Wednesday, October 28, 2020

Cara Simple Menumbuhkan Pikiran Kreatif

Saat bekerja di dalam tim, proses berpikir kreatif dapat dilakukan bersama-sama dengan melakukan brain storming. Lalu, bagaimana agar masing-masing dari kita dapat berlatih untuk dapat selalu berpikir kreatif?

Fokus
Saat sedang bekerja, usahakan untuk selalu fokus. Mungkin ada beberapa yang terbiasa bekerja dengan disambi melihat-lihat akun media sosial. Walaupun mungkin alasannya adalah karena Anda dapat menemukan postingan yang menarik dan menggelitik untuk menjadi bahan berpikir kreatif. Namun, otak ternyata dapat lebih berpikir dengan baik saat dia sedang fokus pada suatu masalah.

Mengganti Rutinitas
Mungkin Anda terbiasa pergi dari rumah ke kantor melewati rute yang itu-itu saja setiap harinya. Cobalah sesekali mengubah rute perjalanan Anda. Tentu saja, hal itu harus diimbangi dengan menyesuaikan waktu keberangkatan Anda dari rumah, agar Anda tidak terlambat.
Dengan sesekali mengubah rutinitas, maka otak akan lebih terangsang untuk memikirkan sesuatu yang lebih kreatif.

Melakukan Hal Baru Saat Berhenti Bekerja
Bisa jadi, saat sedang bekerja, Anda harus berhenti sementara karena sesuatu hal. Mungkin karena Anda lelah atau kehabisan ide. Saat Anda berhenti bekerja sejenak itu, sebaiknya Anda tidak diam saja, tapi melakukan sesuatu. Misalnya sambil mewarnai buku gambar, bermain rubiks, atau menulis blog. Hal-hal ini tentu saja dapat merangsang otak untuk terus berpikir kreatif.

Tidur Siang
Tidur siang sesaat ternyata dapat membuat otak menjadi lebih segar. Otak yang lebih segar, tentu saja akan mampu untuk berpikir kreatif.

Gerak Badan
Terlalu lama duduk diam ternyata dapat membuat otak juga menjadi malas untuk bekerja. Jadi, luangkan waktu untuk gerak badan sebentar ketika Anda sedang bekerja. Anda bisa melakukan peregangan atau gerakan-gerakan ringan di kantor. Selain membuat tubuh menjadi sehat, hal itu juga dapat membuat otak untuk tetap bersemangat dalam bekerja. Dengan begitu, otak akan selalu siap untuk berpikir kreatif.

Sumber:
akademitrainer.com