Thursday, October 29, 2020

13 Tips Tinggal Serumah dengan Mertua

Berbicara tentang kehidupan berumah tangga, sebuah privasi sangatlah penting. Dalam artian, ada beberapa hal yang harus dijaga agar tidak diketahui orang-orang. Terlebih jika Anda merupakan pasangan suami istri yang tinggal serumah dengan mertua.

Pada kenyataannya, bagi sebagian pasangan, tinggal bersama mertua merupakan hal yang terkadang membuat tidak nyaman. Alasannya antara lain tidak ada privasi, merasa sungkan dengan mertua, dan merasa selalu diawasi.

Jika Anda berada di kondisi tersebut sekarang ini, saya mengerti apa yang Anda rasakan. Untuk membantu Anda baik-baik saja.

1. Buat Batasan
Hal paling pertama yang bisa Anda lakukan saat tinggal serumah dengan mertua adalah membuat atau menentukan batasan. Untuk apa sih batasan ini? Batasan berguna agar Anda dan mertua tidak terbebani untuk segala hal yang menyangkut urusan rumah.

Sebagai menantu, sebaiknya Anda berdiskusi dengan mertua tentang batasan-batasan apa saja yang harus ditetapkan. Tujuannya, agar segala kegiatan sehari-hari bisa terlaksana secara teratur.
Misal, jika hal tersebut menyangkut urusan dapur, maka tentukanlah siapa yang akan memasak dan menyiapkan makanan. Untuk urusan ini, sebaiknya Anda yang melakukannya. Pasalnya, tidak etis kalau mertua capai memasak, sementara Anda menyantap makanan dengan enaknya.

Bagaimana kalau mertua memaksa bahwa dia yang akan menyiapkan makanan? Boleh saja, tapi sesekali saja. Misalnya di akhir pekan agar Anda bisa membantunya memasak.

2. Buang Jauh-jauh Prasangka
Tips tinggal serumah dengan mertua berikutnya adalah menjauhi pikiran buruk dan juga prasangka. Dengan berpikir demikian, Anda akan nyaman dan harmonis hidup bersama dengan mertua.
Hal yang harus Anda lakukan adalah berpikirlah secara positif dan membuang pemikiran tentang segala kemungkinan buruk. Selain itu, sebaiknya Anda tidak mudah terpengaruh dengan omongan orang-orang tentang hidup bersama mertua yang tidak nyaman.

Dan yang lebih penting, sayangilah mertua seperti Anda menyayangi orang tua sendiri. Meskipun mungkin agak sulit, cobalah mulai dari sekarang. Cepat atau lambat, Anda akan merasa bahwa mertua adalah orang tua Anda juga.

3. Tentukan Privasi
Privasi adalah hal yang juga penting dan merupakan tips tinggal serumah dengan mertua yang tidak boleh dikesampingkan. Privasi dibutuhkan agar Anda dan pasangan bisa lebih saling mengenal, terlebih jika Anda adalah pengantin baru.

Menentukan privasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Misal, menetapkan area untuk kamar tidur Anda dan pasangan. Selain itu, bentuk privasi lainnya juga bisa dilakukan dengan membatasi campur tangan mertua dalam hal mendidik buah hati dan keuangan rumah tangga.

4. Utamakanlah Komunikasi dengan Mertua
Komunikasi merupakan hal yang disarankan untuk dilakukan jika Anda dan mertua sedang menghadapi masalah. Mengutamakan komunikasi bisa membuat Anda menemukan solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi. Selain itu, komunikasi yang baik juga akan membuat Anda terlihat sebagai menantu yang baik.

Pelbagai cara bisa dilakukan agar komunikasi bisa berjalan dengan baik. Sebagai contoh, menggunakan bahasa yang tidak menyinggug dan juga berbicara dengan sopan serta lembut. Selain itu, bersikap mengalah kepada mertua dan tidak ngotot mengutarakan pendapat.

5. Jangan Mudah Ikut Campur untuk Masalah Tertentu
Adakalanya Anda tidak harus ikut campur untuk beberapa masalah yang sedang terjadi. Misalnya, pasangan Anda bertengkar dengan orang tuanya. Hal seperti ini bisa terjadi karena banyak faktor, sehingga sebagai seorang istri sebaiknya Anda tidak ikut campur.

Anda harus menyadari bahwa masalah tersebut tidak ada kaitannya dengan Anda. Dengan kata lain, percuma saja Anda mengutarakan pendapat karena bisa saja memperkeruh suasana.

Langkah yang bisa dilakukan jika terjadi hal seperti itu adalah menghindar dengan cara masuk ke dalam kamar. Anda bisa menunggu hingga perdebatan selesai dan tidak mengungkit atau menanyakan permasalahannya.

6. Hargai Mertua
Tips berikutnya adalah hargai mertua Anda. Dengan menghargainya, Anda akan dipandang sebagai menantu idaman. Tetapi, dengan niat yang tulus, ya! Jangan dengan niat lain, seperti ingin mencari muka.
Contoh sederhananya adalah jangan menegur mertua secara langsung jika ada sesuatu hal yang kurang Anda sukai atau mengganggu perasaan Anda secara tidak sengaja.

Lebih baik, hadapi dengan sikap yang bijak dan usahakan untuk bersikap natural namun tepat sasaran. Selain itu, hargailah mertua dengan mangapresiasi hal-hal yang mereka lakukan untuk Anda.

7. Jangan Segan Meminta Bantuan
Meminta bantuan kepada mertua tidak akan membuat Anda terlihat lemah. Sebaliknya membuat mereka merasa berarti. Pasalnya, ada kalanya Anda tidak bisa menyelesaikan atau menemukan jalan keluar terhadap masalah yang hadapi. Hanya saja, Anda terkadang malu untuk meminta bantuan pada mertua.

Bentuk bantuan yang bisa Anda minta kepada mertua adalah dalam hal mengurus anak. Misalnya, Anda diharuskan bekerja lembur pada hari itu dan pasangan sedang ke luar kota, maka mintalah bantuan kepada mertua. Tentu saja dengan batasan yang wajar dan tidak terlalu membebani.

8. Kenalilah Kebiasaan Mertua
Tips tinggal serumah dengan mertua selanjutnya adalah mengenali kebiasaannya. Mengenali kebiasaan mertua akan sangat memudahkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam menjalani kehidupan serumah di kemudian hari.

Sebagai contoh, bertanyalah kepada pasangan Anda jenis makanan apa yang biasanya mertua Anda siapkan ketika merayakan hari-hari yang spesial, seperti hari ulang tahun maupun hari lebaran. Selain itu, cobalah untuk berbaur dengan keluarga lain untuk lebih mengenal mertua Anda.

9. Bersikap Tegas
Bersikap tegas adalah tips berikutnya. Dengan bersikap tegas terhadap suatu hal, maka mertua juga tidak akan seenaknya dengan kehidupan rumah tangga Anda. Meski begitu, lakukanlah sikap ini dengan sewajarnya sehingga tidak menimbulkan permusuhan antara Anda dan mertua.

Cara baik untuk bersikap tegas, misalnya, memberikan alasan yang jelas terhadap apa saja yang tidak cocok dilakukan oleh buah hati. Seperti tidak membiarkan si buah hati jajan sembarangan, namun di lain pihak, mertua selalu memanjakannya dengan makanan-makanan yang menurut Anda tidak sehat.
Maka biacaralah secara baik-baik dangan mertua tanpa melupakan posisinya sebagai orang tua. Tidak sulit, kan?

10. Belajarlah Menahan Diri
Belajar menahan diri adalah tips tinggal serumah dengan mertua yang juga tak kalah penting. Dengan sikap ini, maka akan membuat kehidupan dengan mertua berjalan harmonis. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari perdebatan lantaran sifat Anda yang egois dan tidak bisa menahan diri.

Belajar menahan diri bisa dimulai dengan tidak mementingkan ego dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itu, cobalah untuk tidak menampakkan kebiasaan-kebiasaan Anda yang terdahulu, yang bisa saja akan dipandang jelek oleh mertua. Seperti bangun kesiangan atau memakai pakaian yang terlihat senonoh.

11. Tidak Gampang Merajuk
Ketika serumah dengan mertua, tentu saja Anda tidak bisa terlepas dari perdebatan. Ada kalanya perdebatan yang kecil saja akan membuat Anda dengan mudah merajuk. Sehingga Anda bersikap diam dan memperlihatkan wajah yang murung.

Dengan tidak gampang merajuk, maka mertua pun tidak akan merasa terbebani dengan situasi tersebut. Untuk itu, cobalah lebih bersabar terhadap mertua dengan tetap kalem. Meski hati Anda merasa tidak enak, upayakan untuk tetap tersenyum, kemudian membicarakan kembali masalah tersebut tanpa merendahkan mertua.

12. Bantulah Mertua Semampunya
Bantuan yang dimaksud pada poin ini bisa beragam. Misalnya, membantu dalam pengeluaran bulanan. Tipsnya adalah bantulah mertua semampunya.
Kenapa? Karena tidak mungkin hanya Anda saja dan pasangan yang menanggung semua kebutuhan rumah tangga. Sementara itu, penghasilan kalian mesti dialokasikan untuk keperluan lain juga, seperti sekolah si buah hati.

Cara yang tepat adalah jujurlah pada mertua dan buatlah perincian yang jelas tentang apa saja yang bisa Anda dan pasangan tanggung. Misalnya, Anda akan menanggung kebutuhan sehari-hari, tetapi tidak dengan kebutuhan lain yang menyangkut pembiayaan rutin seperti pembayaran listrik.

13. Minta Bantuan Pihak Lain
Tinggal serumah dengan mertua juga terkadang membuat Anda tertekan. Hal ini besar kemungkinan membuat Anda stres. Oleh karena itu, mintalah bantuan pihak lain.
Meminta bantuan pihak lain tidak ada salahnya jika Anda merasa tidak sanggup menanggungnya sendiri. Karena bisa saja bantuan dari pihak lain akan mengurangi rasa tertekan Anda.

Bantuan dari pihak lain tersebut bisa Anda dapatkan dari sahabat maupun mengunjungi seorang psikiater. Cobalah untuk berbicara dengan salah satu dari dua orang tersebut. Ceritakan masalah Anda agar menemukan jalan keluar sehingga rasa stres pun akan hilang.\

Penutup
Menjalani kehidupan berumah tangga tidaklah mudah. Akan ada banyak hal yang bisa terjadi di kemudian hari. Sebagai pasangan suami istri, sepatutnya Anda lebih bijak dan lebih bersabar dalam menjalaninya. Terlebih jika Anda harus hidup dengan mertua.
Oleh karena itu, semoga 13 tips tinggal serumah dengan mertua ini menambah wawasan Anda yang belum menikah dan juga membantu Anda yang sedang mengalaminya.

Sumber: