Thursday, October 29, 2020

11 Cara Tokcer Menjadi Freelancer yang Sukses

Di era seperti sekarang, pilihan kerja sebagai freelancer memang terbuka lebar. Sistem kerja yang fleksibel membuat banyak orang tertarik dengan tipe pekerjaan ini.
Apalagi, pekerjaanpun bisa dilakukan remote berkat teknologi yang semakin berkembang. Namun demikian, menjadi freelancer bukan berarti tak memiliki persoalan-persoalan sendiri.

Secara umum, ketika Anda memutuskan menjadi freelancer, Anda harus siap dengan dua hal. Pertama, gaji yang tak tetap, dan kedua nominal pendapatan yang tak banyak.
Tapi jangan salah lho. Bagaimanapun juga, dua kekurangan itu bisa diatasi.

1. Ubah Mindset Anda
Pertama, Anda harus paham betul seperti apa kerja freelance itu. Jangan sampai Anda menjadi pekerja lepasan hanya dengan alasan “malas” kerja kantoran. 
Alasan tersebut akan membuat Anda sulit berkembang, sebab pada dasarnya Anda hanya ingin hidup santai. 

Bila Anda ingin sukses, tentu mindset seperti itu harus diubah. Jangan berpikir bahwa kerja freelance pasti lebih menyenangkan dibanding kerja tetap. 
Anda harus percaya bahwa kerja freelance juga merupakan kerja serius, keras, dan sungguh-sungguh. Dengan demikian, Anda bisa lebih komitmen untuk mencapai keberhasilan.

2. Perbanyak Keterampilan
Tiap pekerjaan umumnya memiliki job description yang spesifik. Para freelancerpun biasanya bekerja dengan spesifikasi tersendiri. 
Seorang penulis misalnya, akan mencari proyek penulisan. Sedangkan seorang desain grafis akan membidik proyek pembuatan logo suatu perusahaan.

Namun demikian, kadangkala kita tak bisa hanya mengandalkan pemasukan dari satu pekerjaan saja. Apalagi bila kita ingin menjadi freelancer sukses. 
Bila kita ingin mengumpulkan pundi-pundi uang lebih banyak, sebaiknya kita menguasai lebih dari 1 bidang keterampilan. 
Misalnya, bila Anda seorang content writer, belajarlah tentang search engine optimization (SEO). Pun begitu bila Anda seorang programmer, jangan ragu untuk belajar keterampilan lainnya yang bisa mendukung kerja Anda.

3. Perluas Pergaulan di Dunia Maya
Di era serba internet seperti saat ini, pergaulan di dunia maya sama pentingnya dengan pergaulan di dunia nyata. 
Sebab tawaran pekerjaan freelance lebih banyak diiklankan di media sosial. Makanya, Anda juga harus memperbanyak teman dunia maya.

Sebagai contoh, bila Anda adalah seorang penulis artikel, Anda bisa bergabung ke grup penulis artikel. Atau, bila Anda seorang pelukis, Anda bergabung saja ke grup pelukis yang setipe. 
Aktiflah dalam grup tersebut. Jadi, bila ada tawaran pekerjaan, Anda bisa dengan cepat membidiknya.

4. Buat Laman Profil yang Bagus
Masih sama dengan alasan di atas, saat ini untuk bisa bekerja freelance dengan sukses, Anda perlu eksis di dunia maya. Dan selain memperluas pergaulan, Anda juga bisa lebih eksis dengan cara membuat laman profil yang bagus.

Anda bisa membuat halaman profil di Linkedin atau membuat situs yang menjelaskan siapa diri Anda. 
Anda juga bisa membuat CV beserta contoh karya untuk disertakan ketika sedang membidik sebuah pekerjaan. Dengan demikian, peluang Anda memperoleh pekerjaan atau klien menjadi lebih besar.

5. Atur Waktu dengan Baik
Salah satu masalah yang sering membuat seorang freelancer bekerja dengan buruk adalah ketidakmampuannya mengatur waktu. 
Masalah ini muncul karena para freelancer merasa bisa bekerja sesuka hatinya. Ada yang cenderung malas-malasan, namun ada juga yang terlalu rajin.

Menjadi rajin memang baik. Bersikap rajin juga merupakan kunci untuk sukses. 
Tapi bayangkanlah bila kita bekerja berlebihan sehingga kurang tidur dan kurang makan. Yang ada, kita akan sakit dan tak bisa menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan.

Maka dari itu, aturlah waktu Anda dengan baik. Tentukan kapan Anda seharusnya bekerja dan kapan Anda seharusnya istirahat. 
Misalnya, dalam satu minggu tentukan satu atau dua hari untuk berlibur. Sedangkan sisanya, Anda gunakan untuk melakukan pekerjaan dengan fokus.

6. Cari Situs Freelancer yang Oke
Beberapa freelancer bekerja pada sebuah perusahaan khusus dengan status pegawai lepasan. Namun beberapa yang lain tidak memiliki afiliasi dengan perusahaan manapun. 
Tipe kedua tersebut biasanya bekerja per proyek pada berbagai pihak yang mengontraknya. Dan mereka pada umumnya mengandalkan situs freelancer untuk mendapatkan pekerjaan. 

Hingga hari ini sendiri, terdapat banyak situs freelancer di Indonesia. Misalnya saja Projects.co.id, Sribulancer, Freelancer.co.id, dan Fastwork.id. Kenalilah plus minus tiap situs tersebut. 
Jangan terjebak di satu situs yang sistemnya buruk. Bukannya bisa menjadi freelancer yang sukses, yang ada Anda bisa rugi sendiri.

Nah, untuk mengetahui bagus dan tidaknya sebuah situs, Anda bisa membaca review para pengguna lamanya atau mencobanya sendiri. 
Selain itu, jangan sungkan bertanya ke teman Anda sesama freelancer. Siapa tahu, teman Anda bukan hanya bisa berbagi pengalaman, tapi juga memberikan rekomendasi situs yang lebih bagus.

7. Masuk ke Market Freelancer Internasional
Selain masuk ke market Indonesia, jangan ragu untuk masuk ke market freelancer internasional. Sebab pada umumnya, upah yang Anda terima akan lebih besar dari upah di Indonesia.
Selain karena konversi mata uang dollar ke rupiah, perbedaan upah juga disebabkan standar penggajian antara negara berkembang dan negara maju yang berlainan. 

Menarik, bukan? Dan kabar baiknya, ada banyak situs freelancer internasional yang bisa Anda masuki seperti Upwork.com dan 99Designs.com.
Hanya saja, Anda harus meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Jadi, Anda bisa bertransaksi dengan orang luar negeri dengan lebih lancar dan jelas.

8. Terus Upgrade Diri
Jangan pernah merasa puas atas kondisi dan kemampuan Anda. Teruslah belajar selama Anda masih bernafas. Dengan semangat untuk terus upgrade ini, Anda pasti bisa mencicipi kesuksesan lebih cepat dibanding yang lain.
Misalnya, saat ini Anda bekerja sebagai seorang penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Tiap hari Anda hanya menerjemahkan tugas kuliah dan pekerjaan mudah lainnya. 

Nah, agar kemampuan Anda terus berkembang, cobalah untuk mengerjakan proyek yang lebih besar. 
Misalnya, menerjemahkan tulisan untuk promosi, paper ilmiah, dan lain sebagainya. Selain bisa mengasah keterampilan, upah yang Anda terimapun akan semakin besar.

9. Jadilah Freelancer yang Kompeten
Resep utama untuk sukses atas apapun yang Anda kerjakan adalah dengan menjadi orang yang kompeten. 
Pribadi yang kompeten bisa diartikan sebagai pribadi yang mampu mengerjakan pekerjaannya sesuai standar dan dalam waktu yang telah disepakati. 

Kenapa sifat kompeten diperlukan untuk menjadi freelancer yang sukses? Sederhana saja jawabannya. 
Pertama, dengan memiliki kompetensi yang baik, klien Anda pasti akan puas. Kedua, dengan sikap ini, Anda bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih efisien dan efektif.

Bila Anda masih pemula dalam bidang yang kita kerjakan, mengejar kompetensi tinggi memang tak mudah. Namun seiring berjalannya waktu, Anda pasti bisa meningkatkan performa kita. Apalagi bila Anda mau belajar secara tekun.

10. Tingkatkan Skill Komunikasi
Suka tak suka, ketika Anda menjadi seorang freelancer, Anda harus memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik. Sebab, Anda secara konstan harus mencari pekerjaan baru ke berbagai pihak yang berbeda. 

Tanpa skill komunikasi yang bagus, Anda bisa kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan. 
Lantas bagaimana cara meningkatkan keterampilan komunikasi yang baik? Tak sulit kok. 
Menjadi pribadi yang ramah dalam berinteraksi saja sudah merupakan poin plus. Selain itu, usahakan agar maksud Anda ditangkap dengan jelas dan tepat. 

Anda bisa mengasah keterampilan komunikasi dengan mengandalkan banyak medium. Anda bisa membaca buku “communication skill” sampai menonton video di Youtube mengenai cara berkomunikasi yang baik.

11. Menabung dan Investasi
Jangan berhenti dengan pekerjaan freelance Anda semata. Penghasilan yang Anda dapatkan bisa Anda tabung untuk diinvestasikan atau dijadikan modal usaha yang lain.
Misalnya, saat ini Anda bekerja sebagai programmer freelancer. Keuntungan yang Anda peroleh bisa Anda kumpulkan untuk modal membuat usaha sendiri. 

Dengan demikian, penghasilan Anda nantinya bisa berkembang semakin pesat. Status Anda bisa berubah dari freelancer menjadi seorang pengusaha muda.

Penutup
Itulah 11 kiat yang bisa saya rekomendasikan agar Anda bisa menjadi freelancer yang sukses. Bila diringkas, kuncinya adalah terus berusaha dan terus mengembangkan keterampilan diri. 
Tanamkan juga pemahaman bahwa menjadi freelancer adalah suatu pekerjaan yang serius dan bukan main-main. Dengan prinsip-prinsip tersebut, Anda akan bisa mendapatkan pemasukan yang tak sedikit meski hanya berstatus sebagai freelancer.

Sumber: