Thursday, October 29, 2020

10 Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anda

Bahasa Inggris tidak hanya penting di dunia kerja saja, tapi juga ilmu pengetahuan secara garis besar. Sebagai contoh ilmu sains, sosial, cara meningkatkan keahlian hingga tips kreatif.
Sumber ilmu yang didapat bisa dari buku, internet seperti youtube atau laman lain hingga dari film. Semakin luas jangkauan sumber ilmu, semakin banyak pengetahuan yang akan diraih.

Untuk itu Anda butuh sumber yang lebih global di mana umumnya sumber ini menggunakan bahasa Inggris. Tak fasih dalam mendengar, membaca, ataupun berbicara bahasa Inggris?
Tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang dapat membuat Anda enjoy dan tidak terbebani.

1. Dengarkan Musik Inggris
Siapa sih orang yang tidak suka mendengarkan musik? Musik dapat mempengaruhi mood kita.
Jadi ada baiknya tips awal belajar bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan musik Inggris. Mendengarkan musik berbahasa Inggris dapat memperkaya kosakata Anda.

Selain itu, Anda dapat memahami grammar sederhana. Seperti penggunaan kata kerja is, am, are untuk subjek apa.
Untuk latihan, Anda bisa mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan menulisnya di secarik kertas. Ketika selesai, coba cocokkan dengan lirik asli yang bisa didapat dari internet.

2. Tonton Film dengan Subtitle Bahasa Inggris
Sebagai informasi saja, saya sudah mempraktikkannya sejak lama. Awalnya agak canggung karena saya sendiri tidak memiliki cakupan kosa kata yang luas.
Jadi, sudah dapat dipastikan ketika pertama kali melakukannya, mungkin hanya 10% saja saya mengetahui apa arti dialog dalam film tersebut. Tapi saya pantang menyerah dan terus melakukannya hingga saat ini, 15 tahun kemudian.

Mengapa harus memakai subtitle bahasa Inggris?
Tak hanya memperkaya kosakata dan listening, menonton film juga dapat membuat Anda mengetahui penulisan kata tersebut. Selain itu, Anda juga akan terbiasa untuk mengetahui bagaimana pronouncation yang tepat untuk tiap kata.

Manfaat lain yang dapat diambil adalah Anda akan menjadi terbiasa dengan tenses sederhana. Pun juga dengan kalimat-kalimat sederhana sehari-hari yang dapat Anda gunakan.

Lalu bagaimana mengawalinya? Saran saya pilih film yang mudah terlebih dahulu, kartun misalnya.
Jika Anda tidak suka kartun atau animasi, pilih genre yang sesuai dengan kegemaran agar Anda dapat menikmati film tanpa perlu mengerti semua arti percakapan.

Setelah itu pilih film bahasa Inggris-Amerika. Mengapa? Karena bahasa ini yang sering digunakan di sekolah, sehingga Anda setidaknya lebih mengerti aksennya.
Jika sudah sering menonton berbagai jenis film bule yang berbeda daerah, maka lama kelamaan Anda akan dapat membedakan mana aksen Amerika, Inggris, Australia hingga India.

3. Baca Buku Berbahasa Inggris
Sebenarnya tak hanya buku yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Membaca koran, majalah, ataupun blog berbahasa Inggris dapat menjadi pilihan.
Hal ini dikarenakan jangkauan kosakata buku lebih luas bila dibandingkan dengan film, bahkan lagu. Selain itu grammar dan tenses juga niscaya akan lebih akurat.

Selain mendapat ilmu topik buku dan bahasa Inggris, buku juga dapat meningkatkan kemampuan analisa bahasa Anda.

4. Dengarkan Podcast Bule
Jika Anda tipe yang tidak suka mendengarkan musik atau membaca, coba mendegarkan podcast. Podcast merupakan jenis file audio yang dapat diunduh dengan gratis. Jadwalkan secara rutin untuk mendengarkan podcast dengan topik kegemaran Anda.
File audio ini dapat Anda dengarkan sembari Anda sedang melakukan kegiatan lain yang tidak membutuhkan konsentrasi terlalu tinggi. Misalnya sedang membersihkan rumah atau mengupas bawang.

5. Ikuti Akun Media Sosial Pendidikan Bahasa Inggris
Sebagai kaum yang hidup dalam kemajuan teknologi, ada baiknya untuk memanfaatkan sosial media dengan hal-hal yang berguna. Mulailah untuk mengikuti atau follow akun belajar bahasa Inggris di Instagram ataupun Twitter.
Tidak perlu akun resmi pendidikan, akun yang lebih santai dan menyenangkan terkadang juga menarik dan menghibur.

Ada banyak sekali akun yang menyediakan kalimat bahasa Inggris seperti idiom, peribahasa atau kalimat sederhana yang digunakan sehari-hari.
Tak hanya itu, untuk akun yang lebih gaul kadang juga mengupas tentang slang word atau bahasa gaul yang sedang populer.

6. Buat Jurnal Berbahasa Inggris 
Menulis adalah salah satu sarana untuk meningkatkan pengetahuan. Ketika Anda sedang belajar untuk berbahasa Inggris, coba buatlah jurnal yang ditulis setiap hari di waktu yang sama.
Tidak perlu berlembar-lembar. Cukup 5 hingga 10 kalimat berbahasa Inggris setiap harinya. Cara ini akan memotivasi Anda untuk mencari kosakata baru agar tidak menggunakan kata yang itu-itu saja.

7. Cari Teman Ngobrol dalam Bahasa Inggris
Langkah selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris tentu dengan membiasakannya dalam percakapan. Entah itu percakapan secara langsung maupun tidak langsung, semisal online.
Jika Anda memiliki partner yang juga sedang belajar bahasa Inggris, sering-seringlah mengobrol Inggris dengan mereka.

Pilih tandem yang juga bersemangat tinggi untuk belajar bahasa Inggris. Berlatihlah dengan disiplin, serius tapi santai. Anda bisa menerapkan hukuman jika salah satu melanggar atau keceplosan menggunakan bahasa selain Inggris.

8. Berbicara Bahasa Inggris dengan Diri Sendiri 
Jika Anda belum menemukan tandem yang tepat, cobalah untuk mengobrol dalam bahasa Inggris dengan diri sendiri menggunakan cermin. Cara ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.
Langkah lain untuk berbicara dengan diri sendiri adalah dengan merekam suara sendiri dan mendengarkannya kembali.

Mungkin akan terlihat aneh pada awalnya, tapi dengan mendengarkan kembali, Anda akan tahu di mana letak kekurangan Anda. Baik dari segi intonasi hingga pemilihan kata.

9. Ikuti Kursus Bahasa Inggris 
Setelah mengambil waktu yang cukup lama untuk belajar mandiri, tentu Anda perlu mengambil kursus bahasa Inggris sebagai senjata pamungkas.
Bertemu dengan guru adalah poin penting dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai langkah terakhir. Hal ini diperlukan agar Anda dapat memperdalam beberapa teori yang belum pernah didapat.

Selain itu, dengan kursus dapat menguji sejauh mana kemampuan Anda dalam praktik. Bertemu dengan orang-orang yang juga sedang belajar dapat menjadi kesempatan baik untuk berlatih speaking.
Kursus bahasa Inggris dapat Anda ikuti secara offline maupun online. Tinggal disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan Anda.

10. Latih Kepercayaan Diri Berbahasa Inggris 
Jangan pernah ragu untuk berbicara atapun menulis dalam Bahasa Inggris meskipun Anda belum 100% lancar. Belajar bahasa adalah proses panjang, jika Anda tidak praktek maka Anda akan selalu ragu dengan kemampuan diri sendiri.
Minta koreksi pada teman atau seseorang yang lebih senior dalam Bahasa Inggris jika Anda melakukan kesalahan.

Meskipun Anda bertemu dengan orang bule, usahakan untuk selalu mempraktekkan kemampuan Anda. Tidak perlu malu, karena toh semua orang di dunia juga sedang belajar dengan ketertarikannya masing-masing.
Langkah pertama untuk memulai memang terasa berat. Tetapi akan menjadi lebih ringan jika Anda semakin sering mempraktekkannya.

Penutup
Demikianlah 10 cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan lebih menyenangkan. Tidak perlu terlalu tergesa-gesa ketika mempelajari bahasa. Ambil langkah kecil tapi dilakukan terus setiap harinya.
Jadikan cara tersebut sebagai kebiasaan sehari-hari sehingga Anda tidak merasa seperti sedang belajar. Sering lakukan komunikasi dengan orang asing agar semakin Pe-De.

Sumber: