Wednesday, October 28, 2020

9 Tips Mengembangkan Potensi Diri Agar Hidup Anda Lebih Bermakna

Setiap manusia dianugerahi potensi diri yang sangat luar biasa. Menariknya, manusia sendiri sering tidak mengetahui dengan pasti potensi diri tersebut.
Tak heran, ada potensi diri yang memang muncul begitu saja. Ada juga yang harus dipancing dan digali sehingga akhirnya bisa terlihat dengan jelas.

Potensi yang dimiliki setiap manusia berbeda-beda. Meski untuk beberapa aspek ada juga yang memiliki kesamaan. Semua potensi tersebut tidak akan bisa muncul dengan sempurna jika tidak dikembangkan dengan baik dan cara-cara yang benar.

1. Kenali Diri Sendiri Secara Mendalam
Banyak orang yang tidak mengenali potensi dirinya karena terlalu sibuk memperhatikan kelebihan orang lain. Sehingga dia disilaukan oleh kehebatan atau kemampuan orang lain yang sudah mampu mengeluarkan potensi dirinya.
Jadi, untuk mengembangkan potensi diri, pertama-tama kenali diri sendiri secara mendalam. Coba kembali telaah apa yang Anda sangat sukai.

Kira-kira apa yang membuat Anda tidak pernah bosan melakukannya. Itu bisa menjadi acuan dalam mengenali potensi yang ada dalam diri.
Telisik juga apakah Anda sering menjadi pemecah masalah atau punya kemampuan leadership yang mumpuni ketika berada di tengah lingkungan pertemanan.

Dengan mengenali diri sendiri lebih dalam, Anda akan lebih mudah mengetahui potensi mana yang bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi hidup Anda.

2. Buatlah Sebuah Tujuan Hidup
Hidup tak akan pernah bermakna jika tidak punya tujuan atau sasaran. Bus atau angkot saja punya tujuan. Apalagi hidup manusia, jelas harus punya tujuan.
Dengan memiliki tujuan, maka hidup Anda bakal lebih terarah dan lebih jelas. Semua yang Anda lakukan setiap hari merupakan tahapan yang harus ditempuh demi mencapai tujuan.

Cita-cita merupakan bagian dari tujuan hidup. Canangkan sesuatu yang ingin Anda gapai suatu hari nanti.
Setelah tercapai, buat tujuan baru dengan skala yang lebih tinggi. Ketika Anda bisa mencapai tujuan hidup, maka Anda pasti akan merasakan hidup yang lebih bermakna.

3. Kuatkan Niat
Tujuan tanpa niat yang kuat sama saja dengan mimpi di siang bolong. Niat akan membantu Anda dalam mengembangkan potensi diri yang sudah dikenali dan digali dengan benar.
Ini merupakan unsur penguat sekaligus pondasi dari tujuan hidup yang sudah Anda canangkan sebelumnya.

Tentu saja bukan niat yang asal-asalan. Melainkan niat yang kuat yang mampu menghasilkan tekad yang bulat demi tercapainya tujuan hidup.
Jika niat yang muncul hanya setengah hati, potensi diri pun bakal sulit untuk terdeteksi. Ketika hal itu sudah terjadi, jangan harap tujuan hidup Anda bisa tercapai.

4. Terima Setiap Kritikan
Orang yang berniat dalam pengembangan potensi diri adalah orang yang siap menerima kritikan. Sepedas apa pun kritikan itu, Anda harus belajar untuk menerimanya.
Manfaatkan kritikan yang datang sebagai alat untuk mengevaluasi diri. Karena tidak akan datang jika Anda memang tidak punya kekurangan.

Meski demikian, Anda tetap harus menyeleksi kritikan yang datang. Cermati apakah kritikan tersebut memang murni muncul dari orang lain karena ingin Anda menjadi lebih baik.
Mengapa? Karena bisa saja ada orang yang tidak senang dengan perkembangan potensi diri Anda dan berusaha menahannya agar tidak semakin baik.

5. Buang Pikiran Negatif
Jaga agar diri Anda jauh dari pikiran negatif. Karena pikiran negatif hanya akan menjadi penghambat Anda dalam mengembangkan potensi diri.
Ketika Anda selalu membiarkan diri dilanda pikiran negatif, Anda akan otomatis kehilangan fokus dan arah. Anda hanya akan menambah masalah ketika pikiran negatif masuk dalam diri Anda.

Untuk itu, buang setiap pikiran negatif yang muncul. Dengan demikian Anda bisa terjaga untuk tetap fokus dalam pengembangan potensi diri demi menggapai tujuan hidup.
Ketika hidup Anda sudah jauh dari pikiran negatif, energi yang ada akan bisa maksimal untuk Anda gunakan mengembangkan setiap potensi yang dimiliki.

6. Berkomitmen Terhadap Niat dan Tujuan
Ketika niat sudah kuat, maka yang harus Anda miliki selanjutnya adalah komitmen yang besar dan stabil terhadap niat dan tujuan hidup Anda. Komitmen akan menjaga Anda untuk terus berusaha menggapai semua yang sudah direncanakan.
Betapa pun sulitnya jalan yang harus ditempuh, Anda harus bisa menjaga komitmen jika potensi Anda masih ingin terus berkembang.

Dengan komitmen yang kuat, Anda akan dijaga untuk selalu berada di jalur yang tepat. Tidak akan mudah diganggu hal-hal yang bisa membawa Anda melenceng dari jalur menuju tujuan hidup.
Tidak akan gampang digoda oleh hal lain yang justru akan membuat Anda gagal mencapai tujuan hidup. Karena itu, ketika niat sudah kuat, perkokoh dengan komitmen.

7. Dapatkan Teman-teman yang Positif
Lingkungan juga akan berpengaruh dalam mengembangkan potensi diri. Karena itu jangan salah memilih teman. Lingkungan pertemanan yang baik adalah mereka yang mampu mendukung semua potensi yang Anda miliki untuk berkembang.
Pendeknya, apa pun yang Anda lakukan dalam mencapai tujuan hidup, pastikan mendapat dukungan dari teman-teman di sekitar Anda.

Memiliki teman-teman yang positif secara tidak langsung akan memberi Anda semangat untuk terus berusaha mencapai tujuan hidup. Dengan semangat yang terus bergelora, niat yang sudah kuat akan semakin kuat.
Tidak akan ada hambatan yang mampu menghentikan upaya Anda dalam menggapai hidup yang lebih bermakna.

8. Banyak Mencoba Hal Baru
Fokus dalam kemampuan atau keahlian utama Anda memang sebuah keharusan. Tapi bukan berarti Anda dilarang untuk mencoba hal-hal baru.
Tetap lakukan hal-hal baru yang bisa membantu Anda menemukan potensi lain yang selama ini masih tersembunyi. Siapa tahu, ternyata Anda bisa menemukan potensi lain yang jauh lebih besar.

Namun demikian, jangan terlalu banyak juga dalam mencari hal-hal baru. Ketika Anda sudah menemukan satu atau dua hal yang dianggap sebagai potensi terbesar dalam diri Anda, fokuslah dalam dua hal tersebut.
Jangan serakah untuk mencari potensi yang lain. Bukan mustahil malah tidak ada satu pun potensi diri yang bisa berkembang secara maksimal.

9. Optimistis
Dalam setiap upaya yang Anda lakukan pasti akan menemui hambatan. Sulit rasanya untuk mendapatkan jalan yang selalu lurus dalam hidup. Karena itu, dibutuhkan rasa optimistis meski hambatan yang harus dilalui terasa sangat berat.
Sikap optimistis ini yang akan membantu Anda dalam mengevaluasi setiap kekurangan yang ada. Untuk kemudian memperbaikinya dan terus melakukan upaya agar potensi diri bisa tetap berkembang sesuai harapan.

Potensi diri tidak akan pernah muncul jika tidak Anda upayakan. Karena itu dalam upaya mengembangkan potensi diri, sangat dibutuhkan niat, tekad, dan komitmen yang kuat. Selain itu, jangan pernah malas untuk belajar dan menerima kritikan yang masuk dengan hati yang lapang.

5 Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi Diri Sendiri
Semua orang pastinya memiliki sebuah impian yang ingin dicapai. Impian yang telah dibuat biasa ada yang jangka pendek maupun jangka panjang.
Untuk mencapai semua impian itu tentunya diperlukan kerja keras yang dilakukan secara konsisten dan memaksimalkan potensi diri sendiri.

Anda harus menjadi diri terbaik Anda setiap harinya, sehingga disaat kesempatan itu datang Anda telah matang dan siap untuk mengambilnya.
Akan tetapi, hal itu tentulah tidak akan mudah dilakukan. Terkadang akan banyak hambatan yang ada didepan, sehingga diperlukan keteguhan hati untuk terus maju.

1. Cobalah Hal Baru
Langkah pertama untuk memaksimalkan potensi diri adalah dengan mencoba hal baru. Jangan pernah takut untuk gagal dalam mencoba hal baru adalah kunci untuk ini. Cobalah suatu hal baru yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya.

Pelajari itu dengan tekun dan kuasai sampai Anda menjadi mahir. Apakah ada sesuatu yang selalu ingin Anda coba, tapi tidak pernah ada waktunya? Bisa jadi sesuatu yang berjiwa petualang, seperti scuba diving atau skydiving.

Atau mungkin Anda selalu ingin memanfaatkan sisi artistik Anda dan belajar melukis dengan cat air atau mengambil kelas fotografi.
Apapun itu, cobalah meluangkan waktu untuk mengeksplorasi aktivitas, keterampilan, atau keahlian baru yang diinginkan.

Berikan diri Anda sedikit kejutan dengan mendorong diri sendiri berada di luar zona kenyamanan. Melakukan hal itu akan memberi dorongan inovatif bagi Anda.

Ditambah lagi, Anda juga akan menemukan sesuatu yang baru tentang diri Anda – mungkin bakat tersembunyi atau kemampuan untuk mempelajari sesuatu yang tidak pernah diduga sebelumnya.
Seiring dengan mencoba hal baru, ingatlah juga untuk memberi diri Anda waktu bersenang-senang, rileks dan menghilangkan stres yang ada.

Waktu-waktu ini akan memberi otak Anda kesempatan untuk mengisi ulang dan menjadi terbuka terhadap pengalaman baru.
Mengisi semua waktu Anda dengan pekerjaan, tugas dan kewajiban akan membuat Anda merasa kelelahan secara mental dan fisik. Lakukan work life balance dengan baik.

2. Mengejar Impian Anda
Apakah ada hal yang Anda inginkan lebih dari apapun? Apa sesungguhnya tujuan Anda dalam hidup? Inilah beberapa pertanyaan penting yang harus diajukan pada diri sendiri untuk membuka kunci akan siapa diri Anda.
Mengejar impian Anda akan memberi tekad untuk melihat tujuan Anda, yang kemudian akan memicu kreativitas dan inspirasi.

Di samping itu, Anda juga akan melakukan sesuatu yang bukan hanya pekerjaan semata, tapi juga mampu memberikan Anda kebahagiaan karena telah melakukannya.
Bagi banyak orang, bagian tersulit adalah mengidentifikasi tujuan yang ingin dikejar. Anda mungkin perlu mencari kesempatan yang berbeda untuk melihat apa yang ada dan apa yang tidak.

Anda mungkin ingin fokus pada masalah yang ingin Anda selesaikan atau masalah yang Anda sukai. Ingat, tujuan dan ambisi dapat berubah seiring berjalannya waktu – dan tentunya ini tidak apa-apa!
Satu-satunya peraturan yang harus Anda perhatikan adalah bahwa impian Anda harus datang dari dalam diri Anda – mereka seharusnya tidak menjadi cerminan dari apa yang orang lain inginkan untuk Anda atau apa yang Anda pikir seharusnya Anda lakukan.
Jika Anda mengejar sesuatu semata-mata demi penghasilan yang bagus, atau untuk memenuhi harapan orang lain, Anda akan gagal.

3. Sempurnakan Motivasi Anda
Kita semua pastinya memiliki masa-masa down dalam kehidupan. Hari-hari ketika otak kita tidak akan berjalan, dan kita lebih suka melakukan hal apapun selain bekerja.
Tapi meski berada dalam masa ini, Anda harus menemukan cara untuk terus bergerak maju. Ingat, kemajuan bersifat jangka panjang.

Anda harus menemukan cara untuk menjaga semangat, dan terus memelihara keinginan yang dalam untuk berusaha mencapainya.
Jagalah motivasi Anda agar tidak turun dengan meluangkan waktu setiap hari untuk menyalakan kembali semangat itu.

Baca blog dan buku atau dengarkan pembicaraan atau podcast TED terhadap topik-topik yang menarik minat Anda. Tuliskan tujuan Anda dan taruh itu disuatu tempat yang akan Anda lihat setiap harinya.
Simpan buku catatan dan catat gagasan saat sesuatu Anda mendapatkan suatu ilham. Bila Anda merasa membutuhkan dorongan, luangkan waktu untuk melihat kembali impian yang telah Anda buat.
Hal ini akan menginspirasi Anda sekali lagi dan membantu Anda mendapatkan kembali momentum Anda.

4. Ciptakan Kebiasaan Baik
Manusia secara alami adalah makhluk kebiasaan. Setiap kebiasaan akan tertanam dalam benak Anda, apakah itu kebiasaan baik yang telah Anda tanamkan, atau kebiasaan buruk yang akan membuat Anda kehilangan tujuan.
Kebiasaan baik yang diciptakan akan membuat Anda terus maju saat Anda lebih suka mengendur.
Mengembangkan kebiasaan mungkin akan membutuhkan waktu dan pengulangan, namun Anda tetap harus menciptakannya.

Tujuannya adalah untuk membuat perubahan drastis pada gaya hidup Anda yang akhirnya menjadi cara hidup. Ingat bahwa kebiasaan kecil sekalipun bisa memiliki efek kumulatif yang kuat.
Misalnya, jika Anda memiliki tujuan untuk menulis buku, kembangkan kebiasaan duduk dan menulis setiap hari, bahkan jika itu hanya selama 30 menit.
Demikian pula, jika Anda ingin memiliki kesehatan yang lebih baik, mulailah berolahraga 20 menit sehari dan kerjakan dengan cara Anda.

5. Fokus Pada Perawatan Diri
Jika Anda ingin memberikan kinerja terbaik yang dimiliki, Anda harus memasukkan perawatan diri ke dalam rutinitas harian Anda. Apakah Anda makan makanan bergizi dan memiliki jam tidur yang cukup?
Jangan lupa bahwa kesehatan mental Anda juga perlu dipupuk. Luangkan waktu untuk bermeditasi dan fokus pada hal-hal yang Anda syukuri.

Meluangkan waktu untuk mengisi kembali pikiran dan jiwa Anda sangat penting untuk mempertahankan kesehatan mental dan memberi Anda rasa kesejahteraan. Dan itu adalah kunci untuk menjadi diri terbaik Anda, sekarang dan dalam jangka panjang.

6. Selalu Menjadi Seseorang yang Open Minded
Di saat Anda telah berhasil untuk selalu menjadi diri terbaik Anda setiap harinya, maka kreatifitas dan inovasi bisns dapat mulai berkembang dengan sendirinya.
Di saat usia muda, tentunya akan banyak sekali target yang Anda miliki, misalnya untuk membeli rumah, kendaraan, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, dan sebagainya.

Target-target tersebut yang kemudian membuat Anda untuk menjadi diri terbaik Anda setiap harinya, agar lebih banyak peluang di masa depan yang akan datang menghampiri.
Semakin banyak peluang yang ada, semakin besar pula pendapatan Anda. Namun, tahukah Anda bahwa selain dengan bekerja keras, Anda dapat melakukan kerja pintar dengan menginvestasikan uang yang dimiliki.

Sumber: