Thursday, October 29, 2020

10 Cara Agar Tidak Mudah Tersinggung

Memiliki perasaan yang sensitif pada setiap orang sebenarnya wajar saja. Mereka yang tergolong sensitif umumnya terlalu memikirkan perkataan orang lain dan memasukkannya dalam hati. Sehingga membuatnya tersinggung dan akhirnya sakit hati.

Padahal belum tentu orang lain bermaksud tidak baik. Namun karena sensitif yang berlebihan, kita jadi salah mengartikan apa yang orang lain ucapkan atau lakukan.
Mungkin sesekali sikap seperti ini tidak terlalu berpengaruh dalam pergaulan. Namun jika menjadi kebiasaan atau karakter, maka hal tersebut bisa merugikan Anda juga, lho.

1. Pahami karakter orang lain
Salah satu faktor yang membuat Anda tersinggung biasanya adalah salah paham. Karenanya penting bagi Anda untuk belajar memahami karakter orang lain agar Anda mudah memahami alasan di balik ucapan atau tindakan mereka.

Ketika mereka mengucapkan hal-hal yang kurang menyenangkan, Anda juga tidak terlalu mengambil hati. Karena Anda tahu, karakter mereka seperti apa.
Sebagian orang memang ada yang suka bercanda, sebagian ada yang suka menilai orang lain bahkan ada pula yang suka berkomentar negatif. Jadi, tak perlu berlebihan menyikapinya.

Jika Anda sedikit tersinggung, segera netralkan perasaan Anda dengan menyadari bahwa manusia memiliki bermacam-macam karakter, dan Anda tidak bisa mengubah karakter orang lain sesuai keinginan.

2. Gunakan logika lebih besar daripada perasaan
Menggunakan lebih banyak perasaan daripada logika, membuat Anda sensitif dan mudah tersinggung. Untuk itu sebaiknya asah logika Anda dalam menghadapi berbagai masalah, agar lebih besar daripada perasaan Anda sendiri.

Melatih kemampuan logika dapat Anda lakukan dengan mudah, seperti :
Asah otak Anda dengan mengerjakan teka-teki logika
Berlatih menyelesaikan soal-soal hitungan sederhana
Biasakan membaca surat kabar atau majalah di bagian ekonomi dan keuangan
Berolahraga rutin untuk meningkatkan kinerja otak

3. Berpikir positif
Pikiran yang selalu negatif dapat menimbulkan prasangka-prasangka buruk pada perkataan dan perilaku orang lain. Anda jadi mudah mengambil kesimpulan tentang sikap seseorang yang menurut Anda tidak semestinya.

Anda jadi terbelenggu dengan perasaan marah, jengkel, kesal bahkan tersinggung. Parahnya lagi, Anda akan menarik diri dari pergaulan karena menganggap orang lain tidak mampu memahami Anda.
Karenanya, belajarlah untuk selalu berpikir positif dalam menyikapi hidup ini. Jika ada sikap atau perkataan seseorang yang menyinggung Anda, segera alihkan kepada pikiran positif. Mungkin saja maksud orang tersebut tidak demikian, mungkin saja dia hanya bercanda dan sebagainya.

4. Rendah hati
Orang yang rendah hati dapat menanggapi perkataan maupun sikap orang lain dengan lapang dada. Dia tidak akan menjadi orang yang super sensitif dan mudah tersinggung, karena dia menyadari bahwa dirinya hanyalah manusia biasa yang memiliki banyak kekurangan.

Rendah hati bukanlah sikap yang bodoh atau lemah, justru dengan rendah hati orang akan menilai Anda sebagai pribadi yang berhati besar, ikhlas dan sabar.

Untuk belajar rendah hati, Anda bisa lakukan cara-cara seperti berikut:
Tidak menganggap diri sendiri hebat. Semua hasil kerja keras kita memang patut dibanggakan, namun jangan sampai berlebihan. Ingat, kita ini hanyalah manusia biasa yang terbatas, semua kesuksesan yang kita raih adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa.
Mudah membaur dengan semua orang. Dalam pergaulan, sebaiknya jangan membeda-bedakan teman berdasarkan materi, golongan, pendidikan dan lain sebagainya. Membaurlah dengan berbagai lapisan masyarakat, agar Anda dapat belajar rendah hati sekaligus menghargai orang lain.
Berani mengakui kesalahan. Tidak mudah mengakui kesalahan diri sendiri karena terhalang oleh kesombongan dan rasa gengsi yang berlebihan. Belajarlah untuk berani mengakui kesalahan dan berbesar hati meminta maaf atas apa yang telah Anda lakukan.

5. Posisikan diri sebagai orang lain
Cara agar tidak mudah tersinggung selanjutnya adalah dengan memposisikan diri sebagai orang yang telah membuat Anda “terluka”. Dengan demikian Anda akan mudah memahami bagaimana maksud dibalik ucapan atau tindakannya tersebut.

Mungkin orang tersebut tidak bermaksud menyerang dan melukai Anda dengan ucapannya, mungkin juga maksudnya hanya ingin memberikan saran namun dengan cara penyampaian yang keliru.
Jadi sebelum tersinggung dan berpikiran buruk, usahakan untuk memiliki pikiran yang jernih dan memposisikan diri sebagai orang tersebut.

6. Bersikap tenang dan percaya diri
Tahukah Anda, mudah tersinggung adalah salah satu ciri orang yang insecure atau kurang percaya diri? Biasanya orang yang insecure akan merasa takut dengan apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya.
Akibatnya ketika mendapat kritik, teguran atau saran, orang yang kurang percaya diri cenderung merasa tertekan dan tersinggung. Mereka merasa dirinya tidak aman dan tidak mampu memenuhi harapan orang lain.

Padahal jika Anda percaya pada kemampuan diri sendiri, Anda tentu tidak akan mudah dijatuhkan hanya karena kata-kata atau sikap. Justru Anda sadar bahwa Anda mampu dan segera memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik lagi.
Bersikap tenang dan percaya diri dapat membantu Anda menjadi pribadi yang tangguh dan mudah menerima masukan dari orang lain.

7. Dengarkan saja dan jangan membalas
Menerima sebuah kritikan atau kata-kata yang tidak semestinya memang tidak mudah. Namun semakin Anda berusaha melawan dan bersikap defensif, maka Anda akan terbawa emosi yang bisa saja Anda sesali di kemudian hari.

Ketika hal itu terjadi, cobalah untuk tetap mendengarkan poin-poin yang dikatakan seseorang sampai akhir. Lalu temukan hal-hal yang menurut Anda bisa membawa perbaikan diri. Anda toh tidak sempurna, pasti ada hal-hal dalam diri Anda yang memang harus diperbaiki.
Dengan tetap mendengarkan dan tidak membalas, namun mau berbesar hati mencerna poin demi poin, maka perasaan Anda tidak akan pernah terluka dan tersinggung lagi.

8. Ingatlah kebenaran adalah yang utama
Kebenaran meski disampaikan dengan cara yang tidak enak tetap sebuah kebenaran. Biasakan telinga kita untuk mendengar hal yang sebenar-benarnya bukan apa yang ingin kita dengar saja.

Saat orang lain mengingatkan, menegur, menasihati atau menyampaikan kebenaran kepada kita, usahakan untuk menghargai kebenaran itu sendiri. Jangan sampai karena ingin membela diri, kita jadi mengabaikan kebenaran yang sesungguhnya.
Kebenaran adalah yang utama. Menyadari hal ini, maka dalam setiap kritikan atau teguran yang kita hadapi, kita bisa berlapang dada menerima masukan untuk memperbaiki diri di masa mendatang.

9. Tingkatkan kesabaran Anda
Memiliki kesabaran yang tinggi membuat Anda tidak mudah tersinggung terhadap hal-hal sepele. Bahkan mungkin hal-hal yang menyakitkan hati Anda.
Orang yang sabar dapat menerima segala masalah dengan lapang dada. Tidak menyimpan dendam, marah, jengkel ataupun tersinggung. Dia selalu memandang hidup ini sebagai proses belajar untuk melatih diri menjadi lebih baik lagi.

Jika demikian, bagaimana cara meningkatkan kesabaran kita?
Mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Tingkatkan ibadah Anda dan selalu berserah kepada Yang Maha Kuasa. Dengan cara ini, pribadi Anda akan berubah menjadi lebih lembut dan sabar.
Bersyukur dengan apa yang Anda miliki. Syukuri apa yang telah Anda miliki dalam hidup ini. Bersyukur akan memudahkan Anda menjadi pribadi yang lebih ikhlas dalam menerima kenyataan
Yakin di balik kesulitan ada kemudahan. Yakin pasti ada pelangi setelah hujan, pasti ada kemudahan dibalik kesulitan membuat Anda sabar menghadapi masalah demi masalah. Dan inilah yang dapat membawa Anda menuju kesuksesan sesungguhnya.

10. Belajar untuk lebih dewasa
Sering merasa tersinggung dengan ucapan atau perilaku orang lain dan tetap mempertahankannya adalah sikap kekanak-kanakan.
Jika Anda mau menjadi dewasa, belajarlah untuk siap menerima berbagai ujian dan tempaan. Baik itu melalui orang lain atau masalah hidup Anda sendiri.

Seorang yang dewasa, tidak akan berlama-lama dirundung sakit hati atau tersinggung. Dia akan segera memperbaiki diri setelah tahu apa yang harus dilakukan. Dia akan segera beranjak dari langkah yang salah menuju kebenaran.

Penutup
Itulah 10 cara agar tidak mudah tersinggung yang bisa Anda lakukan. Ingat, tidak ada seorang pun yang bisa merendahkan Anda, kecuali Anda sendiri yang membiarkannya.
Atau dengan kata lain, jika Anda mencintai diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, maka Anda telah berhasil membangun benteng yang tidak akan bisa ditembus oleh siapa pun juga.
Percayalah bahwa tersinggung atau tidak sepenuhnya bergantung pada cara pandang Anda, dalam menyikapi orang lain maupun menyikapi masalah itu sendiri. Lawan rasa tersinggung dengan memiliki pola pikir positif.

Sumber: