Saturday, November 7, 2020

Perbedaan Antara Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan sering kali dipakai dalam sebuah pernyataan untuk menyampaikan sesuatu. Dalam hal ini kedua kosakata tersebut memiliki arti yang hampir sama tapi dalam pemakaian, guna dan pengertianya berbeda

Maksud
Maksud mempunyai berbagai tafsiran, secara pengertiannya maksud adalah kata yang memiliki definisi yang luas (umum) dari suatu rencana. Dalam pengucapan dan tulisan memiliki makna yang berbeda. Itulah kenapa maksud termasuk homonim.

Maksud tergolong dalam kelas kata benda (nomina) yang menjadikannya bisa diungkapkan menjadi nama tempat, benda, seseorang dan semuanya yang bisa dibuat benda.

Arti dan definisi dari maksud berdasarkan KBBI merupakan kehendak dan tujuan. Contohnya sudah terlaksana maksudnya. Definisi lainnya adalah kehendak dan niat. Contohnya adalah: Saya bernyanyi dengan maksud untuk menghibur Anda.

Bila disimpulkan secara singkat, maksud adalah kata yang memiliki arti yang luas. Berbeda dengan tujuan, berikut penjelasannya.

Tujuan
Tujuan mempunyai berbagai makna dengan kata dasar yakni, tuju. Dan pengertiannya, tujuan adalah kata yang menguraikan hal secara detail/sempit (khusus) tentang suatu rencana.

Tujuan termasuk dalam golongan homonim. Ini disebabkan dalam pengucapan dan tulisannya sama tapi memiliki definisi yang berbeda. Tujuan mempunyai juga masuk dalam klasifikasi kata benda (nomina). Sehingga hal tersebut adalah kesamaan antara maksud dan tujuan.

Arti dan definisi tujuan berdasarkan KBBI merupakan misi dan jurusan. Makna lain dari kata ini adalah maksud, jangka, target dan tuntutan.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tujuan menguraikan sesuatu secara detail atas suatu rencana, seperti menjelaskan dimana, oleh siapa, lamanya, untuk siapa dan apa yang dihasilkan.

Selain itu fungsi dari tujuan adalah agar suatu rencana mempunyai batasan-batasan sehingga rencana bisa terarah dan tidak melenceng.

Contoh Penerapan Maksud dan Tujuan
Agar bisa lebih memahami tentang maksud dan tujuan mari kita simak beberapa contoh dari perbedaan maksud dan tujuan:

Maksud
Mengembangkan kemampuan siswa dalam teknik pemrograman komputer.
Tujuan
Membimbing siswa untuk bisa memahami dan menguasai bahasa pemrograman dasar. (Contohnya: HTML & CSS).
Melakukan penyampaian materi berupa teori dan praktek. Dan buat siswa melakukan praktek secara utuh.
Membuat kompetisi yang bisa membuat siswa antusias seperti memberikan hadiah yang menarik dan hadiah tersebut harus berhubungan dengan keinginan siswa dan pemrograman komputer.
Membuat proyek/tugas untuk siswa sebagai bentuk karya agar materi bisa lebih berkesan serta mendalam bagi siswa.

Maksud
Menjadikan desa kauman menjadi lingkungan yang bersih dan tertib.
Tujuan
Mengajari warga untuk memahami tentang arti menjaga lingkungan dan manfaat desa kauman menjadi bersih.
Melaksanakan penyuluhan bagaimana menjaga dan merawat lingkungan yang baik, serta memberi tahu arti gotong royong dalam membersihkan lingkungan.
Mengadakan acara rutin setiap satu bulan sekali untuk gotong royong merawat lingkungan desa.

Maksud adalah arah yang luas sesuatu proyek. Arah yang luas ini dapat dicapai melalui beberapa tujuan khusus.

Tujuan menjelaskan secara terperinci perihal proyek tersebut, yakni :
a. untuk siapa
b. oleh siapa
c. lamanya
d. dimana
e. apa yang ingin dihasilkan

Contoh:
Maksud. (luas)
Meningkatkan prosedur komunikasi yang baik bagi Amatir Radio.

Tujuan (khusus)
Menerbitkan petunjuk Operating Procedures yang sudah dibakukan, supaya terdapat hanya satu referensi yang akan menghasilkan uniformitas cara berkomunikasi.
Mendidik/menatar manggala-manggala di bidang komunikasi untukselanjutnya meneruskan penataran kepada anggota-anggota lain.
Mendemonstrasikan cara berkomunikasi yang baik. Untuk ini digunakan Club Station, memperdengarkan cara berkomunikasi misalnya 2 x seminggu oleh para manggala.
Mengadakan monitoring dan memberi tanda penghargaan bagi stasiun Lokal yang selalu memperdengarkan cara berkomunikasi yang sesuaidengan prosedur.
Maksud.
Meningkatkan ketrampilan anggota di bidang teknik radio.

Tujuan.
Menatar anggota-anggota dan mendemonstrasikan cara membuat sesuatu komponen (umpama : power supply).
Mendirikan Workshop dan memberi kesempatan anggota untuk berlatih di dalam workshop dan dilanjutkan di rumah masing-masing.
Mengadakan perlombaan berhadiah dalam pembuatan sesuatu komponen/karya tiap-tiap 3 bulan sekali.
Menjual/melelang hasil karya yang terbaik; hasil penjualan sebagian besar dapat dinikmati oleh si pembuat, dan sebagian kecil disumbangkan kepada organisasi.

Maksud adalah sesuatu yang ingin dicapai.
Tujuan adalah sesuatu yang menjadikan maksud terwujud.
Maksudnya mengenalkan diri, tujuannya agar diterima menjadi anggota

Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan diatas bisa disimpulkan bahwa perbedaan maksud dan tujuan terletak pada esensi dan sifatnya yakni maksud bersifat umum atau luas.
Sedangkan tujuan bersifat khusus atau sempit. Bila dalam penjabaran maksud dalam penjelasannya bersifat sederhana sedangkan khusus dalam penjelasannya bersifat mendetail.

Sumber: