• Health

    Informasi Seputar Kesehatan

  • Parenting

    Informasi Seputar Keluarga

  • Relationship

    Informasi Seputar Hubungan Pacaran

  • Wedding

    Informasi Seputar Pernikahan dan Rumah Tangga

  • Sex

    Informasi Seputar Seks

  • Life

    Informasi Seputar Kehidupan

  • General

    Informasi Hal-hal Umum

  • Entrepreneur

    Informasi Seputar Wirausaha

Wednesday, October 28, 2020

5 Skill Komunikasi yang Harus Dikuasai Agar Bisa Jadi Pengusaha Sukses

Ternyata ada tiga skill yang harus dikuasai oleh kita agar jadi pengusaha sukses. Tiga skill itu disingkatkanya menjadi CALM (Communication, Leadership, Money Management).

Communication.
Bagi Melvin Mumpuni sendiri, skill komunikasi untuk jadi pengusaha sukses, dikatakannya sangat super penting sekali.
Jika dipecah lagi menjadi beberapa bagian, skill komunikasi juga mencakup skill-skill seperti:

#1 Negosiasi
Menjadi seorang pengusaha sukses tentu tidak bisa dilakukan sendiri. Harus ada dukungan dari orang lain untuk mengisi ketidakmampuan kita di bidang tersebut.
Bukan cuma itu, Melvin Mumpuni juga mengatakan kalau negosiasi bukan cuma sekedar dengan partner kita, tapi juga dengan pihak lainnya, baik internal seperti tim kerja, ataupun eksternal seperti vendor, regulator, investor, dan banyak pihak lainnya.

#2 Copywriting & Digital Marketing
Skill kedua yang harus dimiliki agar kita berhasil menjadi seorang pengusaha sukses adalah copywriting dan digital marketing.
Copywriting secara umum bisa kita artikan sebagai teknik berkomunikasi melalui kata-kata. Sementara digital marketing, bisa diartikan sebagai teknik mengomunikasikan produk atau layanan melalui media digital, seperti website, media sosial, e-mail, iklan, dan lain sebagainya.

Pertama kali membangun bisnis, kita tentu tidak punya cukup banyak modal untuk merekrut seorang copywriter atau digital marketer andal. Mau tak mau, kita sendiri yang harus belajar dari awal.

Itu yang juga dilakukan oleh Melvin Mumpuni. Berkat kegigihan dan semangatnya dalam mempelajari dua hal ini, website-nya bisa tumbuh dari 2 menjadi 50 ribu pengunjung per bulan tanpa iklan!

#3 Selling 101
Tidak ada yang sempurna sejak lahir. Semuanya perlu proses dan pembelajaran. Begitu juga yang terjadi pada Melvin Mumpuni.
Dia menyadari kalau selama ini, teknik menjualnya terlalu memaksa dan tidak efektif. Akhirnya dia memutuskan untuk mulai belajar teknik menjual ini.

Dari training di salah satu lembaga internasional, Melvin Mumpuni kemudian menyadari kalau selling, bukan soal meminta, tapi mencakup:
Problem Solving: Kita memberikan produk kepada calon konsumen sebagai satu pemecahan masalah yang mereka hadapi. Semakin banyak yang terbantu dengan produk kita, maka semakin berkembang pula bisnis yang kita jalani.
Building Trust: Membangun kepercayaan dengan lawan bicara. Bagaimana kita bisa menggali kepercayaan dari calon konsumen atau pihak lainnya, agar sama-sama mendapatkan solusi yang diinginkan.
Building Good Relationship: Membangun hubungan yang baik dengan lawan bicara, baik itu konsumen atau pihak ketiga yang terlibat dengan bisnis kita, sehingga hubungan baik dan kepercayaan terus terbangun dalam waktu yang lama.

#4 Public Speaking
Bayangkan, kita pergi ke sebuah seminar atau acara di mana kita harus mengeluarkan uang yang nilainya cukup besar, lalu ternyata, topik yang disampaikan sama sekali tidak menarik. Kecewa? Tentu.
Itu juga yang dirasakan oleh Melvin Mumpuni saat pertama kali berdiri di atas panggung dan menyampaikan presentasi sebagai seorang pembicara.

Dia juga kecewa, karena semua pengorbanan tim serta peserta yang hadir menjadi sia-sia.
Sejak saat itu, dia menyadari betul kalau untuk menjadi seorang pengusaha sukses, dia harus memiliki skill public speaking.

#5 Listening
Skill terakhir, yang harus dimiliki agar kita bisa menjadi pengusaha sukses adalah, mendengarkan.
Sebenarnya, secara general, skill ini sangat diperlukan oleh semua orang. Bagaimana mereka bisa menempatkan dirinya untuk menjadi pendengar yang baik, di mana dia bisa:
  • Mendengar untuk tidak menjawab
  • Mendengar untuk memahami
  • Mendengar untuk berempati.
Etika kita menjadi pendengar yang baik, maka kita bisa tahu pendapat orang lain, apa yang harus kita perbaiki, bahkan kelemahan kita.
Tidak mudah untuk menjadi seorang yang hebat, seperti salah satunya pengusaha sukses. Tapi, tidak mudah bukan berarti tidak bisa, ‘kan?

Sumber:
finansialku.com

12 Alasan Pentingnya Komunikasi dalam Dunia Kerja

Komunikasi tak sekadar proses bertukar informasi antara komunikator dan komunikan. Kelancaran komunikasi di dunia kerja dapat sangat membantu proses kerja itu sendiri, dan tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tim.
Tak sekadar hard skills, soft skills seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik dapat menjadi aset baik bagi perusahaan, maupun dirimu sendiri.
Secara umum komunikasi akan sangat berperan dalam memelihara hubungan kerja yang kuat di semua tingkat dan level perusahaan.

1. Meningkatkan team building 
Membangun tim secara efektif didasari dengan bagaimana anggota tim berkomunikasi dan bekerja sama.
Dengan mengimplementasikan strategi yang efektif untuk meningkatkan komunikasi, kamu akan berkontribusi dalam memebangun tim yang efektif.
Hal ini akan berdampak pada peningkatan moral dan kepuasan karyawan.

2. Peningkatan produktivitas 
Komunikasi akan mempemudah koordinasi, sehingga dengan komunikasi yang efektif biasanya para karyawan akan menjadi semakin produktif dalam bekerja. 
Dengan produktivitas yang baik, tentu pada akhirnya akan menguntungkan bagi perusahaan.

3. Menghargai perbedaan dan toleransi
Dengan beragamnya bahasa serta kebudayaan, tentu dibutuhkan komunikasi dalam dunia kerja yang efektif agar para karyawan bisa saling memahami satu sama lainnya.
Komunikasi yang efektif juga akan membuat para karyawan menjadi semakin menghargai perbedaan yang ada, sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman.

4. Mempermudah dalam penerapan aturan
Komunikasi dalam dunia kerja juga berperan sebagai penerapan sebuah peraturan dalam perusahaan.
Setiap perusahaan memiliki peraturan masing-masing yang berfungsi untuk mencapai suatu tujuan bersama.Peraturan berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam bekerja.
Peran penting komunikasi ini biasanya digunakan oleh atasan, atau pemimpin perusahaan untuk mensosialisasikan peraturan tersebut kepada karyawannya.

5. Memudahkan memahami karakter seseorang
Selain beberapa hal di atas, komunikasi juga digunakan untuk memahami karakter seseorang.
Dengan memahami karakter seseorang maka kita dapat dengan mudah berkomunikasi secara efektif dan menghindari kesalahpahaman di tempat kerja.

6. Menyelesaikan suatu konflik
Jika suatu perusahaan sedang dilanda konflik, hal yang biasa dilakukan adalah mengadakan meeting untuk menyelesaikan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan tersebut.
Jadi, dalam hal ini komunikasi dalam dunia kerja juga menjadi sarana penting untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi di perusahaan.

7. Mempermudah pengambilan keputusan
Biasanya keputusan dalam suatu perusahan diputuskan oleh seorang pemimpin perusahaan. Keputusan tersebut diambil setelah dikomunikasikan terlebih dahulu melalui meeting yang dihadiri oleh para petinggi perusahaan beserta karyawannya.
Dalam hal ini komunikasi dalam dunia kerja yang baik sangat dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan yang berupa tanggapan dari peserta meeting atas keputusan-keputusan yang akan diambil.

8. Merealisasikan tujuan dan target perusahaan
Tujuan perusahaan dapat tercapai lewat komunikasi yang baik-EKRUT
Seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan diwajibkan mampu berkomunikasi dengan baik pada karyawannya, begitu pula sebaiknya demi merealisasikan tujuan.
Maka, komunikasi dakam dunia kerja yang efektif antara pemimpin perusahaan dengan karyawan akan menghasilkan masa depan yang menjanjikan untuk perusahaan tersebut.

9. Meningkatkan motivasi
Motivasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Motivasi ini juga berkaitan dengan komunikasi. Komunikasi dalam dunia kerja menjadi unsur penting dalam dunia kerja terutama dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja.
Komunikasi yang baik dapat memengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Begitu pula sebaliknya, komunikasi yang buruk berdampak pada motivasi seseorang yang berakibat pada konflik perusahaan.

10. Meningkatkan hubungan baik dengan klien 
Karyawan yang bekerja dengan pelanggan erat kaitannya untuk menjaga ritme komunikasi yang baik - EKRUT
Karyawan yang dalam pekerjaannya berhubungan dengan pelanggan, partner, klien sebaiknya memiliki etika komunikasi yang baik. Lantaran dengan begitu mereka akan lebih disukai oleh pelanggan atau partner. 

Melalui penerapan cara berkomunikasi dengan baik dan efektif pada klien, kamu dapat memahami kebutuhan klien, merasa dihargai oleh klien dan mengurangi permasalahan dengan klien. Lebih dari itu, bisa juga meningkatkan hasil penjualan.
 
11. Mengembangkan inovasi 
Fungsi komunikasi dalam perusahaan salah satunya mendorong pola komunikasi yang baik dan terbuka sehingga menstimulus karyawan untuk menyuarakan ide atau gagasannya. Mereka tidak akan takut idenya dicemooh atau tidak didengar. 
Pihak perusahaan biasanya akan menyediakan ruang diskusi dalam pemarapan ide-ide tersebut yang pada akhirnya akan menumbuhkan banyak inovasi untuk kemajuan perusahaan. 

12. Menjaga keragaman budaya 
Etika komunikasi di tempat kerja yang baik dan benar akan dapat menjaga situasi keberagaman di kantor. Tentu dengan perbedaan ras, suku, agama bangsa hingga jenis kelamin menyebabkan cara komunikasi setiap karyawan berbeda-beda. 

Tetapi dengan etika komunikasi yang baik dan menjunjung tinggi rasa hormat, tentu setiap perbedaan dapat diatasi, karyawan dapat menghindari berbagai macam konflik yang mungkin muncul ditengah lingkungan kerja.

Tips membangun komunikasi dalam dunia kerja yang efektif
Doronglah komunikasi dua arah di tempat kerja - EKRUT
Setelah mengetahui alasan mengapa komunikasi penting dalam dunia kerja, berikut ada pula beberapa tips meningkatkan komunikasi yang efektif di tempat kerja untuk kamu perhatikan. 

1. Jaga komunikasi dengan karyawan secara teratur
Rutin mengecek karyawan adalah cara untuk memastikan komunikasi yang efektif di tempat kerja. Cobalah untuk rencanakan pertemuan rutin di mana karyawan bisa saling berbagi pemikiran dan pendapat mereka dengan bebas. 

2. Buat strategi onboarding untuk karyawan baru
Karyawan baru mungkin akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dan mempelajari segala sesuatu di tempat kerja. Karena itu buatlah strategi dimana mereka dapat mengenal perusahaan dan rekan-rekan kerja mereka sehingga komunikasi yang efektif pun tetap terjaga.

3. Nilai strategi komunikasi internal perusahaan
Lihatlah bagaimana selama ini komunikasi internal dalam perusahaan. Lihat toolsa pa yang efektif dan tidak. Denganb egitu kamu bisa mengetahui kapan harus membuat perubahan pada strategi komunikasi di tempat kerja.

4. Perkuat hubungan antara manajer dan karyawan
Dorong kolaborasi yang lebih kuat antara karyawan dan manajer. Jembatani kesenjangan komunikasi agar hubungan kerja yang tercipta pun bisa lebih kuat.

5. Dorong komunikasi dua arah
Banyak perusahaan mengambil pendekatan komunikasi top-down di tempat kerja. Namun penting diketahui bahwa komunikasi satu arah tidak akan memberikan dampak baik bagi kamu dan karyawan dalam jangka panjang.
Karena itu doronglah komunikasi dua arah dimana karyawan mendapatkan ruang untuk memberikan feedback dan mengutarakan pendapat mereka. Ingatlah bahwa komunikasi yang efektif adalah yang berjalan dua arah.

Sumber:
ekrut.com

7 Cara Mempelajari Keterampilan Baru Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

Kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu sangat mempengaruhi kinerja dan produktivitas selama bekerja.
Untuk itulah sangat penting untuk senantiasa menambah keterampilan dan pengetahuan yang akan mendukung pekerjaan yang dilakukan.

Tidak selamanya mempelajari keterampilan baru membutuhkan banyak biaya dan harus mengeluarkan uang yang besar.
Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keterampilan baru dengan dana yang terbatas, bahkan bisa didapatkan dengan cara yang gratis.

Mempelajari Bahasa Baru
Cara pertama mempelajari keterampilan baru tanpa menghabiskan banyak uang adalah dengan belajar bahasa-bahasa baru.
Untuk dipahami, tidak selamanya belajar bahasa baru harus dengan mengikuti kursus dan belajar dengan seorang guru.

Saat ini Anda bisa dengan mudah mempelajari bahasa baru hanya dengan menggunakan aplikasi gratis yang mudah didapatkan.
Anda bisa dengan mudah mempelajari bahasa Spanyol, Italia, Jerman, sampai Portugal lewat aplikasi.

Belajar Secara Online
Kemudahan akses internet harus dimanfaatkan dengan maksimal, salah satunya adalah dengan mengikuti kelas secara online.
Ada banyak sekali website yang menawarkan kursus keterampilan dengan harga yang sangat murah sekitar Rp100.000 saja.

Atau jika Anda ingin mendapatkan keterampilan yang benar-benar gratis, maka gunakan Youtube sebagai tempat belajar berbagai keahlian baru.
Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai ilmu mulai dari teknik memasak, teknik bermain alat musik, teknik berinvestasi yang benar, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa mempelajari keterampilan baru dengan mudah.

Mempelajari Investasi Itu Penting
Cara mempelajari keterampilan baru yang selanjutnya berhubungan dengan dunia keuangan dan investasi. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengikuti bidang ini, jika Anda mau belajar ada banyak sekali sumber informasi yang bisa bermanfaat untuk mempelajari dunia investasi dan keuangan.

Anda bisa memahami dasar investasi, personal finance, manajemen portofolio, dan trik berhemat melalui blog KoinWorks.
Dengan penjelasan yang sederhana dan tidak rumit, blog KoinWorks bisa menjadi tempat yang tepat bagi para pemula untuk mempelajari dunia keuangan dan investasi.

Jika Anda sudah memahami dengan baik tentang dasar berinvestasi dan manfaat investasi, maka inilah saatnya untuk memulai mendanai untuk masa depan.
KoinWorks bisa menjadi platform investasi online P2P Lending yang bisa Anda gunakan untuk memulai investasi.
Melalui KoinWorks, investasi bisa Anda mulai hanya dengan modal Rp100 ribu saja. Modal investasi yang terbilang rendah dan bisa dilakukan oleh sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia.

Selain sangat menguntungkan dengan tingkat investasi yang menggiurkan, dengan berinvestasi di KoinWorks, Anda secara tidak langsung akan ikut membantu pertumbuhan pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

Hal di atas dapat terjadi karena sebagian besar dana yang diinvestasikan oleh investor di KoinWorks akan digunakan untuk menambah modal dan persediaan pengusaha UMKM.
Anda juga bisa berkontribusi bagi perkembangan perekonomian Indonesia hanya dengan berinvestasi melalui KoinWorks.

Membaca Buku, Jangan Malas!
Membaca merupakan hal dasar yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak ilmu dan pengetahuan baru. Dengan membaca buku, Anda bisa mempelajari keterampilan baru dengan lebih praktis.
Sisihkan setidaknya 30 menit dalam sehari untuk membaca buku, hal ini lebih baik dilakukan dibandingkan hanya menghabiskan sebagian besar waktu untuk bermain media sosial.

Bergabung dengan Organisasi
Organisasi memungkinkan Anda bertemu dengan orang yang memiliki minat dan daya tarik yang sama dengan Anda.
Misalnya saja Anda suka mengutak-atik komputer, maka tidak ada salahnya untuk bergabung ke perkumpulan orang yang menyukai dunia komputer.

Melalui organisasi, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang akan membagikan ilmu dan keterampilannya tentang sesuatu hal secara gratis kepada Anda. Anda pun bisa mempelajari keterampilan baru dengan lebih menyenangkan!
Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa bertemu langsung dengan orang-orang ahli di bidang dan bisa langsung belajar dengan mereka.

Hadiri Sebuah Acara
Acara seringkali diselenggarakan untuk mengedukasi masyarakat tentang sesuatu hal yang bermanfaat. Anda bisa menghadiri acara seminar, workshop, talkshow dengan para pakar, dan lain sebagainya untuk mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru disana.

Selain bisa menambah keterampilan baru, Anda juga berkesempatan untuk bertemu dan menjalin koneksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Menjadi Seorang Relawan
Menjadi seorang relawan memberikan kesempatan kepada Anda untuk mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.
Tidak hanya itu saja, dengan menjadi seorang relawan, Anda juga bisa memupuk jiwa sosial dan rasa peduli terhadap sesama.

Bagaimana? Cara apa yang ingin Anda lakukan untuk menambah keterampilan baru tanpa menghabiskan banyak uang?
Semua metode yang sudah kami sampaikan di atas terbukti bisa Anda lakukan dengan dana yang sangat minim, bahkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan secara gratis dan percuma.

Sumber:
koinworks.com

7 Soft Skill yang Perlu Dimiliki Agar Karir Melesat

Saat bekerja di sebuah perusahaan atau instansi, pasti Anda memiliki keinginan untuk memiliki karir melesat kemudian berkembang dan akhirnya bisa mendapatkan jabatan yang tinggi.
Hal tersebut bisa Anda dapatkan jika memperhatikan beberapa faktor yang penting. Tidak hanya hard skill saja yang diperlukan agar bisa berkembang dan karir melesat, seorang karyawan juga perlu memiliki soft skill yang baik agar memiliki karir melesat.

Kemampuan Berkomunikasi
Keterampilan berkomunikasi disini tidak hanya secara lisan, tetapi juga kemampuan untuk berkomunikasi secara tertulis.
Kemampuan komunikasi yang baik akan meningkatkan peluang Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja yang akan menunjang agar karir melesat dan berkembang lebih baik.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan komunikasi adalah mengikuti sebuah workshop tentang public speaking yang banyak tersedia.

Bekerja Sama Dengan Anggota Tim
Kesuksesan sebuah perusahaan merupakan hasil dari pekerjaan banyak orang yang bekerja menuju tujuan yang sama.
Tidak ada perusahaan yang bisa sukses hanya bergantung pada kemampuan seorang karyawan dan melakukan sesuatu seorang diri.

Agar karir melesat cara terbaik yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan kerja sama tim adalah bersedia membantu rekan kerja, saat mereka membutuhkan bantuan Anda. Dan itu menjadi hal baik yang dapat menunjang Anda agar karir melesat dan berkembang.

Beradaptasi Dengan Baik
Hal yang perlu Anda pahami agar karir melesat adalah segala sesuatu yang direncanakan tidak selalu bisa berjalan dengan baik. Saat hal ini terjadi, Anda perlu menemukan solusi alternatif dan menjadi pribadi yang fleksibel ketika masalah muncul.
Hal yang bisa Anda lakukan adalah mendorong diri sendiri untuk mengadopsi teknologi terbaru yang ada di pasaran.

Dengan cara seperti ini, Anda bisa mengenal teknologi terbaru dan menguasai berbagai fitur yang ada di dalamnya yang dapat mengembangkan karir Anda agar karir melesat. Anda juga bisa mengajari rekan kerja tentang teknologi terbaru tersebut.

Kemampuan Pemecahan Masalah
Kemampuan untuk memecahkan sebuah masalah atau problem solving akan memudahkan Anda mengambil tindakan saat terjadi sebuah masalah. Kemampuan Anda untuk memecahkan masalah inilah yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan.
Banyak perusahaan mencari kandidat yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah karena orang seperti ini mampu menghadapi tantangan yang tidak terduga hal seperti ini dapat membantu Anda agar karir melesat dan berkembang.

Agar Anda berkompeten untuk memecahkan sebuah masalah, pastikan Anda selalu menawarkan solusi kepada atasan. Hal ini bisa membuat karir anda melesat dan dapat diandalkan.

Kemampuan Untuk Mengamati Dengan Kritis
Agar karir melesat keterampilan ini sangat diperlukan karena akan sangat membantu Anda untuk menafsirkan sebuah data dan informasi yang tersedia.
Setiap perusahaan pasti membutuhkan pemikir yang kritis, sebab orang seperti ini bisa membawa perspektif baru dan bisa menawarkan solusi serta ide untuk membantu perusahaan, dan membuat diri anda berpotensi memiliki karir melesat dan berkembang.

Keterampilan Untuk Menangani Konflik
Saat ada banyak orang di dalam sebuah organisasi, maka pasti sangat besar kemungkinan terjadi sebuah konflik.
Agar karir melesat Anda harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan rekan kerja akan sangat membantu untuk mempertahankan hubungan dengan teman dan akhirnya bisa bekerja dengan lebih efektif.

Orang yang mau bekerja sama dengan orang lain, saat terjadi perselisihan merupakan salah satu indikator kedewasaan.
Orang dengan tipe seperti ini akan sangat berpotensi memiliki karir melesat dan membantu pimpinan untuk menciptakan tempat kerja yang sehat dan kolaboratif.
Anda bisa mengasah kemampuan ini dengan menyelesaikan perselisihan antar rekan kerja secara langsung dengan hati-hati.

Supaya karir melesat maka latihlah diri Anda sebagai mediator dan biarkan kedua belah pihak menyampaikan keluhan dan selanjutnya bekerja sama untuk mencari solusi.

Kemampuan Leadership
Saat Anda memiliki visi yang jelas dan keyakinan, maka Anda bisa mempengaruhi rekan kerja yang lain untuk bergabung dengan ide Anda saat ini dan di masa depan yang akan membuat Anda memiliki karir melesat dan berkembang.
Para pemimpin perusahaan selalu mencari karyawan yang memiliki kemampuan kepemimpinan karena mereka bisa mengambil alih dan menjalankan perusahaan di masa depan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah menjadi seorang pemimpin dan memiliki karir melesat, tidak hanya tentang membuat orang melakukan apa yang Anda inginkan.
Seorang pemimpin harus mampu menginspirasi dan membantu rekan kerja untuk mencapai potensi optimal yang ada di dalam diri mereka.

Agar karir melesat Anda bisa melatih kemampuan leadership dengan belajar tentang cara memotivasi tim kerja atau mengambil tanggung jawab yang lebih besar. Atau Anda juga bisa mengikuti kursus dan pendidikan non-formal tentang kepemimpinan.

Jangan khawatir jika Anda belum memiliki dana untuk membayar dana pendidikan untuk mengikuti kursus tersebut. KoinWorks melalui produknya KoinPintar akan memfasilitasi Anda untuk mendapatkan pinjaman dana pendidikan.

Tingkat bunga pinjaman juga tidaklah memberatkan Anda, sebab bunga hanya sekitar 9% per tahun. Dengan cicilan yang bisa diangsur sampai 12 bulan, maka biaya pendidikan yang harus dibayarkan setiap bulan menjadi lebih ringan.

Diharapkan dengan melatih 7 kemampuan atau soft skills yang ada di atas, Anda bisa memiliki karir melesat dan mampu mendapatkan posisi yang diinginkan di masa depan.

Sumber:
koinworks.com

5 Keterampilan Sederhana Yang Bisa Membantu Anda Menjadi Kaya Dan Sukses

Keterampilan berarti lebih dari apa yang bisa Anda pelajari di sekolah menengah atau perguruan tinggi.
Anda harus menguasai keterampilan lebih dari itu, karena ilmu yang diajarkan di sekolah atau universitas tidak serta merta menjadikan Anda seorang kaya dan sukses.

Kesalahan Menabung Dana Pensiun Yang Harus Dihindari Dari Usia 20-An
Beberapa keterampilan berharga seperti cara mengelola keuangan dengan baik, cara berbisnis, dan keterampilan lainnya berasal pengalaman langsung. Semakin tinggi jam terbang yang dimiliki, semakin hebat keterampilan Anda dalam suatu bidang.

Akan tetapi, siapa yang tahu keterampilan apa yang mungkin dibutuhkan di tahun-tahun mendatang?
Apa yang Anda lakukan sekarang, baik itu mengajar di sekolah, berlatih hukum, atau menawarkan nasihat keuangan, mungkin tidak banyak diminati. Tapi bisa saja hal itu akan sangat diminati di tahun-tahun mendatang.

Hal ini membuktikan bahwa Anda tidak mungkin tahu keterampilan fungsional apa yang paling berharga di masa depan.
Akan tetapi, diluar itu semua ada beberapa keterampilan dasar yang akan membantu Anda membangun kekayaan terlepas dari jalur karir yang Anda pilih.

Bila Anda menginginkan kemampuan untuk menciptakan kekayaan abadi yang konsisten, terlepas dari usia atau keadaan Anda, Anda harus menguasai setidaknya satu dari keterampilan finansial yang berharga ini:

1. Keterampilan Mempengaruhi
Inilah keterampilan membujuk calon konsumen untuk membeli produk tertentu di tempat dan waktu tertentu.
Keterampilan ini akan membuat Anda mengetahui bagaimana cara yang paling hemat biaya untuk menarik pelanggan dan cara terbaik untuk membuat pelanggan melakukan pembelian.
Tak peduli apakah Anda adalah seorang yang introvert maupun extrovert, Anda harus bisa menjual jika memang ingin menjadi kaya dan sukses.

Hal ini karena apapun jalan yang dipilih, baik itu melalui bisnis ataupun menjadi pegawai Anda akan selalu dihadapkan untuk menjual sesuatu.
Jika dalam bisnis Anda tentu harus menjual produk atau jasa yang dimiliki, sedangkan jika Anda memilih berkarir Anda harus mampu menjual diri semahal mungkin kepada perusahaan. Pastikan bahwa harga yang dibayarkan oleh perusahaan untuk diri Anda adalah mahal.

2. Keterampilan Pemasaran
Keterampilan ini adalah semua tentang mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang masuk akal. Beberapa “pemasar” bisa melakukan ini.
Tetapi pemasar yang terampil termasuk di antara individu dengan bayaran tertinggi di industri manapun akan mampu melakukan ini dengan biaya yang minimal.

Dalam hal ini, Anda mungkin bisa membujuk konsumen untuk membeli sebuah produk, akan tetapi berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan seorang konsumen?
Apakah Anda harus memasang iklan terlebih dahulu, atau Anda harus memberikan “entertainment” dahulu sebelum konsumen setuju untuk membeli?
Apabila Anda mampu mendapatkan konsumen dengan biaya yang rendah dan masuk akal, maka Anda berhasil untuk membuat bisnis atau perusahaan mendapatkan laba yang lebih besar.

3. Keterampilan Memunculkan Ide Kreatif
Keterampilan ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada direalisasikan. Untuk menciptakan ide yang kreatif, seseorang tidak hanya membutuhkan kemampuan untuk mengembangkan produk dan layanan, tetapi juga kemampuan untuk mengembangkan produk yang dapat dijual dengan menguntungkan di pasar tertentu.

Hal ini memang sulit dikuasai, tapi dengan ketekunan, keuntungan besar-akan mengikuti perkembangan keterampilan ini.
Cara terbaik untuk memunculkan ide kreatif adalah terus melakukan inovasi dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan pasar.

4. Keterampilan Membeli dengan Tepat
Bagi banyak orang, membeli adalah proses membayar uang untuk objek dan pengalaman yang diinginkan.
Tetapi bagi pembangun kekayaan, “membeli dengan benar” adalah keterampilan vital yang mempengaruhi margin kotor, dan margin kotor mempengaruhi keseluruhan proses.

Membeli hak juga mencakup keterampilan negosiasi. Ketahui kapan harus membeli dan kapan harus menghemat.
Terkadang melakukan penghematan untuk suatu barang akan mengakibatkan Anda mengalami kesulitan dalam operasional sehingga hasil tidak maksimal.

5. Keterampilan Berinvestasi
Dari semua keterampilan yang ada, keterampilan terakhir ini adalah keterampilan yang terpenting. Sebanyak apapun uang dan keuntungan yang dihasilkan, tidak akan berguna jika Anda tidak dapat dengan bijak menempatkan penghasilan ke dalam porsi yang tepat.
Menempatkan penghasilan ke dalam porsi yang tepat berarti Anda juga turut menginvestasikan uang tersebut, karena tanpa investasi uang Anda tidak akan berkembang bahkan mungkin habis tergerus inflasi.

Jika Anda takut dengan risiko kerugian dalam berinvestasi, pilihlah jenis investasi yang dapat memberikan keuntungan besar namun dengan risiko yang kecil.

Sumber:
koinworks.com