal:

Provide Caring Staff
Dalam industri retail, interaksi antara pelanggan dengan karyawan cukup tinggi sehingga karyawan menjadi salah satu kunci penting. Pemilik bisnis retail harus memilih karyawan dengan tingkat kecerdasan emosi yang memadai, terutama karyawan di bagian frontliners. Karyawan yang berada di lini terdepan seperti frontliners biasanya akan sering berhadapan dengan konsumen. Mereka merupakan orang pertama yang mendengarkan komplain dari konsumen atau sekadar memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan sehingga diperlukan karyawan yang berkepribadian dan perilaku baik agar dapat melayani pelanggan dengan ramah.

Provide Staff Training
Dalam sebuah perusahaan, pelatihan mutlak diperlukan jika ingin ada peningkatan kompetensi dan kemampuan sumber daya manusia. Dengan adanya pelatihan, karyawan yang merupakan aset perusahaan akan semakin meningkat kualitasnya sehingga dapat memberikan pelayanan prima. Oleh karenaitu, para retailers perlu memberikan pelatihan kepada karyawan mengenai teknik-teknik agar dapat melayani pelanggan dengan baik dan benar.

Provide Internal Customer Service
Pemilik bisnis retail juga perlu memandang karyawan sebagai pelanggan internal perusahaan sehingga mereka juga perlu diperlakukan layaknya sebagai pelanggan. Dengan memberikan berbagai informasi terbaru atas segala keputusan perusahaan, mereka akan merasa dihargai. Dengan demikian, akan tercipta rasa memiliki (sense of belonging) terhadap perusahaan dari dalam diri karyawan. Jika sudah tercipta sense of belonging, karyawan akan bekerja dengan sepenuh hati karena menganggap perusahaan layaknya milik sendiri.

Empower Staff
Karyawan merupakan salah satu aset perusahaan. Retailers perlu memberikan tanggung jawab dan otoritas kepada karyawannya agar dapat memberikan solusi kepada pelanggan atas berbagai masalah yang dihadapi. Namun, otoritas yang diberikan juga harus ada batasan yang jelas sehingga karyawan akan memiliki kepercayaan diri untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi saat berhadapan dengan pelanggan.

Under-Promise and Over- Deliver
Sebagai pelanggan, tentu kita akan senang jika dijanjikan akan mendapatkan hadiah, diskon, atau promo belanja. Namun, pemilik bisnis retail perlu berhati-hati agar tidak mudah menawarkan janji kepada pelanggan. Janji yang ditawarkan kepada pelanggan harus dipenuhi atau akan lebih baik jika bisa memberikan lebih dari yang dijanjikan.

Pay Attention to the Small Things
Jangan sepelekan hal-hal sederhana, apapun itu. Hal sederhana yang dibutuhkan oleh pelanggan seperti pertanyaan mengenai informasi produk atau keluhan pelanggan harus direspon secara cepat oleh perusahaan. Dengan memberikan respon yang cepat dan tepat, kesan positif yang mendalam akan dirasakan oleh pelanggan.

Give your Customers a Gift
Sesekali, senangkan hati pelanggan dengan memberikan hadiah. Pemilik usaha retail dapat memberikan hadiah kepada pelanggan VIP member sebagai ungkapan terima kasih atas dukungan dan kesetiaan mereka sebagai pelanggan. Hadiah dapat diberikan secara periodik atau momen tertentu, misalnya di akhir tahun atau tahun baru. Dengan memberikan hadiah di momen-momen tertentu tersebut, dijamin pelanggan akan semakin loyal.

Establish a Feedback System
Para pemilik usaha retail juga perlu membangun feedback system untuk memonitor persepsi pelanggan atas pelayanan yang diterima oleh mereka selama ini. Dengan adanya sistem umpan balik tersebut, perusahaan dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan sehingga secara kontinyu dapat meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik.

Sumber:
newsindotrading.com

8 Tips Membuat Karyawan Semangat Mengejar Deadline

Mengejar deadline sudah menjadi salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari pekerjaan kantor. Ada beberapa karyawan yang mengeluh dan akhirnya tidak mampu bertahan karena mereka merasa tertekan dengan deadline yang ketat. Hampir di semua perusahaan deadline selalu ada karena hal ini berkaitan dengan target dan visi-misi perusahaan. Dan sebenarnya para pengusaha juga tidak bersalah dalam hal ini karena mereka ingin bisnis mereka tetap survive.

Sebenarnya masalah ini lebih mengarah pada pemberdayaan sumber daya manusia. Ada beberapa hal yang kadang kala dilupakan oleh pengusaha maupun karyawan yang berada di level manajemen untuk meningkatkan gairah kerja para bawahannya. Akhirnya karyawan menjadi bosan atau jenuh dengan rutinitas mereka karena tidak mendapatkan apreasiasi yang pantas dari perusahaan. Sudah menjadi hukum dasar psikologis manusia bahwa mereka ingin untuk dimengerti.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan motivasi karyawan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya di kantor? 

Tidak ada makan siang gratis di dunia ini
Perlu diketahui oleh pengusaha dan karyawan yang berada di level manajemen bahwa manusia pada dasarnya mampu bertahan dalam situasi yang berat jika ada reward terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Tentu saja dalam hal ini yang dimaksud adalah lembur. Seorang psikolog dari Amerika Serikat yang bernama Daniel Kahneman mengatakan bahwa manusia pada dasarnya makhluk rasional yang selalu mencari keuntungan dari setiap tindakannya. Begitu pula ketika karyawan dihadapkan dengan situasi mengejar deadline yang mengharuskan mereka untuk lembur sampai beberapa jam. Maka dari itu slogan “tidak ada makan siang gratis di dunia ini” ini tidak hanya berlaku dan diucapkan oleh para pengusaha saja tetapi juga oleh karyawan. Walaupun terkesan hitung-hitungan namun perhitungan matematis terhadap setiap pekerjaan membuat pengukuran kerja menjadi lebih obyektif.

Bersosialisasilah dengan karyawan dan bawahan anda
Jika poin pertama secara tidak langsung mengarah kepada hal yang bersifat hedonistik maka poin yang kedua lebih bersifat psikologis. Pernahkah anda di kantor menemukan seorang pengusaha atau atasan yang berbicara dengan anda ketika mereka hanya membutuhkan tenaga anda? Jika anda pernah menemukan hal tersebut, hal tersebutlah yang pada dasarnya membuat bawahan menjadi malas memberikan tenaga lebih kepada perusahaan. Walaupun jabatan office boy sekalipun, mereka tetap perlu mendapatkan apresiasi yang layak terhadap apa yang mereka kerjakan. Seorang atasan yang baik akan menjalin relasi dengan karyawannya misalnya dengan menanyakan kesulitan pekerjaan yang mereka alami selama satu minggu ini atau sekedar berbagai pengalaman kerja di tempat kerja sebelumnya. Banyak orang yang takut membangun relasi dengan bawahannya karena takut nantinya “si bawahan” akan melunjak dan tidak akan memberikan respek terhadap atasannya. Untuk mencegah hal ini tentunya para atasan sudah tau hal-hal mana yang perlu mereka batasi saat bergaul dengan bawahannya. Bergaul dengan bawahan bukan berarti akan mengurangi kedudukan anda sebagai atasan.

Mengadakan acara gathering atau jalan-jalan
Ketika ada hari libur nasional atau tanggal-tanggal dimana perusahaan sedang tidak melakukan kegiatan operasional berikanlah hiburan kepada karyawan dengan mengadakan acara gathering atau jalan-jalan. Dengan adanya acara seperti ini kekompakan dan kerja sama tim dari masing-masing departemen dapat terjalin. Mengapa demikian? Untuk melakukan komunikasi yang intens di kantor sangatlah sulit karena setiap orang sudah memiliki pekerjaannya masing-masing. Pada kesempatan seperti gathering inilah setiap karyawan bisa lebih mengenal satu sama lain sekaligus menikmati liburan bersama dan sejenak melupakan rutinitas pekerjaan yang selalu datang tiap harinya.

Buatlah acara tahunan untuk mengumumkan karyawan teladan
Ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem ini. Key Performance Index adalah salah satu kunci dimana penilaian terhadap karyawan diberikan. Semua karyawan akan diberikan rating secara aggregate untuk melihat KPI siapa yang paling tinggi. Karyawan teladan yang saya ketahui tidak hanya dinilai sisi KPI saja, mereka juga akan dinilai dari sisi absensi, sisi komunikasi dan tentunya lamanya waktu ia bekerja di perusahaan tersebut. Akhir tahun adalah waktu yang paling tepat untuk melaksanakan acara ini dimana para atasan bisa sekaligus memberikan evaluasi terhadap hal apa saja yang belum tercapai di tahun ini. Khusus bagi seseorang yang terpilih menjadi karyawan teladan anda bisa memberikannya reward tambahan di luar THR atau bonus tahunan. Acara seperti ini akan memotivasi seluruh karyawan untuk berbuat lebih kepada perusahaan di tahun-tahun yang akan datang.

Traktirlah bawahan anda saat makan siang
Sebagai atasan yang mampu memahami bawahannya, mentraktir makan siang bawahan yang akan dibebankan tugas lembur akan membuat dia lebih bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Dalam kesempatan tersebut anda juga bisa berbincang-bincang mengenai pekerjaan yang ia lakukan. Banyak sekali karyawan yang memanfaatkan waktu makan siangnya untuk membicarakan masalah pekerjaan. Terkadang meja makan lebih mampu menyelesaikan masalah dibandingkan meja kantor.

Berikanlah Motivasi secara lisan kepada bawahan anda
Motivasi secara lisan bisa disampaikan melalui rapat atau ketika sedang mengobrol secara personal. Motivasi akan membuat aura kantor menjadi segar. Karyawan sangat membutuhkan suasana yang bisa membangkitkan semangat mereka. Jika situasi di kantor berjalan dengan datar-datar saja hal itu akan berakibat pada suasana kantor menjadi tidak hidup. Dan akhirnya karyawan menjadi tidak bersemangat mengejar deadline yang mereka emban.

Berikan training & development kepada karyawan
Adanya Training & development membuat karyawan merasa pekerjaan mereka terpantau dengan baik selama ini. Hal itu menandakan bahwa pekerjaan yang selama ini mereka lakukan perlu untuk ditingkatkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Karyawan juga merasa bahwa dirinya akan lebih terorganisir dalam bekerja jika sudah mengikuti proses training & development ini.

Berikan kupon belanja sewaktu seorang karyawan sedang berulang tahun
Ada perusahaan yang menerapkan sistem yang unik seperti ini. Kupon belanja yang diberikan disesuaikan dengan jabatan dan lamanya waktu bekerja seorang karyawan. Ulang tahun sebenarnya adalah hal yang sangat sepele namun jika perusahaan memberikan perhatian kecil terhadap hal seperti ini, karyawan akan memberikan balasan yang terbaik kepada perusahaan.

Sumber:
newsindotrading.com