Wednesday, November 4, 2020

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online

Berbagai jenis strategi memasarkan barang dagangan dijalankan, seperti halnya melakukan pengiklanan melalui website atau toko online agar menjadi yang paling laris.
Salah satu masalah sering dialami, yaitu mereka kebingungan mengapa produk yang dijual sepi peminat dan toko online pun jarang dikunjungi.

Sertakan Deskripsi Produk yang Dijual
Dalam memberikan gambaran barang yang dijual, Anda perlu memasukkan sebuah kata kunci agar lebih mudah dikenali pengunjung serta berikan deskripsi produk secara lengkap, panjang dan jelas. Pihak Google menilainya sebagai website yang relevan.
Saat membuat deskripsi, tuliskan 1.750 hingga 2.000 kata. Pembagiannya, yaitu 1.000 kata tentang deskripsi murni produk dan sisanya untuk menuliskan pembukaan, review, fitur, penjelasan tentang spesifikasi yang lebih mendalam dan penutup.

Perbaiki Struktur Website Toko
Pelanggan akan puas jika struktur halaman web rapi dan tidak menyulitkan pembaca. Di samping itu, ini juga akan berpengaruh terhadap rating pencarian website toko online Anda di mesin pencari Google.
Ada prinsip-prinsip harus diterapkan di dalam menyusun struktur halaman web, yakni buat pembagian kategori yang simpel, mudah dilihat, berikan kategori tambahan dari tema umum dan batasi tingkatan pada setiap topik yang diberikan agar tidak ada pembahasan terlampau dalam.

Berikan Review Produk
Cara ini tidak hanya berpengaruh pada SEO toko online Anda. Aspek marketing dan sales pun ikut terpengaruh. Review pelanggan akan meringankan pekerjaan Anda dalam membuat konten, sehingga dapat tambahan isi secara mudah.
Review di toko online melalui dua cara. Pertama, Googlebot memiliki bahan lebih untuk crawling ketika ada banyak pembahasan penggunaan. Kedua, konten panjang memancing pembaca untuk menghabiskan waktu lama di web.

Atasi Masalah Teknis Pada Toko Online Anda
Pertama, perbaikilah halaman yang salah atau error di hasil pencarian. Caranya, dengan menambahkan tag noindex pada bagian <head> website toko online. Tuliskan <meta name=”robots” content=”noindex”> dan <meta name=”googlebot” content=”noindex”>. 

Kemudian, atasi masalah duplicate content, hal ini akan membahayakan reputasi SEO toko online Anda. Caranya, aktifkanlah noindex pada halaman yang diinginkan lalu tambahkan tag “rel=canonical”, sehingga memberi tahu Google bahwa konten web bukan merupakan duplikat.

Buat Blog Bisnis
Pada dasarnya, ada banyak manfaat yang diberikan pada pembuatan sebuah blog untuk kepentingan bisnis. Hal tersebut akan meningkatkan reputasi, hubungan komunitas dengan pelanggan, trafik dan juga penjualan.

Selanjutnya, bagaimana cara mengoperasikan blog bisnis? Pertama, Anda harus tentukan tujuanya untuk apa. Kedua, petakan pengalaman dari pelanggan untuk mencari tahu produk yang mereka butuhkan. Terakhir, tulislah ide konten berdasarkan “customer journey” yang telah diketahui.

Berikan Rekomendasi Produk Sejenis
Trik SEO toko online berikutnya adalah untuk meningkatkan banyaknya pengunjung hingga 5 kali lipat dengan cara menulisan rekomendasi terkait produk sejenis yang dijual pada toko online Anda. Selain itu, rata-rata pembelian produk akan meningkat sebesar 50 persen.

Selebihnya, fitur ini akan meningkatkan pengalaman pengguna yang akan membuat jumlah trafik ke toko online semakin meningkat. Begitu pula dengan kemungkinan user untuk kembali mengunjungi toko online Anda. 

Integrasikan Toko Online Dengan Sosial Media
Dengan cara ini kemungkinan tidak bisa disebut sebagai SEO toko online. Akan tetapi, fitur tersebut dijamin akan meningkatkan “user experience” atau pengalaman pengguna.

Sebisa mungkin integrasikan toko online dengan media sosial yang ada dengan menyediakan tombol share di bawah. 
Di samping itu, yang lebih penting ialah sediakan fitur buat akun (login) dengan akun sosial media, kebanyakan pengguna sangat malas untuk membuat akun baru di toko online. Tidak sedikit pula yang mengaku mengisi data secara asal-asalan.

Konfigurasi URL
Dalam hal ini, URL harus ditulis dengan jelas. Dengan begitu, pengguna dan Googlebot akan memahami jalan menuju web secara mudah. Selain itu, mereka juga bisa menebak isi web hanya dengan membacanya saja.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun URL adalah buatlah alamat yang pendek dan samakan dengan judul halaman. Hindari memasukkan kata-kata tidak perlu dan jangan gunakan penyertaan subkategori.

Bangun Reputasi di Mesin Pencari Dengan Teknik Link Building
Reputasi toko online tidak cukup jika hanya dibangun dari dalam websitenya sendiri. Segala trik optimasi SEO yang disebutkan sebelumnya hanyalah satu bagian dari usaha. Untuk melengkapinya, Anda perlu membangun reputasi dengan link building dari luar. 
Alasannya, tentu saja agar semakin banyak orang tahu tentang keberadaan toko online Anda. Di samping itu, link building juga akan mempengaruhi rating pencarian di Google yang sudah pasti akan meningkatkan jaringan bisnis.

Update Produk Bila Sudah Terjual dan Stok Habis
Pada promosi toko online menggunakan website, Anda tidak perlu menghapus halaman produk layaknya seperti di media sosial. Di sini, yang perlu dilakukan adalah menuliskan kata “Stok Habis” atau “Sudah Terjual” ketika produk telah laku terjual.

Menghapus halaman produk secara sembarangan akan berdampak pada rating pencarian. Bisa saja hal yang dimaksud adalah terlanjur terindeks di mesin pencarian Google.
Seketika pengguna mengklik hasil pencarian dan page yang dimaksud tidak bisa diakses karena sudah hilang. User pun akan kapok dibuatnya.

5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan
Dunia teknologi digital membuka banyak jalan, terutama dengan hadirnya berbagai macam tool untuk mengembangkan bisnis online.
Tool untuk bisnis online yang kini tersedia punya banyak sekali tujuan yang kemudian mampu mengerucut ke satu tujuan, yang tak lain adalah mengembangkan bisnis online Anda.

1. FotoJet, Membuat Desain Grafis Menjadi Lebih Mudah
Desain grafis adalah kebutuhan yang sangat penting dalam hal marketing di media online. Entah itu postingan reguler di media sosial, gambar di blog, atau pun beriklan menggunakan Google maupun Instagram, Anda akan sangat membutuhkan desain grafis sebagai elemen visualnya.
Untuk itu, FotoJet wajib Anda gunakan demi mempermudah Anda membuat desain grafis menarik tanpa keahlian khusus.

2. Buat Toko Online Anda dengan WordPress & WooCommerce atau Shopify
Mengenai bisnis online, tak lengkap bila Anda tidak memiliki toko online sendiri. Anda mungkin punya produk yang sudah ramai terjual di marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya.
Tapi untuk lebih mudah dan lebih eksklusif, Anda tentu harus punya toko online sendiri dengan nama brand Anda sebagai domainnya.

Sekarang, membuat toko online sendiri sangat gampang. Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan.
Anda bisa membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce dengan menyediakan hosting dan domain sendiri, kemudian aturlah toko online Anda sebagai preferensi.

Anda juga bisa memanfaatkan plugin gratis buatan saya; Indonesian Banks for WooCommerce untuk mengatur metode pembayarannya. Pilih template atau layout dari 20 theme WooCommerce terbaik ini.
Bila menggunakan WordPress dan WooCommerce, Anda perlu memilih hosting terbaik dengan kapasitas yang baik untuk membuat toko online dengan performa yang mumpuni.

Adapun pilihan hosting yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:
  • Hostinger
  • Niaga Hoster
  • Hosting24
  • Exabytes
  • IDCloudHost
  • DewaWeb
  • Cloudkilat
  • Hostgator
  • Shehoster
  • Bluehost
3. Mailchimp, Tetap Berkomunikasi dengan Pelanggan Anda
Setelah membuat toko online Anda sendiri, saatnya Anda membangun sebuah fungsi untuk mengumpulkan email pelanggan Anda.
Dengan Mailchimp, Anda bisa mengumpulkan email pelanggan Anda dan bisa mengirimkan berbagai jenis promo, tips dan tutorial untuk mengedukasi pelanggan Anda terkait penggunaan produk Anda, mengirimkan informasi terbaru ke pelanggan Anda, dan sebagainya.

Mailchimp menyediakan paket gratis untuk 2.000 email pelanggan. Bila memang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda, tentu saja Anda bisa memperbaharui paket gratis tersebut ke paket premium kapan saja.

4. Google Docs, Buat Berbagai Macam Dokumen untuk Berbagai Keperluan: Gratis!
Selain menyediakan mesin pencari yang canggih secara gratis, Google juga menyediakan berbagai produk yang bisa Anda manfaatkan dengan gratis.
Adapun Google Docs, platform yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam dokumen untuk berbagai keperluan.

Mulai dari invoice, mencatat inventori produk, keperluan akutansi, hingga mempresentasikan produk atau jasa yang dijual oleh bisnis online Anda, Google Docs sangat cocok untuk semua jenis bisnis online.
Selain Google Docs, Anda juga bisa memanfaatkan Google Drive sebagai salah satu tool untuk bisnis online Anda untuk keperluan menyimpan file entah itu foto produk, dokumen penting, dan berbagai macam file penting lainnya.

5. Projects.co.id & Sribulancer, Dapatkan Bantuan dari Pekerja Lepas
Yang pasti, seturut berjalannya waktu, Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari orang lain dengan keahlian tertentu untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.
Tool untuk bisnis online terakhir dalam daftar ini adalah Projects.co.id dan Sribulancer, dua dari sekian banyak platform freelancer terbaik di Indonesia.

Dapatkan berbagai bantuan di berbagai bidang seperti desain grafis, programming, terjemahan, hingga kepenulisan untuk bisnis inline Anda sesuai dengan budget yang Anda miliki.
Selain Projects.co.id dan Sribulancer, Anda juga bisa mencari pekerja lepas di Freelancer.com yang sumber dayanya sangat besar jumlahnya.

Penutup
Itulah 5 tool untuk bisnis online yang wajib Anda gunakan sekarang juga. Memanfaatkan tool bisnis online dengan baik akan membawa pengaruh besar terhadap bisnis online Anda, entah itu dari segi efektivitas proses maupun efisiensi tenaga, anggaran, dan waktu.

Sumber: