Thursday, October 29, 2020

Lakukan 7 Cara Ini Agar Sukses Menjadi Pimpinan

Setiap orang punya rencana demi kelancaran membangun karirnya. Dalam perencanaan tersebut tentu ada target atau sesuatu yang ingin dicapai, baik dalam waktu dekat maupun jangka panjang.
Menjadi seorang pimpinan di perusahaan misalnya, siapa yang nggak mau mendapatkan posisi ini?.

Ditulis Swara Tunaiku, Minggu, (1/1/2018), ada banyak yang bisa dilakukan agar karir semakin sukses. Salah satunya berhasil menjadi pemimpin.
Faktor pendorongnya biasa datang dari mana saja, baik internal maupun eksternal. Buat yang lagi bimbang atau bingung gimana caranya membangun karir yang lurus, mulailah untuk mencari tahu bekal apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai target.

1. Mengikuti kegiatan kepanitiaan atau organisasi
Nggak jarang perusahaan sering mengadakan event di luar kantor setiap tahun. Ambil lah kesempatan ini untuk bergabung. Selain menambah skill dan pengalaman, Anda juga jadi lebih akrab dengan teman-teman kantor.

2. Menambah skill
Walau sudah bekerja, jangan berhenti untuk mengeksplore pengalaman. Semakin tinggi jabatan Anda, maka tugas-tugas mu makin kompleks, bahkan bisa saja tugasmu bersinggungan dengan bidang lain. Nah, maka nya menambah skill di bidang lain dirasa perlu.

3. Menambah portofolio
Anda bisa mencoba aktif menawarkan diri ke beberapa proyek perusahaan. Melalui kesempatan ini Anda bisa menambah portofolio. Jangan ragu untuk menawarkan diri ke departemen lain, kalau kamu memang punya kealian di bidang tertentu.

4. Menjadi sosok yang terorganisasi
Menjadi orang yang terorganisasi sangat dibutuhkan bagi seorang calon pemimpin. Kedepannya tanggung jawab Anda akan semakin bertambah dan mengorganisasi diri sangatlah penting. Misalnya mengatur kedisiplinan terhadap waktu.

5. Tingkatkan kemampuan komunikasi
Saat menjadi seorang pemimpin, Anda bakal mempunyai beberapa anak buah yang dibawahi. Selain itu, Anda juga membangun kerjasama dengan pihak eksternal kan?.
Nah, kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan, agar pesan atau perintah yang kamu sampaikan bisa dipahami dengan baik.

6. Menjadi pendengar yang baik
Salah satu kriteria pemimpin yang baik adalah mereka yang bisa jadi pendengar yang baik pula. Hargai semua pendapat dan aspirasi orang-orang disekitarmu. Jangan menguasai forum dan bicarakan sesuatu yang penting saja, terutama hal-hal yang berkaaitan dengan pekerjaan.

7. Mengajukan diri
Tidak ada salahnya Anda mengajukan diri untuk jadi seorang pemimpin di perusahaan. Yakinkan pada perusahaan bahwa Anda berkompeten dan menguasai bidang kerja. Minta pihak HRD untuk menguji kemampuanmu.
Membangun karir butuh waktu yang nggak sebentar. Yuk, jangan tunda-tunda untuk mengeksplorasi diri sejak dini.

Sumber: