Wednesday, October 21, 2020

15+ Fitur Penting Ini Wajib Dimiliki Toko Online

Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat bagi pengunjung untuk menyukai halaman website atau tidak. Produk dengan kualitas tinggi tidak cukup untuk menarik pelanggan. Jika halaman website Anda tidak kelihatan menarik kemungkinan besar Anda akan kehilangan calon pembeli. Jadi kesan terbaik di website toko online Anda sangat berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen.

Nah, untuk menampilkan kesan terbaik kepada pelanggan, toko online Anda harus punya fitur toko online yang lengkap terlebih dahulu. Fitur-fitur tersebut akan membantu membuat konsumen nyaman berbelanja di toko online Anda.

1. Keranjang Belanja dan Customer Login
Keranjang belanja dan Customer Login merupakan bagian yang paling umum di berbagai macam website toko online (e-commerce). Tidak hanya itu, pengembang website meletakkan fitur ini di bagian atas halaman website. 
Anda pasti sudah pernah melihat ikon keranjang di berbagai halaman website bisnis? Ya! Memiliki website toko online dengan keranjang belanja sendiri merupakan sebuah kewajiban. Keranjang belanja ini berguna untuk memudahkan pelanggan untuk menampung barang-barang yang akan dibeli.

Selain keranjang belanja, bagian yang penting dari sebuah website toko online adalah customer login. Bagian ini dapat dipakai untuk mencatat segala hal yang berhubungan dengan pelanggan, seperti riwayat pembelian, pemesanan, pesanan yang tidak dibayarkan, tagihan, dan lain sebagainya. Di bawah ini contoh tampilan customer login di Niagahoster.

2. Website User-Friendly
Berbicara fitur toko online yang wajib Anda tambahkan tidak bisa lepas juga dari bagaimana tampilan toko online yang disuguhkan. Toko online harus mempunyai tampilan yang menarik dan sesederhana mungkin atau biasa dikenal dengan istilah user-friendly.
Sebuah survei menunjukkan bahwa 76% konsumen mengatakan karakteristik paling penting dari sebuah toko online adalah kemudahan penggunaan (user-friendly)

Tujuannya adalah untuk membantu pembeli lebih cepat mendapatkan apa yang mereka inginkan dan tanpa mengalami kebingungan. Jika hal sepele ini tidak ditangani akan mengganggu alur pembelian di dalam toko online.

3. Website Mobile-Friendly 
Selain user-friendly, jangan lupa juga untuk mengembangkan halaman toko online yang responsif di perangkat apa saja, terutama smartphone atau yang dikenal dengan nama mobile-friendly. Website yang mobile-friendly merupakan website yang dioptimasi supaya cocok dengan perangkat mobile. Terkadang beberapa orang juga mengenalnya dengan nama website responsive yang dapat ‘beradaptasi’ pada berbagai macam ukuran smartphone.

Salah satu contoh kelebihan dari mobile-friendly website adalah peningkatan penjualan ponsel yang dialami oleh Walmart. Perusahaan penjualan ponsel ini mengalami peningkatan penjualan ketika mereka memperbaiki dan mengoptimalisasi situs mobile.

4. Tombol Call-to-Actions yang Persuasif
Call-to-Actions (CTA) adalah suatu ‘aksi’ supaya pengunjung melakukan sesuatu. Tombol Call-to-Actions bisa jadi berupa bagian dari cerita, halaman website, iklan, atau konten tergantung tujuan dari URL yang dipakai untuk konversi. Di dalam pemasaran, CTA membantu bisnis untuk mengubah seseorang yang hanya membuka website menjadi pembeli dari layanan yang Anda sediakan.

5. Logo Bisnis Anda
Logo merupakan sebuah gambar yang menjadi simbol dari brand Anda. Logo akan membuat semua orang dapat dengan mudah mengenali bisnis Anda. Tidak hanya nama perusahaan tetapi juga apa saja yang berhubungan dengan perusahaan, seperti visi misi, tujuan perusahaan, maupun konsep yang dipakai di dalam perusahaan tersebut. Jadi ini juga dapat menjadi sebuah alat marketing yang sangat simpel tetapi cukup membantu.

Desain dari sebuah logo lebih baik simpel tapi mamiliki makna yang kompleks. Atau, juga menggunakan font yang khusus karena font tersebut akan dipakai untuk menulis berbagai hal yang berhubungan dengan surat menyurat perusahaan. Jadi font merupakan bagian yang paling penting ketika ingin membuat logo.

Selain itu akan lebih baik jika Anda membuat sebuah logo yang tidak lepas dari konsep bisnis dan membuat itu dapat dengan mudah mencuri perhatian yang melihat. Jika syarat ini bisa dipenuhi, logo tidak hanya dapat menjadi penanda bisnis Anda tetapi dapat menarik pelanggan ke bisnis Anda karena kesan profesional dan dapat dipercaya.

6. Halaman Promo
Orang lebih menyukai penawaran yang menarik dari sebuah e-commerce. Jadi berikan tawaran yang menarik di dalam toko online Anda untuk menarik perhatian pengunjung. Contohnya saja memberikan penawaran produk atau masa uji coba gratis.
Berikan penawaran yang terbatas. Penawaran terbatas memberi pelanggan dorongan untuk memutuskan sekarang atau tidak sama sekali untuk melakukan pembelian. Jadi buat mereka untuk memutuskan menggunakan layanan Anda atau tidak tanpa harus menutup halaman terlebih dahulu.

Seperti halnya Niagahoster, Niagahoster juga sering memberikan promo seperti promo hosting gratis domain yang tentunya akan menarik minat konsumen untuk membeli domain dan hosting dari promo yang diberikan.

Contoh lain penawarannya adalah dengan memberikan bebas biaya kirim. Mereka terkadang lebih cenderung untuk mempertimbangkan biaya pengiriman sebelum melakukan pembelian. Jadi berikan penawaran pemangkasan biaya ketika menghabiskan jumlah tertentu atau bahkan gratis pengiriman untuk semua pembelian. Hal ini diyakini dapat meningkatkan penjualan Anda. Namun pastikan memberikan penawaran ini secara menarik.

7. Informasi Produk Baru
Anda mempunyai barang baru yang menarik dan ada kemungkinan dapat mencuri perhatian pelanggan? Atau, Anda akan mempunyai acara atau penawaran yang menarik? Jangan lupa untuk menampilkannya di bagian khusus toko online. Dan tak ada yang lebih menarik dibandingkan di Beranda toko online.

Mendapatkan perhatian pengunjung mengenai informasi tersebut akan memancing mereka untuk mencari informasi lebih lanjut. Hal ini dapat membuat mereka bertahan lebih lama di dalam halaman toko online. Anda juga bisa menambahkan produk dengan tampilan harga sekaligus, untuk membuatnya Anda bisa menggunakan plugin tabel harga.

8. Payment Gateway
Payment gateway adalah layanan yang memproses otorisasi pembayaran kartu debit, kartu kredit, dan metode pembayaran lain untuk transaksi online. Fitur ini membantu transaksi dengan mengirimkan informasi penting antara toko online ke bank dan sebaliknya.

Jika Anda menggunakan payment gateway, tidak hanya bermanfaat untuk pemilik toko online, tapi juga bermanfaat untuk pelanggan. Pelanggan jadi punya pilihan metode pembayaran lebih banyak sehingga mereka tidak kesulitan saat membayar.

9. Informasi Kontak dan Support
Fitur wajib website toko online selanjutnya adalah informasi kontak. Terdengar simpel, tapi bagian ini sangat penting sekali. 
Pembeli atau calon pembeli harus dapat berkomunikasi dengan toko online atau penjualnya. Jadi ketika ada masalah, pertanyaan, atau hal-hal yang mengganggu lainnya bisa langsung dikomunikasikan dengan penjual. 

Memberikan mereka customer support merupakan cara yang sangat bagus. Tidak hanya mengoptimalkan kemampuan layanan pelanggan tetapi juga memastikan Anda memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pelanggan ketika tertarik menggunakan produk yang ditawarkan.
Secara umum, memberikan 24/7 layanan telepon atau chat online dapat menjadi suatu hal yang sangat bernilai di dalam toko online Anda.

10. Link dan Ikon Penting
Pada bagian bawah halaman toko online kebanyakan mempunyai tautan ke halaman lain dan menyediakan informasi tambahan tentang toko untuk diakses online pengunjung. Di antaranya adalah ikon keamanan, ikon pembayaran, dan tautan ke media sosial.
Jangan lupa juga untuk menampilkan informasi mengenai fitur keamanan yang Anda pakai. Contohnya keamanan anti-virus dan pelanggan besar yang menggunakan layanan Anda jika produknya adalah jasa. Selain itu Anda juga bisa menampilkan berbagai macam opsi pengiriman dan juga metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan.

Menampilkan semua hal tersebut tak lain untuk mendapatkan kepercayaan dari pengunjung sehingga mereka mau untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.

11. Foto & Video Resolusi Tinggi
Saat ini memposting foto dengan beberapa poin dan juga harga sudah tidak menarik lagi. Calon pembeli lebih suka melihat bukti pengguna sudah pernah menggunakan produk Anda. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan video atau foto produk dengan pelanggan dengan resolusi yang tinggi namun ukuran yang kecil.

Kenapa harus beresolusi tinggi tapi ukurannya kecil? Gambar yang kecil dan pecah dapat menurunkan minat pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk Anda. Jadi pertimbangan teknis gambar sangat penting.

Namun jika membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memuat foto juga akan merugikan karena dapat menurunkan konsumen sebesar 39%. Anda bisa membaca Cara Optimasi Gambar di WordPress untuk menambahkan gambar dengan kualitas tinggi, tapi ukurannya kecil.

12. User-Generated Reviews
Anda mungkin berpikiran jika mempunyai ulasan yang negatif dapat memperburuk citra produk, tapi itu tidak sepenuhnya benar. Memiliki ulasan yang negatif dapat juga menjadi hal yang positif untuk toko online. Kenapa?
Sering kali produk yang tidak mempunyai ulasan negatif dianggap tersensor atau dipilih kesan yang baik-baik saja. Jika ini dilanjutkan dapat membuat pembeli berpikiran kalau ulasan yang dibuat adalah palsu. Tentu saja ini akan sangat merugikan bisnis.

Anda dapat memanfaatkan beberapa plugin populer seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk membuat ulasan di website menjadi lebih menarik dan random. Anda bisa memanfaatkan ulasan semacam ini untuk membangun konten dari pembeli untuk mendorong bukti sosial dan membangun pengguna yang saling berinteraksi satu sama lain.

13. Wishlist
Website toko online yang tidak menggunakan daftar keinginan hanya dapat memberhentikan proses pembelian di checkout. Akan lebih baik jika memberikan opsi kepada pelanggan untuk memilih item yang mereka inginkan untuk dibeli di masa yang akan datang. 
Anda bisa mengambil contoh penerapan ini dari website milik Amazon.

14. Pencarian di Toko Online
Terdengar sangat simpel, tapi fitur pencarian di dalam toko online sangatlah penting. Namun ternyata tidak semua toko online memanfaatkan fitur ini di dalam website mereka. Padahal bagian pencarian merupakan fitur toko online yang sangat disarankan dan wajib dipasang.
Fitur pencarian akan memudahkan pelanggan untuk mencari produk yang mereka inginkan. Selain itu fitur pencarian juga dapat mempermudah pelanggan untuk memfilter produk dari yang umum sampai dengan spesifik.

15. Related Items
Hanya dengan menambahkan baris “Produk terkait!” dapat membuat pelanggan tetap melanjutkan proses pencarian produk dan membayarnya nanti. Anda juga pasti sudah pernah mengalami sendiri kan?
Fitur ‘produk terkait’ di dalam toko online ternyata memberikan efek mengikat yang banyak dimanfaatkan oleh penjual. Ketika penjual online menggunakan fitur item terkait untuk mendapatkan penjualan lebih banyak, itu sebenarnya karena penjual memberi sinyal kepada pembeli bahwa penjual dapat memahami mereka.

16. Frequently Asked Questions (FAQ)
Proses pembelian yang kompleks (dalam jumlah besar) terkadang membutuhkan kepercayaan diri dengan penjual. Tak hanya itu, dibutuhkan beberapa informasi yang terperinci saat membeli produk yang mereka butuhkan, apalagi jika produk tersebut bernilai tinggi.
Pembeli membutuhkan informasi dari keaslian produk dan informasi produk secara terperinci untuk bisa nyaman melakukan transaksi sebelum deal membayar.

Bagian Frequently Asked Questions (FAQ) merupakan bagian yang paling penting untuk menanggapi permasalahan semacam ini. Pada bagian ini Anda dapat menambahkan beberapa informasi yang sering ditanyakan oleh pelanggan dan juga informasi tambahan lain yang mungkin saja dibutuhkan oleh calon pelanggan sebelum melakukan pembelian.

17. Ongkos Kirim
Jika toko online Anda melayani pengiriman barang, tentu ongkos kirim juga wajib ada di dalamnya. Hal ini dikarenakan ongkos kirim juga menjadi bagian yang penting pada saat pelanggan mempertimbangkan pembelian secara online. Pelanggan akan lebih yakin jika tahu jumlah biaya yang perlu mereka keluarkan untuk mengirim barang sampai di tempat mereka berada.

Bagi Anda yang menggunakan WordPress tidak perlu susah-susah untuk menambahkan fitur ongkos kirim karena sudah ada plugin yang tersedia. Pengguna WordPress hanya tinggal menginstalnya dan melakukan sedikit konfigurasi. Atau, Anda juga dapat membaca artikel plugin ongkos kirim untuk informasi lebih lanjut.

Kesimpulan
Itulah tadi beberapa daftar fitur toko online yang dapat saya tulis. Selain daftar di atas tentu saja masih ada beberapa hal lain yang mungkin saja dibutuhkan online toko online, seperti aturan yang berlaku dan halaman promo.
Tidak semua fitur toko online di atas mungkin cocok untuk website Anda, tapi akan lebih bagus jika semuanya dapat masuk ke dalam website tanpa harus saling mengganggu.

Sumber:
niagahoster.co.id