Wednesday, October 28, 2020

Tips Lancar Public Speaking untuk Susah Bicara Saat Presentasi

Public speaking merupakan soft skill yang penting untuk kamu kuasai terutama ketika sudah masuk ke dunia kerja. Tidak jarang kamu diharuskan untuk menyampaikan ide-ide ataupun menjelaskan suatu hal kepada orang banyak dan di sini kemampuan public speaking mutlak dibutuhkan.

Namun, kemampuan public speaking yang baik tidak datang dengan sendirinya. Kamu membutuhkan banyak latihan dan keberanian untuk melakukannya.

1. Interaksi dengan audience
Penting untuk mendapatkan feedback dari audience supaya komunikasi kita jadi lebih hidup. Makanya, jangan lupa untuk berinteraksi. Dari feedback audience, kita bisa mengukur level humor yang bisa diterima audience.

2. Sisipkan humor
Menurut Anthony Robbins, salah satu motivator dunia, humor adalah pelumas yang dapat membantu penyampaian informasi menjadi lebih lembut.

3. Penguasaan materi melahirkan improvisasi
Sebelum melakukan speech, penting untuk menguasai materi supaya kita bisa melakukan improvisasi. Terutama apabila durasi anda masih panjang, sementara materi anda sudah habis.

4. Jadilah spontan
Jangan menghapal isi pembicaraan anda. Dengan menghapal, maka gaya bicara kita akan terlihat kaku dan kedekatan personal tidak akan terjalin. Apalagi jika kita melupakan suatu kata dalam speech. Niscaya kita akan kelabakan, panik, dan bicara kita jadi kacau.

5. Meminta feedback
Setiap selesai melakukan suatu presentasi, kamu bisa meminta orang yang kamu percayai untuk menilai penilaianmu. Tidak perlu takut mendapatkan penilaian negatif, karena kamu memang bertujuan untuk belajar dan mengembangkan diri.
Kamu juga bisa mencoba memberikan feedback ke temanmu mengenai penampilan mereka. Dengan begitu, kamu bisa belajar lebih mengenai cara presentasi yang baik dan benar.

6. Deskripsikan karakter fiksi
Kamu bisa berlatih melakukan public speaking dengan mendeskripsikan suatu karakter fiksi, mulai dari sifat hingga hobi karakter tersebut. Cara ini sangat cocok dilakukan sebagai latihan pertama dan bisa dilakukan sendiri jika kamu merasa malu.
Dibanding mencari materi yang sulit untuk dijelaskan, menjelaskan suatu karakter fiksi pastinya akan lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi jika karakter fiksi tersebut adalah karakter yang kamu sukai.

7. Tulis materi yang ingin disampaikan dalam bentuk poin-poin
Menulis poin-poin yang penting-penting saja, kemudian menjelaskannya secara alami, itulah kunci untuk menciptakan komunikasi yang baik. Dengan demikian, anda tidak melewatkan satu pun ilmu yang ingin disampaikan.

Sumber:
pikiran-rakyat.com