Komunikasi tak sekadar proses bertukar informasi antara komunikator dan komunikan. Kelancaran komunikasi di dunia kerja dapat sangat membantu proses kerja itu sendiri, dan tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tim.
Tak sekadar hard skills, soft skills seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik dapat menjadi aset baik bagi perusahaan, maupun dirimu sendiri.
Secara umum komunikasi akan sangat berperan dalam memelihara hubungan kerja yang kuat di semua tingkat dan level perusahaan.
1. Meningkatkan team building
Membangun tim secara efektif didasari dengan bagaimana anggota tim berkomunikasi dan bekerja sama.
Dengan mengimplementasikan strategi yang efektif untuk meningkatkan komunikasi, kamu akan berkontribusi dalam memebangun tim yang efektif.
Hal ini akan berdampak pada peningkatan moral dan kepuasan karyawan.
2. Peningkatan produktivitas
Komunikasi akan mempemudah koordinasi, sehingga dengan komunikasi yang efektif biasanya para karyawan akan menjadi semakin produktif dalam bekerja.
Dengan produktivitas yang baik, tentu pada akhirnya akan menguntungkan bagi perusahaan.
3. Menghargai perbedaan dan toleransi
Dengan beragamnya bahasa serta kebudayaan, tentu dibutuhkan komunikasi dalam dunia kerja yang efektif agar para karyawan bisa saling memahami satu sama lainnya.
Komunikasi yang efektif juga akan membuat para karyawan menjadi semakin menghargai perbedaan yang ada, sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman.
4. Mempermudah dalam penerapan aturan
Komunikasi dalam dunia kerja juga berperan sebagai penerapan sebuah peraturan dalam perusahaan.
Setiap perusahaan memiliki peraturan masing-masing yang berfungsi untuk mencapai suatu tujuan bersama.Peraturan berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam bekerja.
Peran penting komunikasi ini biasanya digunakan oleh atasan, atau pemimpin perusahaan untuk mensosialisasikan peraturan tersebut kepada karyawannya.
5. Memudahkan memahami karakter seseorang
Selain beberapa hal di atas, komunikasi juga digunakan untuk memahami karakter seseorang.
Dengan memahami karakter seseorang maka kita dapat dengan mudah berkomunikasi secara efektif dan menghindari kesalahpahaman di tempat kerja.
6. Menyelesaikan suatu konflik
Jika suatu perusahaan sedang dilanda konflik, hal yang biasa dilakukan adalah mengadakan meeting untuk menyelesaikan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan tersebut.
Jadi, dalam hal ini komunikasi dalam dunia kerja juga menjadi sarana penting untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi di perusahaan.
7. Mempermudah pengambilan keputusan
Biasanya keputusan dalam suatu perusahan diputuskan oleh seorang pemimpin perusahaan. Keputusan tersebut diambil setelah dikomunikasikan terlebih dahulu melalui meeting yang dihadiri oleh para petinggi perusahaan beserta karyawannya.
Dalam hal ini komunikasi dalam dunia kerja yang baik sangat dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan yang berupa tanggapan dari peserta meeting atas keputusan-keputusan yang akan diambil.
8. Merealisasikan tujuan dan target perusahaan
Tujuan perusahaan dapat tercapai lewat komunikasi yang baik-EKRUT
Seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan diwajibkan mampu berkomunikasi dengan baik pada karyawannya, begitu pula sebaiknya demi merealisasikan tujuan.
Maka, komunikasi dakam dunia kerja yang efektif antara pemimpin perusahaan dengan karyawan akan menghasilkan masa depan yang menjanjikan untuk perusahaan tersebut.
9. Meningkatkan motivasi
Motivasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Motivasi ini juga berkaitan dengan komunikasi. Komunikasi dalam dunia kerja menjadi unsur penting dalam dunia kerja terutama dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja.
Komunikasi yang baik dapat memengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Begitu pula sebaliknya, komunikasi yang buruk berdampak pada motivasi seseorang yang berakibat pada konflik perusahaan.
10. Meningkatkan hubungan baik dengan klien
Karyawan yang bekerja dengan pelanggan erat kaitannya untuk menjaga ritme komunikasi yang baik - EKRUT
Karyawan yang dalam pekerjaannya berhubungan dengan pelanggan, partner, klien sebaiknya memiliki etika komunikasi yang baik. Lantaran dengan begitu mereka akan lebih disukai oleh pelanggan atau partner.
Melalui penerapan cara berkomunikasi dengan baik dan efektif pada klien, kamu dapat memahami kebutuhan klien, merasa dihargai oleh klien dan mengurangi permasalahan dengan klien. Lebih dari itu, bisa juga meningkatkan hasil penjualan.
11. Mengembangkan inovasi
Fungsi komunikasi dalam perusahaan salah satunya mendorong pola komunikasi yang baik dan terbuka sehingga menstimulus karyawan untuk menyuarakan ide atau gagasannya. Mereka tidak akan takut idenya dicemooh atau tidak didengar.
Pihak perusahaan biasanya akan menyediakan ruang diskusi dalam pemarapan ide-ide tersebut yang pada akhirnya akan menumbuhkan banyak inovasi untuk kemajuan perusahaan.
12. Menjaga keragaman budaya
Etika komunikasi di tempat kerja yang baik dan benar akan dapat menjaga situasi keberagaman di kantor. Tentu dengan perbedaan ras, suku, agama bangsa hingga jenis kelamin menyebabkan cara komunikasi setiap karyawan berbeda-beda.
Tetapi dengan etika komunikasi yang baik dan menjunjung tinggi rasa hormat, tentu setiap perbedaan dapat diatasi, karyawan dapat menghindari berbagai macam konflik yang mungkin muncul ditengah lingkungan kerja.
Tips membangun komunikasi dalam dunia kerja yang efektif
Doronglah komunikasi dua arah di tempat kerja - EKRUT
Setelah mengetahui alasan mengapa komunikasi penting dalam dunia kerja, berikut ada pula beberapa tips meningkatkan komunikasi yang efektif di tempat kerja untuk kamu perhatikan.
1. Jaga komunikasi dengan karyawan secara teratur
Rutin mengecek karyawan adalah cara untuk memastikan komunikasi yang efektif di tempat kerja. Cobalah untuk rencanakan pertemuan rutin di mana karyawan bisa saling berbagi pemikiran dan pendapat mereka dengan bebas.
2. Buat strategi onboarding untuk karyawan baru
Karyawan baru mungkin akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dan mempelajari segala sesuatu di tempat kerja. Karena itu buatlah strategi dimana mereka dapat mengenal perusahaan dan rekan-rekan kerja mereka sehingga komunikasi yang efektif pun tetap terjaga.
3. Nilai strategi komunikasi internal perusahaan
Lihatlah bagaimana selama ini komunikasi internal dalam perusahaan. Lihat toolsa pa yang efektif dan tidak. Denganb egitu kamu bisa mengetahui kapan harus membuat perubahan pada strategi komunikasi di tempat kerja.
4. Perkuat hubungan antara manajer dan karyawan
Dorong kolaborasi yang lebih kuat antara karyawan dan manajer. Jembatani kesenjangan komunikasi agar hubungan kerja yang tercipta pun bisa lebih kuat.
5. Dorong komunikasi dua arah
Banyak perusahaan mengambil pendekatan komunikasi top-down di tempat kerja. Namun penting diketahui bahwa komunikasi satu arah tidak akan memberikan dampak baik bagi kamu dan karyawan dalam jangka panjang.
Karena itu doronglah komunikasi dua arah dimana karyawan mendapatkan ruang untuk memberikan feedback dan mengutarakan pendapat mereka. Ingatlah bahwa komunikasi yang efektif adalah yang berjalan dua arah.
Sumber:
ekrut.com