Wednesday, October 28, 2020

10 Tips Luar Biasa Mengasah Keterampilan Public Speaking

Pernahkah Anda merasa bahwa penampilan Anda di depan umum sangatlah buruk? Terlebih ketika Anda sedang persentasi di depan banyak orang? Bukan hanya karena Anda tidak menguasai materi, tapi bisa jadi karena Anda tidak mengasah keterampilan Anda untuk public speaking. Nah, tahukah Anda jika public speaking adalah keterampilan yang bisa Anda asah untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda.

1. Perhatikan masternya
Dengan melihat ahlinya persentasi, Anda akan tahu bagaimana mereka menyampaikan materi, menggunakan gaya bahasa tubuh mereka dan membuat audiens terus memperhatikan mereka berbicara. Mereka juga dapat menginspirasi Anda, dan secara tidak langsung mendorong Anda untuk membuat persentasi yang sama seperti yang mereka lakukan, bahkan lebih baik lagi.

2. Kuasai materi
Tentu saja para penyampai materi di sebuah persentasi harus menguasai satu persatu materi yang akan ia sampaikan. Mereka harus bisa menguasai bahan untuk bisa menapai keberhasilan setiap persentasinya. Selain itu kitapun harus memiliki bahan yang baik, sebab tanpa itu kita mungkin tidak akan benar-benar tahu apa yang akan terjadi nanti. Seperti pertanyaan dari audiens. Jadi, pastikan untuk menentukan bahakn yang baik untuk dipelajari kemudian disajikan di depan umum.

3. Tentukan audiensnya
Ketika mempersiapkan persentasi, kita terlebih dulu harus tahu siapa audiens kita. Kita harus memahami karakter mereka. Dan dengan begitu kita akan lebih mudah menentukan topik yang akan kita bicarakan nantinya. Seperti ketika audiens Anda adalah mahasiswa, Anda bisa memilih topik yang berorientasi ke masa depan. Jadi, cobalah yang terbaik untuk membangun kesan yang baik pada audiens Anda.

4. Praktekkan
Praktek adalah kunci keberhasilan sebuah persentasi. Semakin Anda banyak berlatih, semakin mudah Anda akan berhasil dalam berbicara di depan umum. Anda bisa praktek berbicara di depan teman, keluarga, bahkan di depan cermin dengan diri Anda sendiri. Tidak ada yang istimewa dari praktek, tapi tanpa praktek Anda sulit memberikan sesuatu yang istimewa.

5. Jangan membaca isi persentasi Anda
Seperti beberapa orang yang sukses membawakan persentasi karena sudah percaya diri, tapi ada sebagian dari mereka yang tidak memiliki banyak kepercayaan di dalam dirinya. Sehingga untuk memperlancar persentasi, mereka sering membaca teks atau isi persentasinya. Membaca mungkin diperbolehkan, tapi tidak semua harus Anda baca satu persatu. Audiens Anda akan merasa diabaikan ketika Anda hanya menunduk dan membaca teks di atas kertas atau layar laptop. Merekapun akan merasa bosan hanya dengan mendengarkan apa yang Anda baca bukan yang Anda sampaikan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menuliskan ide-ide atau point-point penting yang bisa membantu Anda menyampaikan materi dengan lancar.

6. Berikan sentuhan humor
Seorang persenter bukan hanya harus menguasai materi dengan baik, tapi mereka juga harus bisa mencairkan suasana ketika sudah terlihat membosankan. Anda harus bisa menunjukkan sisi humor di dalam diri Anda dan membuat orang lain tertarik untuk terus mendengarkan Anda. “Rasa humor adalah bagian dari seni kepemimpinan, pergaulan dengan banyak orang dan untuk mendapatkan sesuatu.” Bisa dibayangkan jika Anda memberikan humor kepada audiens Anda, Anda bisa membuat mereka melupakan rasa bosan dan bahkan kantuk yang melanda mereka.

7. Tetap jaga panjang pendeknya
Mungkin Anda akan mencoba untuk membuat sebuah persentasi yang singkat, sebab persentasi yang terlalu panjang tidak akan membuat audiens mengerti justru akan semakin bingung. Pastikan Anda selesai berbicara sebelum audiens selesai mendengarkan Anda.

8. Gunakan bahasa tubuh
Cara Anda berdiri, cara Anda berbicara, bahkan sampai cara Anda menyapa audienspun harus terus diasah. Karena menggunakan bahasa tubuh akan membuat persentasi Anda semakin hidup. Mungkin memang menggunakan bahasa dalam persentasi adalah hal yang baik, tapi menciptakan energi di dalam audiens salah satunya dengan menggunakan bahasa tubuh.

9. Menjaga kontak mata
Untuk lebih membuat hubungan anda dengan audiens semakin hangat dan bersahabat, gunakan kontak mata Anda. Selama 3 detik saja tatap mata mereka saat Anda mulai persentasi. Dan mempertahankan kontak mata yang baik dengan audiens akan membuat suasana menjadi lebih akrab.

10. Berikan pengalaman berkesan
Nah, yang terakhir adalah menciptakan pengalaman berkesan untuk audiens. Salah satunya yaitu dengan pembawaan Anda yang menunjukkan kepercayaan diri Anda. Oleh karena itu, setiap kali Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan pengalaman, cobalah sebaik mungkin untuk membuatnya.

Nah, dari sini apakah Anda sudah menemukan cara yang tepat untuk dilakukan saat Anda melakukan persentasi? Sebaiknya Anda mencoba dari yang paling sederhana dan mudah untuk Anda lakukan. Anda juga bisa melatih dan meningkatkan keterampilan public speaking melalui seminar public speaking ini. Dengan meningkatkan keterampilan, dijamin persentasi Andapun akan menciptakan nilai dan pengalaman yang baik.

Sumber:
mebiso.com