• Health

    Informasi Seputar Kesehatan

  • Parenting

    Informasi Seputar Keluarga

  • Relationship

    Informasi Seputar Hubungan Pacaran

  • Wedding

    Informasi Seputar Pernikahan dan Rumah Tangga

  • Sex

    Informasi Seputar Seks

  • Life

    Informasi Seputar Kehidupan

  • General

    Informasi Hal-hal Umum

  • Entrepreneur

    Informasi Seputar Wirausaha

Saturday, November 7, 2020

Perbedaan Antara Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan sering kali dipakai dalam sebuah pernyataan untuk menyampaikan sesuatu. Dalam hal ini kedua kosakata tersebut memiliki arti yang hampir sama tapi dalam pemakaian, guna dan pengertianya berbeda

Maksud
Maksud mempunyai berbagai tafsiran, secara pengertiannya maksud adalah kata yang memiliki definisi yang luas (umum) dari suatu rencana. Dalam pengucapan dan tulisan memiliki makna yang berbeda. Itulah kenapa maksud termasuk homonim.

Maksud tergolong dalam kelas kata benda (nomina) yang menjadikannya bisa diungkapkan menjadi nama tempat, benda, seseorang dan semuanya yang bisa dibuat benda.

Arti dan definisi dari maksud berdasarkan KBBI merupakan kehendak dan tujuan. Contohnya sudah terlaksana maksudnya. Definisi lainnya adalah kehendak dan niat. Contohnya adalah: Saya bernyanyi dengan maksud untuk menghibur Anda.

Bila disimpulkan secara singkat, maksud adalah kata yang memiliki arti yang luas. Berbeda dengan tujuan, berikut penjelasannya.

Tujuan
Tujuan mempunyai berbagai makna dengan kata dasar yakni, tuju. Dan pengertiannya, tujuan adalah kata yang menguraikan hal secara detail/sempit (khusus) tentang suatu rencana.

Tujuan termasuk dalam golongan homonim. Ini disebabkan dalam pengucapan dan tulisannya sama tapi memiliki definisi yang berbeda. Tujuan mempunyai juga masuk dalam klasifikasi kata benda (nomina). Sehingga hal tersebut adalah kesamaan antara maksud dan tujuan.

Arti dan definisi tujuan berdasarkan KBBI merupakan misi dan jurusan. Makna lain dari kata ini adalah maksud, jangka, target dan tuntutan.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tujuan menguraikan sesuatu secara detail atas suatu rencana, seperti menjelaskan dimana, oleh siapa, lamanya, untuk siapa dan apa yang dihasilkan.

Selain itu fungsi dari tujuan adalah agar suatu rencana mempunyai batasan-batasan sehingga rencana bisa terarah dan tidak melenceng.

Contoh Penerapan Maksud dan Tujuan
Agar bisa lebih memahami tentang maksud dan tujuan mari kita simak beberapa contoh dari perbedaan maksud dan tujuan:

Maksud
Mengembangkan kemampuan siswa dalam teknik pemrograman komputer.
Tujuan
Membimbing siswa untuk bisa memahami dan menguasai bahasa pemrograman dasar. (Contohnya: HTML & CSS).
Melakukan penyampaian materi berupa teori dan praktek. Dan buat siswa melakukan praktek secara utuh.
Membuat kompetisi yang bisa membuat siswa antusias seperti memberikan hadiah yang menarik dan hadiah tersebut harus berhubungan dengan keinginan siswa dan pemrograman komputer.
Membuat proyek/tugas untuk siswa sebagai bentuk karya agar materi bisa lebih berkesan serta mendalam bagi siswa.

Maksud
Menjadikan desa kauman menjadi lingkungan yang bersih dan tertib.
Tujuan
Mengajari warga untuk memahami tentang arti menjaga lingkungan dan manfaat desa kauman menjadi bersih.
Melaksanakan penyuluhan bagaimana menjaga dan merawat lingkungan yang baik, serta memberi tahu arti gotong royong dalam membersihkan lingkungan.
Mengadakan acara rutin setiap satu bulan sekali untuk gotong royong merawat lingkungan desa.

Maksud adalah arah yang luas sesuatu proyek. Arah yang luas ini dapat dicapai melalui beberapa tujuan khusus.

Tujuan menjelaskan secara terperinci perihal proyek tersebut, yakni :
a. untuk siapa
b. oleh siapa
c. lamanya
d. dimana
e. apa yang ingin dihasilkan

Contoh:
Maksud. (luas)
Meningkatkan prosedur komunikasi yang baik bagi Amatir Radio.

Tujuan (khusus)
Menerbitkan petunjuk Operating Procedures yang sudah dibakukan, supaya terdapat hanya satu referensi yang akan menghasilkan uniformitas cara berkomunikasi.
Mendidik/menatar manggala-manggala di bidang komunikasi untukselanjutnya meneruskan penataran kepada anggota-anggota lain.
Mendemonstrasikan cara berkomunikasi yang baik. Untuk ini digunakan Club Station, memperdengarkan cara berkomunikasi misalnya 2 x seminggu oleh para manggala.
Mengadakan monitoring dan memberi tanda penghargaan bagi stasiun Lokal yang selalu memperdengarkan cara berkomunikasi yang sesuaidengan prosedur.
Maksud.
Meningkatkan ketrampilan anggota di bidang teknik radio.

Tujuan.
Menatar anggota-anggota dan mendemonstrasikan cara membuat sesuatu komponen (umpama : power supply).
Mendirikan Workshop dan memberi kesempatan anggota untuk berlatih di dalam workshop dan dilanjutkan di rumah masing-masing.
Mengadakan perlombaan berhadiah dalam pembuatan sesuatu komponen/karya tiap-tiap 3 bulan sekali.
Menjual/melelang hasil karya yang terbaik; hasil penjualan sebagian besar dapat dinikmati oleh si pembuat, dan sebagian kecil disumbangkan kepada organisasi.

Maksud adalah sesuatu yang ingin dicapai.
Tujuan adalah sesuatu yang menjadikan maksud terwujud.
Maksudnya mengenalkan diri, tujuannya agar diterima menjadi anggota

Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan diatas bisa disimpulkan bahwa perbedaan maksud dan tujuan terletak pada esensi dan sifatnya yakni maksud bersifat umum atau luas.
Sedangkan tujuan bersifat khusus atau sempit. Bila dalam penjabaran maksud dalam penjelasannya bersifat sederhana sedangkan khusus dalam penjelasannya bersifat mendetail.

Sumber:

Wednesday, November 4, 2020

9 Tips Membuat Nama Toko Online

Punya nama toko online yang bagus itu investasi jangka panjang. Terutama untuk branding bisnis. Dengan nama toko online unik, bisnis Anda bisa lebih mudah diingat dan dikenal. Sesuatu yang akan membantu Anda memperkenalkan bisnis dan melakukan promosi.
Karena itu pula, membuat nama toko online yang bagus itu perkara susah-susah gampang. Susah sebab Anda harus membuat nama yang ciamik sekaligus tak gampang ketinggalan zaman. Gampangnya karena membuat nama toko hanyalah secuil bagian dari menjalankan bisnis online.

Meski begitu, Anda tetap harus serius ketika mendesain nama online shop. Sebab, Anda pasti tak mau ketika harus mengganti nama brand di tengah-tengah menjalankan bisnis. Seperti halnya yang dilakukan oleh SaleStock.

SaleStock berganti nama menjadi Sorabel setelah lima tahun berkecimpung di dunia ecommerce. Itu terpaksa dilakukan karena brand image yang tak sesuai harapan. Nama SaleStock dianggap kurang mewakili target pasar dan impresi yang diinginkan. Dengan skala bisnis sebesar itu, coba bayangkan berapa banyak uang yang harus dikucurkan hanya untuk mengganti nama dan branding?

Untuk menghindarkan Anda dari hal serupa, artikel ini hadir dengan segambreng tips membuat nama toko online. Setidaknya ada sembilan tips yang akan dibahas untuk membantu Anda menemukan nama toko online shop unik. 
  • Singkat dan sederhana;
  • Unik dan berbeda;
  • Otentik dan original;
  • Deskriptif;
  • Mudah dieja;
  • Hindari hyphen;
  • Punya cerita;
  • Tersedia di berbagai channel;
  • Tersedia sebagai nama domain.
Membuat nama toko itu memang agak tricky. Di satu sisi, Anda tak boleh membuat nama yang pasaran. Di sisi lain, Anda tak bisa juga membuat nama yang terlalu unik. Jadi, tak heran kalau membuat nama brand itu membutuhkan waktu yang tak sedikit.

Supaya menghemat waktu, coba praktikkan kesembilan tips di bawah ini. Siapa tahu, Anda bisa membuat nama brand dengan lebih cepat dan tepat. 
1. Singkat dan Sederhana
Buatlah nama online shop yang singkat dan sederhana. Dengan begitu toko online Anda akan mudah sekali diingat. Tak cuma itu saja. Nama toko simpel akan membuat toko yang Anda punyai nampak lebih menonjol daripada yang lain. 

Tapi bagaimana caranya membuat nama macam itu? Coba siapkan selembar kertas corat-coret dan kerjakan langkah brainstorming ini:
Tuliskan semua kata kunci yang berhubungan dengan niche bisnis Anda.
Cari kata kunci yang bisa dipelesetkan menjadi nama toko. Misalnya dari goggle → Google.
Cari nama yang punya 1-2 suku kata. Misalnya, Tees (baca: tis), Shopee (baca: sho-pi), atau BliBli (baca: bli-bli).
Kalau bisa buat nama yang berima. Misalnya, Krusty Krab, Chum Bucket, Dunkin’ Donuts, dan sebagainya.

Cara lain yang mungkin membantu Anda ialah NameLix. NameLix adalah artificial intelligence yang bisa membantu Anda menemukan nama toko online. Terutama jika Anda ingin membuat brand dengan kata-kata berbahasa Inggris.

2. Unik dan Berbeda
Selain simpel, cobalah buat nama merek yang unik dan berbeda. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Coba pilih salah satu yang paling sesuai dengan impresi yang ingin diciptakan.

Pertama, pikirkan hal yang tidak (nampak) berhubungan dengan produk yang Anda jual. Misalnya, Tanamera Coffee. Nama Tanamera diambil dari kata “tanah merah” yang mendeskripsikan tanah Indonesia yang subur. Nama semacam ini takkan membuat toko online Anda kelihatan pasaran.

Kedua, pakailah nama Anda sendiri. Mungkin kelihatan sedikit narsis, ya? Tapi tak ada salahnya kok. Apalagi kalau Anda punya personal branding yang sudah kuat. Branding toko online Anda otomatis juga akan terangkat. 

Salah satu contoh produk yang memakai nama pendirinya ialah Yoast SEO. Plugin untuk WordPress ini dibuat oleh Joost de Valk. Meski penulisannya tak seragam, cara baca keduanya sama: yos.

3. Otentik dan Original
Membuat nama online shop itu memang repot. Tapi bukan berarti Anda boleh menjiplak dan memodifikasi nama brand yang sudah terkenal. 
Kalau begini caranya, sama saja Anda mempertaruhkan reputasi dan branding bisnis. Bukannya mudah dikenal dan gampang diingat, toko online Anda bisa dicap abal-abal.

Dengan kata lain, buatlah nama online shop yang otentik dan original. Untuk itu, tak ada resep khususnya. Anda hanya perlu memastikan nama toko yang ingin dipakai tak pernah dipakai orang lain sebelumnya.

Selain mengecek lewat mesin pencari dan media sosial, Anda juga perlu mengecek kanal hak kekayaan intelektual (HAKI). Untuk mengecek merek yang terdaftar di Indonesia, Anda bisa buka → Pangkalan Data Kekayaan Intelektual.
Lalu, untuk merek dagang skala internasional, Anda bisa akses → Global Brand Database. 

4. Deskriptif
Tak kalah penting, nama online shop juga perlu deskriptif. Ini artinya, nama yang dipakai langsung bisa menjelaskan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda tak perlu panjang lebar menjelaskan produk atau layanan yang Anda jual.

Dibandingkan tips yang sudah-sudah, membuat nama toko yang deskriptif itu cukup mudah. Anda tinggal mengumpulkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis. Lalu, pilih salah satu yang paling sesuai dengan online shop Anda.
Beberapa brand terkenal yang memakai nama macam ini ialah General Motors atau General Electrics.

5. Mudah Dieja
Tips satu ini wajib sekali Anda ingat dan praktikkan. Selalu buat nama toko yang mudah dieja. Sebab, nama yang sulit dieja tidak saja membingungkan. Nama yang rumit hanya akan meningkatkan kemungkinan salah ketik.

Di era digital marketing macam sekarang, kesalahan ketik adalah hal yang wajib dihindari. Salah ketik bisa membuat toko online Anda tak terlihat di hasil pencarian Google. Kalau sudah begini, impresi toko Anda tak cuma jadi buruk. Malahan, sangat mungkin calon pembeli mangkir dari lapak jualan online Anda.

Coba bandingkan dua nama toko rajutan di bawah ini.
Gambar pertama, Bola Bola Benang.
Gambar kedua, Threadgedy.
Menurut Anda, mana yang paling mudah ditulis? 

Tentu saja yang pertama. Memang nama Bola Bola Benang lebih panjang, yaitu 14 karakter. Namun, setidaknya nama itu masih lebih mudah ditulis dibandingkan Threadgedy yang hanya 10 karakter.

6. Hindari Tanda Penghubung atau Hyphen (-)
Selalu hindari hyphen dalam membuat nama toko. Sebab, tanda baca satu ini sangat membingungkan ketika diucapkan. Bayangkan Anda sedang menyuruh seorang teman membuka toko online lewat browser.

? : Apa alamat websitenya?
? : Rollover….
? : Ya… R-o-l-l-o-v-e-r…
? : – 
? : ?
?: garis sret
? : ?
?: *menggambar garis di udara*
? : ?
?: ….

Bisa bayangkan repotnya, kan? Daripada kerap berurusan dengan situasi awkward macam ini, lebih baik tak usah jadikan hyphen bagian dari nama toko online Anda.

7. Punya Cerita
Tips satu ini tak ada hubungannya dengan kemudahan teknis. Tapi percayalah, punya background cerita untuk toko online akan sangat berguna. Terutama untuk meyakinkan konsumen agar menjadi pelanggan setia Anda.

Kini, kualitas produk bukanlah satu-satu alasan seseorang berbelanja. Sering kali, seseorang membeli sesuatu untuk menunjukkan identitas dirinya. Dengan begitu, brand lebih dari sekedar nama dan logo. Brand adalah bagian dari diri pelanggan. Maka dari itu, persiapkan cerita yang mewakili diri pelanggan sesuai target pasar yang Anda sasar. 

Begini contohnya. Ketika berjualan produk kosmetik ramah lingkungan, pastikan Anda memiliki cerita tentang bagaimana produk Anda ikut membantu pembeli merawat diri sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan. 

Semisal Anda membuka toko online fashion, pastikan ada cerita bagaimana produk Anda membantu pembeli menampilkan diri sesuai keinginannya. Katakanlah, Anda membuka clothing line dengan segmen eksekutif muda. Anda bisa ceritakan kalau usaha Anda membantu konsumennya menampilkan diri secara profesional dan elegan. Tanpa kehilangan rasa nyaman ketika mengenakan produk Anda. 

Ada dua cara untuk menciptakan cerita pada nama usaha Anda. Keduanya bisa Anda terapkan sekaligus ataupun pilih salah satu:
Ceritakan dengan gamblang tujuan bisnis Anda. Mengapa Anda memulai bisnis? Kepada siapa produk Anda ditujukan? Lewat cara ini, konsumen Anda bisa merasa lebih dekat dengan brand. Efeknya, konsumen akan jadi lebih loyal. Cara ini umum dipakai oleh bisnis sociopreneurship atau bisnis berdampak sosial. 
Ceritakan secara tidak langsung lewat nama brand. Anda juga bisa memberi cerita lewat nama toko yang Anda pilih. Nama dari bahasa asing biasanya menunjukkan gengsi dari konsumennya. Misalnya, J-Co, Holland Bakery, Bata, atau Wakai. 

8. Pastikan Konsisten di Berbagai Channel
Di titik ini, mungkin Anda sudah menemukan nama online shop. Tapi, coba pastikan lagi tak ada yang memilikinya. Untuk itu, Anda harus cek di semua platform digital yang ada. 
Mulai dari media sosial. Coba cek setidaknya Instagram, Twitter, dan Facebook. Kalau mau bisnis Anda menyasar segmen muda, coba juga cek YouTube, Tiktok, dan Snapchat.

Selain itu, cek juga semua marketplace yang beroperasi di Indonesia. Mulai dari Tokopedia, BliBli, Lazada, Shopee, Olx, Bukalapak, dan sebagainya.

Pastikan tak ada toko online lain yang menggunakan nama brand Anda. Lalu, gunakan nama online shop di platform yang diinginkan. Jaga agar penulisan nama dan profil picture seragam di semua platform. Dengan begitu, usaha Anda akan nampak lebih terpercaya.

Jika mungkin dan tak merepotkan, buatlah akun di semua platform digital. Terserah Anda apakah nanti akan memakai platform tersebut atau tidak. Tapi minimal, Anda memiliki username akun yang sama persis dengan brand. Ini akan mengurangi kemungkinan orang tak bertanggung jawab mengklaim username brand untuk melakukan penipuan. 

9. Pastikan Nama Toko Tersedia sebagai Domain
Satu lagi. Kalau Anda memang serius menjalankan bisnis online, Anda wajib mengecek apakah domain untuk membuat website toko online tersedia. Caranya mudah, cukup kunjungi halaman cek domain Niagahoster. 
Jika domain yang Anda inginkan tersedia, cepat-cepat lah beli domain-nya. Nggak pake lama. Jangan ditunda. 

Mengapa?
Karena kalau domain terlanjur dibeli orang, Anda jadi harus mencari nama baru untuk toko online Anda. Sungguh merepotkan.

Kalau pun Anda kekeh memakai nama domain yang sudah dipunyai orang, Anda harus membayar dengan harga mahal. Di sini, kami bukan berbicara mahal dalam rentang puluhan juta saja. Tapi ratusan, apa malah milyaran rupiah.

Makanya, sekali Anda punya ide nama toko yang bagus, langsung saja cek dan beli domainnya. 
Ada sih, cara lain mendapatkan nama domain toko online tanpa merogoh kocek banyak-banyak. Caranya tak lain adalah ganti ekstensi domain. Dengan begini, Anda tak perlu membuat nama toko yang baru.

Maksudnya begini. Alih-alih pakai ekstensi domain .COM, Anda bisa pilih ekstensi lain seperti:
  • .CO.ID
  • .ASIA
  • .NINJA
  • .BIZ
  • .TECH
  • .CO
  • .TOYS
  • dan lainnya.
Dengan ekstensi domain yang tepat, Anda tetap bisa mempertahankan nama toko online. Di samping itu, Anda dapat sekaligus meningkatkan branding website agar lebih ciamik. Toh, ekstensi domain di atas tak kalah pamor dan kualitasnya dengan .COM.

5+ Contoh Nama Toko Online Unik dan Menarik
Kami sudah membagikan sembilan tips membuat nama toko online. Kini, saatnya mengintip inspirasi nama-nama toko online yang menarik khusus untuk Anda. 
Blibli
Blibli adalah salah satu marketplace yang paling pertama muncul di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2009, Blibli menawarkan begitu banyak pilihan produk. Mulai dari produk-produk elektronik seperti handphone dan mesin penghisap debu, sampai dengan produk fashion.

Nama Blibli begitu catchy dan mudah sekali diingat. Sekali Anda dengar, Anda pasti paham kalau nama toko online ini diambil dari kata “beli-beli”. 
Penggunaan kata bahasa Indonesia di sini bukan tanpa alasan. Blibli memang memiliki goal untuk menguasai pasar Indonesia serta mengenalkan produk-produk lokal ke pasar internasional.

Bukalapak
Bukalapak juga memiliki nama “toko online” yang bagus. Marketplace satu ini memang punya tujuan memfasilitasi UKM agar dapat berjualan dengan mudah. Dengan bantuan medium online, UKM diharapkan dapat menjual barangnya tanpa mengeluarkan banyak modal.

Tak cuma menyasar pasar digital, marketplace satu ini juga diapresiasi karena usahanya mengenalkan teknologi ke warung offline. Bukalapak menggelontorkan dana Rp1 Triliun agar sistem pembayaran via QR code (cashless) dapat dilakukan di warung.

Tokopedia
Tokopedia juga bisa digolongkan memiliki nama toko online unik. Nama raksasa ecommerce ini dipelesetkan dari kata ensiklopedia ─ buku tebal yang memuat penjelasan lengkap tentang segala macam hal.

Pelesetan ini tidak salah dan bukan juga kebetulan. Sebagai sebuah ecommerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, Tokopedia bermitra dengan 6,6+ juta toko dan telah menjual 200 juta produk. Mulai dari fashion, elektronik, makanan & kesehatan, otomotif, handphone, dan banyak lainnya.

Bagian “pedia” dari Tokopedia tak cuma terletak di jumlah toko dan produk yang dijual. Sebagai bisnis yang mengklaim dirinya “lebih dari sekadar marketplace”, Tokopedia juga menawarkan layanan finansial dan pembayaran (reksadana, pinjaman emas, kartu kredit, asuransi, dsb).

Cotton Ink
Cotton Ink mungkin tak punya cerita khusus di balik namanya. Tapi Anda harus akui, ini adalah nama toko online yang bagus.
Brand yang disebut sebagai H&M-nya Indonesia ini, punya nama yang langsung membuat Anda membayangkan tinta kapas. Karena Cotton Ink kalau diterjemahkan bebas artinya tinta kapas. Padahal, Anda tahu? Tanaman kapas tidak bergetah, apalagi tinta. 

Hijup
Hijup merupakan ecommerce fashion khusus Muslim pertama di dunia. Berdiri pada tahun 2011, ecommerce satu ini mengusung konsep layaknya mall. Dengan kata lain, Hijup menyediakan platform bagi konsumennya untuk memilih berbagai outfit dari berbagai desainer busana Muslim Indonesia.

Nama Hijup sendiri merupakan akronim dari Hijab Up. Sebuah istilah baru yang sama maksudnya dengan Make Up atau Dress Up. Selain pengucapan Hijup yang mirip dengan hijab, ada alasan lain mengapa Hijup memilih nama toko online shop unik.

Alasan itu tak lain adalah visi Hijup untuk melakukan empowerment pada Muslimah. Hijup percaya kalau hijab tak menghalangi perempuan untuk berkarya. Dengan hijab pula, perempuan bisa tampil percaya diri, cantik, dan tetap syar’i.

Brodo
Brodo adalah fashion retail pertama khusus untuk laki-laki. Perusahaan ini menjual berbagai pilihan sepatu, tas dan aksesoris, pakaian, parfum, hingga produk perawatan diri.
Nama toko online yang bagus patutnya bisa menjelaskan siapa pangsa pasarnya. Itu pulalah yang dilakukan oleh Brodo. Nama brand ini, kalau tak salah, merupakan pelintiran dari kata brother atau saudara laki-laki.

Tapi, bukan hanya nama toko online-nya saja yang memorable. Bagaimana brand ini memilih nama domain juga jenius. Alih-alih memakai ekstensi .COM, Brodo memakai ekstensi .DO. Jadi, nama domainnya hanya terdiri dari tiga karakter: BRO dan diikuti .DO atau bro.do.
Sudah Ketemu Nama Toko Online yang Pas untuk Bisnismu?

Artikel ini sudah membahas seabrek tips dan contoh nama toko online yang menarik. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa lebih mudah dalam membuat nama toko online untuk bisnis.

Kalau sudah menemukan nama, langsung saja order unlimited hosting dari Niagahoster. Unlimited hosting sangat cocok bagi Anda yang baru saja merintis bisnis online. Seperti namanya, unlimited hosting punya banyak fitur unlimited seperti:
  • Unlimited diskspace;
  • Unlimited bandwidth;
  • Unlimited POP3 email;
  • Unlimited database; 
  • dan Unlimited addon domain.
Selain fitur-fitur di atas, Anda akan dapatkan layanan backup otomatis, domain gratis, sertifikat keamanan SSL gratis, layanan penangkal spam, dan customer success 24 jam.

Sumber:
niagahoster.co.id

17 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Aplikasi Mobile

Sejumlah brand dan perusahaan ternama menggunakan aplikasi mobile untuk berbagai tujuan, mulai dari pengembangan produk, layanan pelanggan, pemasaran berbasis mobile, hingga pengumpulan data pelanggan.

Laju pertambahan jumlah pengguna ponsel pintar di seluruh dunia – yang saat ini diperkirakan mencapai 2 miliar pemilik – menegaskan bahwa aplikasi mobile adalah instrumen vital untuk menjangkau segmen pasar yang signifikan ini.

Sebagai pebisnis, tentu Anda tak ingin kecolongan pelanggan potensial yang sehari-hari berkutat dengan ponsel selama berjam-jam di genggaman mereka.
Namun, jika Anda masih butuh alasan tambahan yang lebih meyakinkan, berikut saya tuliskan 17 alasan mengapa bisnis Anda perlu memiliki aplikasi mobile.

1. Rayakan Berkibarnya Era Mobile
Anda wajib ikut merayakan perkembangan era mobile dan peluang-peluang baru yang terbuka menyertainya, serta memanfaatkannya semaksimal mungkin demi keuntungan bisnis Anda.
Tak ada cara lain yang lebih tepat selain memiliki aplikasi mobile untuk bisnis Anda sendiri.
Para pesaing bisnis Anda mungkin telah menyadari fakta ini, maka sudah saatnya Anda ikut serta dalam berlomba menyajikan akses instan bagi para pelanggan.

2. Genggam Masa Depan Mulai Saat Ini
Selain ponsel pintar dan aplikasi mobile, era mobile juga telah membuka jalan bagi inovasi baru seperti kacamata pintar dan arloji pintar. Dan inovasi tak mungkin terhenti di titik itu saja.
Dengan memiliki aplikasi mobile sekarang, bisnis Anda akan siap untuk mampu mengikuti perkembangan yang akan hadir selanjutnya.
Dengan berinvestasi pada aplikasi mobile saat ini juga, Anda akan selangkah lebih maju untuk menyongsong teknologi masa depan.

3. Percepatan Laju Inovasi Produk
Aplikasi mobile membuka dimensi dan peluang-peluang baru sebagai efek langsung dari pola pemakaian penggunanya.
Dengannya, Anda bisa menemukan cara-cara baru untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan dan memenuhi kebutuhan klien.
Hal inilah yang mendorong inovasi dan membuka jalan bagi gagasan produk atau layanan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

4. Perkokoh Citra Brand
Citra brand sangat penting bagi kesuksesan bisnis Anda.
Tanpa aplikasi mobile, perusahaan Anda akan terkesan ketinggalan zaman dan berjarak dengan tren-tren modern. Ini akan berdampak bagi performa dan prospek ke depan bisnis Anda.

5. Lecutkan Lalu Lintas Website
Appstore Apple dan Google Play dikunjungi oleh jutaan pengguna ponsel dan tablet setiap harinya.
Jika aplikasi mobile Anda dioptimalkan dengan baik untuk supermarket aplikasi tersebut, maka tak hanya makin banyak orang yang mengunduhnya, namun juga memicu lalu lintas pengunjung tertarget ke website Anda.

6. Buka Kanal-kanal Pendapatan Baru
Jika menghendakinya, Anda bisa secara langsung menerapkan monetisasi melalui aplikasi mobile sebagai kanal pemasukan baru bagi bisnis Anda.
Aplikasi bisa dimonetisasi dengan menjual ruang iklan dalam app, menerapkan level akses berbayar, atau menjual fitur-fitur premium di dalamnya.

7. Dapatkan Wawasan Pelanggan
Salah satu keuntungan terbesar dari aplikasi mobile adalah jumlah data rinci pelanggan yang bisa Anda peroleh darinya.
Anda bisa mengetahui wilayah-wilayah yang paling menguntungkan atau menjanjikan laba terbesar, segmentasi demografis, kebutuhan pelanggan, juga performa menyeluruh dari aplikasi itu sendiri.

Segenap pengetahuan dan data tersebut bisa digunakan dalam menentukan arah pengembangan produk, mengidentifikasi peluang bisnis baru, atau menciptakan produk baru yang lebih efektif guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

8. Sajikan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Cepat dan Tanpa Jeda
Aplikasi mobile lebih cepat diakses daripada website biasa.
Apple dan Google mensyaratkan kecepatan minimum bagi app yang didaftarkan ke supermarket aplikasi mereka.
Ini dimaksudkan untuk memastikan pengguna memperoleh pengalaman yang lebih cepat dan tanpa jeda, demi memancing aktivitas dan level keterlibatan pengguna yang lebih tinggi.

9. Ciptakan Strategi Pemasaran via Media Sosial yang Lebih Ampuh
Media sosial terkait erat dengan keberadaan ponsel pintar dan tablet. Sedangkan aplikasi mobile merupakan platform ideal untuk melibatkan jejaring sosial pengguna dalam berbagai fitur dan opsi.
Dengan aplikasi mobil bisnis, Anda akan mampu mendorong terwujudnya keterlibatan pelanggan di media sosial dan dengan itu mampu meraih berbagai target bisnis yang berlainan sekaligus.

10. Selalu Ada di Mana Pelanggan Berada
Pihak yang paling penting bagi bisnis Anda adalah pelanggan. Anda tak boleh berjarak dengan mereka.
Kebanyakan pelanggan Anda adalah pengguna ponsel pintar yang sangat aktif. Aplikasi mobile memakan porsi cukup besar dalam rutinitas keseharian mereka.
Bagaimana mungkin Anda membiarkan peluang itu menguap begitu saja?

11. Berikan Nilai Lebih dengan Produk Anda
Aplikasi mobile bisa membantu Anda menyajikan barang dan jasa secara lebih efektif dan tepat waktu.
Serukan dan promosikan aspek paling berharga dari produk atau layanan melaui aplikasi bisnis Anda, dan tingkatkan terus efektivitasnya dengan menyediakan berbagai opsi dan fitur yang bisa dipersonalisasi oleh pengguna.

12. Dorong Keterlibatan Pelanggan
Sebesar 83% pengguna ponsel pintar memulai hari mereka dengan membuka layar ponsel dan menjalankan beberapa aplikasi.
Tingkat keterlibatan aplikasi mobile berkali lipat dibandingkan dengan website biasa. Dengan aplikasi yang dirancang dan dikembangkan secara cerdas, Anda bisa mengambil keuntungan dari peluang besar ini.

13. Picu Aktivitas Transaksi
Dengan naiknya keterlibatan pelanggan, maka aktivitas transaksi juga akan bertambah.
Aplikasi mobile jauh melampaui medium lainnya dalam memicu aktivitas tertarget dari penggunanya.
Baik untuk mendorong pengguna membeli produk tertentu maupun berlangganan layanan terbaru, aplikasi mobile adalah instrumen terbaik Anda.

14. Perkuat Eksistensi Bisnis Anda di Benak Pelanggan
Aplikasi mobile selalu mengingatkan pelanggan akan keberadaan bisnis Anda.
Bahkan saat mereka offline sekalipun, atau sedang menjalankan aplikasi lain, mereka akan secara rutin melihat ikon app Anda di layar ponselnya.
Hal inilah yang membuat bisnis Anda selalu berada tepat di depan mata pelanggan setiap saat.

15. Wujudkan Transaksi Melalui Pemasaran Testimonial
Semakin kuatnya nilai pemasaran testimonial (kedatangan pelanggan baru berkat kesaksian pelanggan sebelumnya) adalah salah satu hasil paling signifikan dari era mobile.
Keputusan membeli produk jauh lebih kuat akibat pengaruh rekomendasi dari orang-orang terdekat yang dipercaya calon pelanggan.
Jika aplikasi bisnis Anda memiliki pengguna yang aktif, mereka merupakan pasukan pemberi rekomendasi bagi lingkaran sosial mereka untuk menggunakan produk atau layanan Anda.

16. Bebaskan Bisnis dari Batasan Lokasi Fisik
Dengan aplikasi mobile yang lengkap, bisnis Anda menjadi bebas hambatan lokasi.
Kebebasan dari belenggu lokasi fisik ini memampukan Anda, para karyawan, dan para pelanggan saling berinteraksi, melakukan transaksi, dan menjaga relasi di mana saja mereka berada.

17. Rebut Kesempatan Memiliki Aplikasi Mobile Hemat Biaya
Hanya dengan biaya mulai Rp 300.000, bisnis Anda sudah bisa memiliki aplikasi Android dengan standar Google Playstore.

Sumber:
ekajogja.com

8 Alasan Bisnis Anda Butuh Tumblr

Platform ngeblog yang cukup mainstream digunakan baik oleh individu dan bisnis. Selama ini Tumblr dikenal sebagai jaringan sosial media dimana orang-orang dapat dengan cepat dan mudah berbagi segala macam konten seperti gambar, video, audio dan potongan-potongan kalimat inspiratif. Namun apakah Tumblr bermanfaat untuk bisnis? Yang tidak banyak kita tahu adalah di dalam Tumblr, ada banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis. Tumblr dapat bekerja sama dengan sosial media dan alat analisis web lain.

1. Bisa di-SEO
Tidak seperti posting Facebook, blog Tumblr punya subdomain sendiri, sehingga dia dapat ditemukan dan diakses langsung dari mesin pencari. Konten bisa diindeks oleh search engine.

2. Bisa menggunakan nama domain custom
Anda dapat memiliki nama domain khusus untuk blog Tumblr Anda.

3. Tumblr bisa dioptimasi untuk Mobile
Jika website kadang tidak mudah diakses oleh pengguna ponsel, maka Tumblr dapat dioptimasi untuk tampilan Mobile dengan mudah. Terutama jika anda belum memiliki waktu atau sumber daya untuk mengoptimasi website Anda untuk ponsel.

4. Terhubung dengan Google Analytics
Anda dapat memonitor dan menganalisa lalu lintas akses blog Tumblr melalui Google Analytics. Sepenuhnya Gratis, anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun.

5. Usia pengguna
50% pengguna Tumblr adalah mereka yang berusia 25 atau lebih muda. Maka jika bisnis Anda berurusan dengan pasar remaja, Tumblr adalah media yang cocok.

6. Fitur reblog
Fitur reblog mempermudah pengguna Tumblr untuk posting ulang konten yang disukainya. Justru bagi saya, esensi Tumblr terletak pada fitur reblog ini. Yaitu bagaimana caranya posting berisi iklan produk anda direblog oleh pengguna Tumblr. Logikanya sederhana. Jika bagus, pengguna Tumblr akan repost.

7. User friendly
Bagi kebanyakan orang yang baru masuk dunia blogging, Tumblr sangat mudah digunakan. Seluruh fiturnya kelihatan di dashboard yang memudahkan navigasi.

8. Fitur kategori (Tag)
Sistem tag Tumblr dikategorikan untuk beberapa topik populer seperti seni, pendidikan, fashion, periklanan dan lainnya. Anda dapat langsung menyasar target pasar yang sesuai dengan bisnis anda sehingga lebih menghemat waktu dan energi.

Sumber;
mebiso.com

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online

Berbagai jenis strategi memasarkan barang dagangan dijalankan, seperti halnya melakukan pengiklanan melalui website atau toko online agar menjadi yang paling laris.
Salah satu masalah sering dialami, yaitu mereka kebingungan mengapa produk yang dijual sepi peminat dan toko online pun jarang dikunjungi.

Sertakan Deskripsi Produk yang Dijual
Dalam memberikan gambaran barang yang dijual, Anda perlu memasukkan sebuah kata kunci agar lebih mudah dikenali pengunjung serta berikan deskripsi produk secara lengkap, panjang dan jelas. Pihak Google menilainya sebagai website yang relevan.
Saat membuat deskripsi, tuliskan 1.750 hingga 2.000 kata. Pembagiannya, yaitu 1.000 kata tentang deskripsi murni produk dan sisanya untuk menuliskan pembukaan, review, fitur, penjelasan tentang spesifikasi yang lebih mendalam dan penutup.

Perbaiki Struktur Website Toko
Pelanggan akan puas jika struktur halaman web rapi dan tidak menyulitkan pembaca. Di samping itu, ini juga akan berpengaruh terhadap rating pencarian website toko online Anda di mesin pencari Google.
Ada prinsip-prinsip harus diterapkan di dalam menyusun struktur halaman web, yakni buat pembagian kategori yang simpel, mudah dilihat, berikan kategori tambahan dari tema umum dan batasi tingkatan pada setiap topik yang diberikan agar tidak ada pembahasan terlampau dalam.

Berikan Review Produk
Cara ini tidak hanya berpengaruh pada SEO toko online Anda. Aspek marketing dan sales pun ikut terpengaruh. Review pelanggan akan meringankan pekerjaan Anda dalam membuat konten, sehingga dapat tambahan isi secara mudah.
Review di toko online melalui dua cara. Pertama, Googlebot memiliki bahan lebih untuk crawling ketika ada banyak pembahasan penggunaan. Kedua, konten panjang memancing pembaca untuk menghabiskan waktu lama di web.

Atasi Masalah Teknis Pada Toko Online Anda
Pertama, perbaikilah halaman yang salah atau error di hasil pencarian. Caranya, dengan menambahkan tag noindex pada bagian <head> website toko online. Tuliskan <meta name=”robots” content=”noindex”> dan <meta name=”googlebot” content=”noindex”>. 

Kemudian, atasi masalah duplicate content, hal ini akan membahayakan reputasi SEO toko online Anda. Caranya, aktifkanlah noindex pada halaman yang diinginkan lalu tambahkan tag “rel=canonical”, sehingga memberi tahu Google bahwa konten web bukan merupakan duplikat.

Buat Blog Bisnis
Pada dasarnya, ada banyak manfaat yang diberikan pada pembuatan sebuah blog untuk kepentingan bisnis. Hal tersebut akan meningkatkan reputasi, hubungan komunitas dengan pelanggan, trafik dan juga penjualan.

Selanjutnya, bagaimana cara mengoperasikan blog bisnis? Pertama, Anda harus tentukan tujuanya untuk apa. Kedua, petakan pengalaman dari pelanggan untuk mencari tahu produk yang mereka butuhkan. Terakhir, tulislah ide konten berdasarkan “customer journey” yang telah diketahui.

Berikan Rekomendasi Produk Sejenis
Trik SEO toko online berikutnya adalah untuk meningkatkan banyaknya pengunjung hingga 5 kali lipat dengan cara menulisan rekomendasi terkait produk sejenis yang dijual pada toko online Anda. Selain itu, rata-rata pembelian produk akan meningkat sebesar 50 persen.

Selebihnya, fitur ini akan meningkatkan pengalaman pengguna yang akan membuat jumlah trafik ke toko online semakin meningkat. Begitu pula dengan kemungkinan user untuk kembali mengunjungi toko online Anda. 

Integrasikan Toko Online Dengan Sosial Media
Dengan cara ini kemungkinan tidak bisa disebut sebagai SEO toko online. Akan tetapi, fitur tersebut dijamin akan meningkatkan “user experience” atau pengalaman pengguna.

Sebisa mungkin integrasikan toko online dengan media sosial yang ada dengan menyediakan tombol share di bawah. 
Di samping itu, yang lebih penting ialah sediakan fitur buat akun (login) dengan akun sosial media, kebanyakan pengguna sangat malas untuk membuat akun baru di toko online. Tidak sedikit pula yang mengaku mengisi data secara asal-asalan.

Konfigurasi URL
Dalam hal ini, URL harus ditulis dengan jelas. Dengan begitu, pengguna dan Googlebot akan memahami jalan menuju web secara mudah. Selain itu, mereka juga bisa menebak isi web hanya dengan membacanya saja.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun URL adalah buatlah alamat yang pendek dan samakan dengan judul halaman. Hindari memasukkan kata-kata tidak perlu dan jangan gunakan penyertaan subkategori.

Bangun Reputasi di Mesin Pencari Dengan Teknik Link Building
Reputasi toko online tidak cukup jika hanya dibangun dari dalam websitenya sendiri. Segala trik optimasi SEO yang disebutkan sebelumnya hanyalah satu bagian dari usaha. Untuk melengkapinya, Anda perlu membangun reputasi dengan link building dari luar. 
Alasannya, tentu saja agar semakin banyak orang tahu tentang keberadaan toko online Anda. Di samping itu, link building juga akan mempengaruhi rating pencarian di Google yang sudah pasti akan meningkatkan jaringan bisnis.

Update Produk Bila Sudah Terjual dan Stok Habis
Pada promosi toko online menggunakan website, Anda tidak perlu menghapus halaman produk layaknya seperti di media sosial. Di sini, yang perlu dilakukan adalah menuliskan kata “Stok Habis” atau “Sudah Terjual” ketika produk telah laku terjual.

Menghapus halaman produk secara sembarangan akan berdampak pada rating pencarian. Bisa saja hal yang dimaksud adalah terlanjur terindeks di mesin pencarian Google.
Seketika pengguna mengklik hasil pencarian dan page yang dimaksud tidak bisa diakses karena sudah hilang. User pun akan kapok dibuatnya.

5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan
Dunia teknologi digital membuka banyak jalan, terutama dengan hadirnya berbagai macam tool untuk mengembangkan bisnis online.
Tool untuk bisnis online yang kini tersedia punya banyak sekali tujuan yang kemudian mampu mengerucut ke satu tujuan, yang tak lain adalah mengembangkan bisnis online Anda.

1. FotoJet, Membuat Desain Grafis Menjadi Lebih Mudah
Desain grafis adalah kebutuhan yang sangat penting dalam hal marketing di media online. Entah itu postingan reguler di media sosial, gambar di blog, atau pun beriklan menggunakan Google maupun Instagram, Anda akan sangat membutuhkan desain grafis sebagai elemen visualnya.
Untuk itu, FotoJet wajib Anda gunakan demi mempermudah Anda membuat desain grafis menarik tanpa keahlian khusus.

2. Buat Toko Online Anda dengan WordPress & WooCommerce atau Shopify
Mengenai bisnis online, tak lengkap bila Anda tidak memiliki toko online sendiri. Anda mungkin punya produk yang sudah ramai terjual di marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya.
Tapi untuk lebih mudah dan lebih eksklusif, Anda tentu harus punya toko online sendiri dengan nama brand Anda sebagai domainnya.

Sekarang, membuat toko online sendiri sangat gampang. Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan.
Anda bisa membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce dengan menyediakan hosting dan domain sendiri, kemudian aturlah toko online Anda sebagai preferensi.

Anda juga bisa memanfaatkan plugin gratis buatan saya; Indonesian Banks for WooCommerce untuk mengatur metode pembayarannya. Pilih template atau layout dari 20 theme WooCommerce terbaik ini.
Bila menggunakan WordPress dan WooCommerce, Anda perlu memilih hosting terbaik dengan kapasitas yang baik untuk membuat toko online dengan performa yang mumpuni.

Adapun pilihan hosting yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:
  • Hostinger
  • Niaga Hoster
  • Hosting24
  • Exabytes
  • IDCloudHost
  • DewaWeb
  • Cloudkilat
  • Hostgator
  • Shehoster
  • Bluehost
3. Mailchimp, Tetap Berkomunikasi dengan Pelanggan Anda
Setelah membuat toko online Anda sendiri, saatnya Anda membangun sebuah fungsi untuk mengumpulkan email pelanggan Anda.
Dengan Mailchimp, Anda bisa mengumpulkan email pelanggan Anda dan bisa mengirimkan berbagai jenis promo, tips dan tutorial untuk mengedukasi pelanggan Anda terkait penggunaan produk Anda, mengirimkan informasi terbaru ke pelanggan Anda, dan sebagainya.

Mailchimp menyediakan paket gratis untuk 2.000 email pelanggan. Bila memang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda, tentu saja Anda bisa memperbaharui paket gratis tersebut ke paket premium kapan saja.

4. Google Docs, Buat Berbagai Macam Dokumen untuk Berbagai Keperluan: Gratis!
Selain menyediakan mesin pencari yang canggih secara gratis, Google juga menyediakan berbagai produk yang bisa Anda manfaatkan dengan gratis.
Adapun Google Docs, platform yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam dokumen untuk berbagai keperluan.

Mulai dari invoice, mencatat inventori produk, keperluan akutansi, hingga mempresentasikan produk atau jasa yang dijual oleh bisnis online Anda, Google Docs sangat cocok untuk semua jenis bisnis online.
Selain Google Docs, Anda juga bisa memanfaatkan Google Drive sebagai salah satu tool untuk bisnis online Anda untuk keperluan menyimpan file entah itu foto produk, dokumen penting, dan berbagai macam file penting lainnya.

5. Projects.co.id & Sribulancer, Dapatkan Bantuan dari Pekerja Lepas
Yang pasti, seturut berjalannya waktu, Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari orang lain dengan keahlian tertentu untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.
Tool untuk bisnis online terakhir dalam daftar ini adalah Projects.co.id dan Sribulancer, dua dari sekian banyak platform freelancer terbaik di Indonesia.

Dapatkan berbagai bantuan di berbagai bidang seperti desain grafis, programming, terjemahan, hingga kepenulisan untuk bisnis inline Anda sesuai dengan budget yang Anda miliki.
Selain Projects.co.id dan Sribulancer, Anda juga bisa mencari pekerja lepas di Freelancer.com yang sumber dayanya sangat besar jumlahnya.

Penutup
Itulah 5 tool untuk bisnis online yang wajib Anda gunakan sekarang juga. Memanfaatkan tool bisnis online dengan baik akan membawa pengaruh besar terhadap bisnis online Anda, entah itu dari segi efektivitas proses maupun efisiensi tenaga, anggaran, dan waktu.

Sumber: