• Health

    Informasi Seputar Kesehatan

  • Parenting

    Informasi Seputar Keluarga

  • Relationship

    Informasi Seputar Hubungan Pacaran

  • Wedding

    Informasi Seputar Pernikahan dan Rumah Tangga

  • Sex

    Informasi Seputar Seks

  • Life

    Informasi Seputar Kehidupan

  • General

    Informasi Hal-hal Umum

  • Entrepreneur

    Informasi Seputar Wirausaha

Wednesday, November 4, 2020

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online

Berbagai jenis strategi memasarkan barang dagangan dijalankan, seperti halnya melakukan pengiklanan melalui website atau toko online agar menjadi yang paling laris.
Salah satu masalah sering dialami, yaitu mereka kebingungan mengapa produk yang dijual sepi peminat dan toko online pun jarang dikunjungi.

Sertakan Deskripsi Produk yang Dijual
Dalam memberikan gambaran barang yang dijual, Anda perlu memasukkan sebuah kata kunci agar lebih mudah dikenali pengunjung serta berikan deskripsi produk secara lengkap, panjang dan jelas. Pihak Google menilainya sebagai website yang relevan.
Saat membuat deskripsi, tuliskan 1.750 hingga 2.000 kata. Pembagiannya, yaitu 1.000 kata tentang deskripsi murni produk dan sisanya untuk menuliskan pembukaan, review, fitur, penjelasan tentang spesifikasi yang lebih mendalam dan penutup.

Perbaiki Struktur Website Toko
Pelanggan akan puas jika struktur halaman web rapi dan tidak menyulitkan pembaca. Di samping itu, ini juga akan berpengaruh terhadap rating pencarian website toko online Anda di mesin pencari Google.
Ada prinsip-prinsip harus diterapkan di dalam menyusun struktur halaman web, yakni buat pembagian kategori yang simpel, mudah dilihat, berikan kategori tambahan dari tema umum dan batasi tingkatan pada setiap topik yang diberikan agar tidak ada pembahasan terlampau dalam.

Berikan Review Produk
Cara ini tidak hanya berpengaruh pada SEO toko online Anda. Aspek marketing dan sales pun ikut terpengaruh. Review pelanggan akan meringankan pekerjaan Anda dalam membuat konten, sehingga dapat tambahan isi secara mudah.
Review di toko online melalui dua cara. Pertama, Googlebot memiliki bahan lebih untuk crawling ketika ada banyak pembahasan penggunaan. Kedua, konten panjang memancing pembaca untuk menghabiskan waktu lama di web.

Atasi Masalah Teknis Pada Toko Online Anda
Pertama, perbaikilah halaman yang salah atau error di hasil pencarian. Caranya, dengan menambahkan tag noindex pada bagian <head> website toko online. Tuliskan <meta name=”robots” content=”noindex”> dan <meta name=”googlebot” content=”noindex”>. 

Kemudian, atasi masalah duplicate content, hal ini akan membahayakan reputasi SEO toko online Anda. Caranya, aktifkanlah noindex pada halaman yang diinginkan lalu tambahkan tag “rel=canonical”, sehingga memberi tahu Google bahwa konten web bukan merupakan duplikat.

Buat Blog Bisnis
Pada dasarnya, ada banyak manfaat yang diberikan pada pembuatan sebuah blog untuk kepentingan bisnis. Hal tersebut akan meningkatkan reputasi, hubungan komunitas dengan pelanggan, trafik dan juga penjualan.

Selanjutnya, bagaimana cara mengoperasikan blog bisnis? Pertama, Anda harus tentukan tujuanya untuk apa. Kedua, petakan pengalaman dari pelanggan untuk mencari tahu produk yang mereka butuhkan. Terakhir, tulislah ide konten berdasarkan “customer journey” yang telah diketahui.

Berikan Rekomendasi Produk Sejenis
Trik SEO toko online berikutnya adalah untuk meningkatkan banyaknya pengunjung hingga 5 kali lipat dengan cara menulisan rekomendasi terkait produk sejenis yang dijual pada toko online Anda. Selain itu, rata-rata pembelian produk akan meningkat sebesar 50 persen.

Selebihnya, fitur ini akan meningkatkan pengalaman pengguna yang akan membuat jumlah trafik ke toko online semakin meningkat. Begitu pula dengan kemungkinan user untuk kembali mengunjungi toko online Anda. 

Integrasikan Toko Online Dengan Sosial Media
Dengan cara ini kemungkinan tidak bisa disebut sebagai SEO toko online. Akan tetapi, fitur tersebut dijamin akan meningkatkan “user experience” atau pengalaman pengguna.

Sebisa mungkin integrasikan toko online dengan media sosial yang ada dengan menyediakan tombol share di bawah. 
Di samping itu, yang lebih penting ialah sediakan fitur buat akun (login) dengan akun sosial media, kebanyakan pengguna sangat malas untuk membuat akun baru di toko online. Tidak sedikit pula yang mengaku mengisi data secara asal-asalan.

Konfigurasi URL
Dalam hal ini, URL harus ditulis dengan jelas. Dengan begitu, pengguna dan Googlebot akan memahami jalan menuju web secara mudah. Selain itu, mereka juga bisa menebak isi web hanya dengan membacanya saja.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun URL adalah buatlah alamat yang pendek dan samakan dengan judul halaman. Hindari memasukkan kata-kata tidak perlu dan jangan gunakan penyertaan subkategori.

Bangun Reputasi di Mesin Pencari Dengan Teknik Link Building
Reputasi toko online tidak cukup jika hanya dibangun dari dalam websitenya sendiri. Segala trik optimasi SEO yang disebutkan sebelumnya hanyalah satu bagian dari usaha. Untuk melengkapinya, Anda perlu membangun reputasi dengan link building dari luar. 
Alasannya, tentu saja agar semakin banyak orang tahu tentang keberadaan toko online Anda. Di samping itu, link building juga akan mempengaruhi rating pencarian di Google yang sudah pasti akan meningkatkan jaringan bisnis.

Update Produk Bila Sudah Terjual dan Stok Habis
Pada promosi toko online menggunakan website, Anda tidak perlu menghapus halaman produk layaknya seperti di media sosial. Di sini, yang perlu dilakukan adalah menuliskan kata “Stok Habis” atau “Sudah Terjual” ketika produk telah laku terjual.

Menghapus halaman produk secara sembarangan akan berdampak pada rating pencarian. Bisa saja hal yang dimaksud adalah terlanjur terindeks di mesin pencarian Google.
Seketika pengguna mengklik hasil pencarian dan page yang dimaksud tidak bisa diakses karena sudah hilang. User pun akan kapok dibuatnya.

5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan
Dunia teknologi digital membuka banyak jalan, terutama dengan hadirnya berbagai macam tool untuk mengembangkan bisnis online.
Tool untuk bisnis online yang kini tersedia punya banyak sekali tujuan yang kemudian mampu mengerucut ke satu tujuan, yang tak lain adalah mengembangkan bisnis online Anda.

1. FotoJet, Membuat Desain Grafis Menjadi Lebih Mudah
Desain grafis adalah kebutuhan yang sangat penting dalam hal marketing di media online. Entah itu postingan reguler di media sosial, gambar di blog, atau pun beriklan menggunakan Google maupun Instagram, Anda akan sangat membutuhkan desain grafis sebagai elemen visualnya.
Untuk itu, FotoJet wajib Anda gunakan demi mempermudah Anda membuat desain grafis menarik tanpa keahlian khusus.

2. Buat Toko Online Anda dengan WordPress & WooCommerce atau Shopify
Mengenai bisnis online, tak lengkap bila Anda tidak memiliki toko online sendiri. Anda mungkin punya produk yang sudah ramai terjual di marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya.
Tapi untuk lebih mudah dan lebih eksklusif, Anda tentu harus punya toko online sendiri dengan nama brand Anda sebagai domainnya.

Sekarang, membuat toko online sendiri sangat gampang. Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan.
Anda bisa membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce dengan menyediakan hosting dan domain sendiri, kemudian aturlah toko online Anda sebagai preferensi.

Anda juga bisa memanfaatkan plugin gratis buatan saya; Indonesian Banks for WooCommerce untuk mengatur metode pembayarannya. Pilih template atau layout dari 20 theme WooCommerce terbaik ini.
Bila menggunakan WordPress dan WooCommerce, Anda perlu memilih hosting terbaik dengan kapasitas yang baik untuk membuat toko online dengan performa yang mumpuni.

Adapun pilihan hosting yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:
  • Hostinger
  • Niaga Hoster
  • Hosting24
  • Exabytes
  • IDCloudHost
  • DewaWeb
  • Cloudkilat
  • Hostgator
  • Shehoster
  • Bluehost
3. Mailchimp, Tetap Berkomunikasi dengan Pelanggan Anda
Setelah membuat toko online Anda sendiri, saatnya Anda membangun sebuah fungsi untuk mengumpulkan email pelanggan Anda.
Dengan Mailchimp, Anda bisa mengumpulkan email pelanggan Anda dan bisa mengirimkan berbagai jenis promo, tips dan tutorial untuk mengedukasi pelanggan Anda terkait penggunaan produk Anda, mengirimkan informasi terbaru ke pelanggan Anda, dan sebagainya.

Mailchimp menyediakan paket gratis untuk 2.000 email pelanggan. Bila memang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda, tentu saja Anda bisa memperbaharui paket gratis tersebut ke paket premium kapan saja.

4. Google Docs, Buat Berbagai Macam Dokumen untuk Berbagai Keperluan: Gratis!
Selain menyediakan mesin pencari yang canggih secara gratis, Google juga menyediakan berbagai produk yang bisa Anda manfaatkan dengan gratis.
Adapun Google Docs, platform yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam dokumen untuk berbagai keperluan.

Mulai dari invoice, mencatat inventori produk, keperluan akutansi, hingga mempresentasikan produk atau jasa yang dijual oleh bisnis online Anda, Google Docs sangat cocok untuk semua jenis bisnis online.
Selain Google Docs, Anda juga bisa memanfaatkan Google Drive sebagai salah satu tool untuk bisnis online Anda untuk keperluan menyimpan file entah itu foto produk, dokumen penting, dan berbagai macam file penting lainnya.

5. Projects.co.id & Sribulancer, Dapatkan Bantuan dari Pekerja Lepas
Yang pasti, seturut berjalannya waktu, Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari orang lain dengan keahlian tertentu untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.
Tool untuk bisnis online terakhir dalam daftar ini adalah Projects.co.id dan Sribulancer, dua dari sekian banyak platform freelancer terbaik di Indonesia.

Dapatkan berbagai bantuan di berbagai bidang seperti desain grafis, programming, terjemahan, hingga kepenulisan untuk bisnis inline Anda sesuai dengan budget yang Anda miliki.
Selain Projects.co.id dan Sribulancer, Anda juga bisa mencari pekerja lepas di Freelancer.com yang sumber dayanya sangat besar jumlahnya.

Penutup
Itulah 5 tool untuk bisnis online yang wajib Anda gunakan sekarang juga. Memanfaatkan tool bisnis online dengan baik akan membawa pengaruh besar terhadap bisnis online Anda, entah itu dari segi efektivitas proses maupun efisiensi tenaga, anggaran, dan waktu.

Sumber:

5 Cara Efektif Mendapatkan Uang dari Internet

Banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang karyawan untuk mendulang penghasilan sendiri lewat internet, terlepas dari apapun yang dilakukannya.
Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini membuat siapapun bisa mengakses internet kapanpun di manapun, dengan mudah dan murah.
Kemudahan akses tersebut menjadikan siapapun dapat dengan mudah memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, terutama mendapatkan uang dari internet.

1. Membuat Toko Online
Cara menghasilkan uang dari internet selanjutnya adalah menjual produk digital. Bila Anda memiliki produk ataupun jasa yang bisa diperdagangkan secara online, cobalah membuat toko online Anda sendiri.
Biaya pembuatan toko online tidak akan semahal bila Anda memutuskan untuk membuat toko offline/fisik. Prosesnyapun mudah karena sekarang ini, Anda bisa membuat toko online tanpa menyentuh kode pemrograman sedikitpun.

Menjual produk atau jasa lewat toko online Anda nantinya memungkinkan Anda untuk mencakup pasar yang nyaris tak terbatas.
Hal tersebut nantinya akan bergantung pada strategi marketing Anda sendiri, apakah mampu mencakupnya atau tidak.

Untuk membuat toko online, ada dua metode yang saya rekomendasikan yakni membuat toko online menggunakan WordPress dan WooCommerce maupun membuat toko online dengan Shopify.
Dengan memiliki toko online, itu artinya Anda bisa mencakup pasar yang nyaris tak terbatas dan bisa mendapatkan uang dari internet dengan potensi yang sangat besar.

2. Membuat Blog dan Monetisasi
Bukanlah sesuatu yang baru lagi bila kita memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang dari internet.
Melalui sebuah blog yang populer dengan konten yang berkualitas, menarik dan memiliki jumlah pembaca yang besar untuk menghasilkan keuntungan.

Apalagi, ada banyak sekali metode mendapatkan uang dari blog yang kini bisa segera dimanfaatkan. Yang pertama yang harus Anda persiapkan tentu saja blog. Anda bisa menggunakan platform blog gratis (meski tidak saya sarankan) seperti Blogger dari Google maupun WordPress.com.
Atau, bilapun menggunakan Blogger, pastikan Anda menggunakan custom domain sehingga membuat blog Anda lebih kredibel dan punya branding (baca tutorial integrasi custom domain di Blogger).

Bila Anda sudah siap melangkah ke tahap yang lebih serius lagi, buat blog yang lebih profesional lagi dengan WordPress. Baca tutorial membuat blog dengan WordPress.

Setelah membuat blog, kembangkan terus blog Anda dengan beragam artikel menarik. Ini sangat penting. Isi blog Anda hanya dengan tulisan berkualitas, jangan copas!
Setelah mendapatkan jumlah pengunjung harian yang relatif besar dan stabil, mulailah mendaftarkan blog Anda di Google Adsense.

Atau Anda bisa coba platform periklanan seperti Yllix, Bidvertiser, maupun PayClick.
Anda juga bisa memonetisasi blog Anda dengan paid review dari advertiser, menjual premium content dengan sistem membership, menjadi influencer lewat SociaBuzz, hingga mengikuti program afiliasi dengan platform InvolveAsia.

3. Menjadi Freelancer
Di zaman serba digital sekarang ini, hampir semua bidang bisnis terintegrasi dengan internet. Oleh karena itu, kebutuhan akan digital asset meninggi dari waktu ke waktu.
Digital asset yang saya maksud di sini semisal desain grafis berupa gambar postingan di media sosial, animasi, hingga banner. Konten berupa video juga sangat diminati belakangan ini.

Atau bagi Anda yang punya kemampuan menulis maupun menerjemah yang baik, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian tersebut.
Menjadi freelancer juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang kian hari kian efektif belakangan ini.

Selain cocok bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang, freelancing juga cocok bagi Anda yang tidak suka bekerja sebagai karyawan dan segala rutinitas kantor.

Berikut beberapa keahlian ataupun profesi yang bisa Anda jual sebagai freelancer:
  • Desain grafis
  • Videografis
  • Penulis
  • Penerjemah
  • Musik/soundtrack video
  • Programming
  • Sebagai influencer di media sosial semisal Instagram
  • Menjadi konsultan
  • Virtual Assistant
  • Reviewer
  • Dan masih banyak lagi
Untuk mendapatkan job-job freelance, coba beberapa situs berikut ini:
  • Fiverr
  • Upwork
  • Projects.co.id
  • Freelancer
  • Sribulancer
  • Dan masih banyak lagi
Yang pasti, jangan pernah lelah untuk mencari peluang job freelance di internet, karena jumlahnya sangat besar. Dan lakukan yang terbaik agar klien tetap membeli jasa dari Anda.

4. Menjual Produk Digital
Salah satu hal yang bisa Anda coba bila tidak ingin bersusah payah membuat dan mengembangkan sebuah website maupun toko online dari awal, cobalah menjual produk digital di beragam online marketplace.
Bila Anda memiliki keahlian di bidang desain, cobalah jual karya Anda ke website semacam Shutterstock maupun Envato Studio.

Atau bila Anda senang fotografi dan ketimbang menyimpannya saja di hard disk, cobalah menjual foto-foto Anda di Shutterstock, iStock Photo, atau 123RF.
Coba juga jual musik-musik ringan ciptaan Anda di AudioJungle, iTunes, hingga Google Play Music

Bagi Anda senang membuat video pendek, coba jual video Anda di Uscreen, Shopify, ataupun VideoHive.
Bila Anda punya keahlian membuat theme WordPress ataupun plugin WordPress, coba juga jual di Themeforest dan CodeCanyon.
Anda juga bisa menjual beragam produk digital lain seperti ebook, mockup, dan sebagainya.

5. Menjadi Online Tutor
Punya keahlian lain yang sifatnya mendidik? Jadilah tutor di Udemy maupun Ruang Guru. Fee yang akan Anda dapatkan dari setiap episode pengajaran sangat menggiurkan.

Belum lagi bila materi Anda sangat menarik sehingga mampu menarik calon anak didik yang membludak. Yang terpenting adalah cari tahu materi pengajaran yang Anda kuasai dan banyak dibutuhkan oleh orang-orang di luar sana.

Sumber:

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce

Membuat toko online sekarang ini tidaklah begitu susah. Ada banyak tool ataupun platform yang secara khusus didedikasikan untuk pembuatan toko online.
Anda bisa membuat sebuah toko online dengan Shopify dengan skema berlangganan platform. Bila Anda mencari alternatif untuk membuat toko online Anda sendiri, selalu ada banyak cara.
Salah satu yang kita bahas dalam artikel ini adalah cara membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce. Seperti apa? Mari kita simak penjelasannya.

Apa Itu WordPress dan WooCommerce?
WordPress adalah sebuah content management system (CMS) yang paling populer saat ini. Sekitar 27% website yang ada di dunia saat ini merupakan website yang berbasis WordPress.
WordPress bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk blog bahkan forum, media sosial hingga toko online.

Sedangkan WooCommerce sendiri adalah sebuah plugin (alat bantu WordPress) yang secara khusus didedikasikan untuk memungkinkan WordPress berubah menjadi sebuah toko online.
WooCommerce sudah diakuisisi oleh Automattic (perusahaan di balik WordPress) dan saat ini tersedia dengan gratis.

Pengembangannyapun terus dilakukan oleh para developer sehingga WooCommerce mampu menjadi salah satu aset untuk membuat toko online.
WooCommerce memungkinkan kita semua untuk mengubah blog WordPress biasa menjadi sebuah toko online canggih, tentu dengan bantuan berbagai plugin tambahan lain.

Nah, dengan kombinasi antara WordPress dan WooCommerce, siapapun termasuk Anda kini bisa membuat toko online dengan mudah.
Jadi, sebelum mengikuti cara membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce, apa saja sebenarnya yang perlu dipersiapkan?

Persiapan Sebelum Membuat Toko Online
Cara membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan. Apalagi kalau hal-hal penting yang harus ada memang sudah dipersiapkan.
Bila Anda sudah sampai pada tahap ini, maka kemungkinan besar Anda sudah tertarik untuk membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce.
Sebelum memulai, Anda harus mempersiapkan berbagai hal berikut:

I. Produk yang Hendak Dijual
Sudahkah Anda mempersiapkan produk yang dijual di toko online Anda nantinya? Bila belum, maka tentu saja Anda harus mempersiapkan produk yang akan dijual nantinya.
Jenis produk yang dijual juga akan mempengaruhi konsep toko online Anda nantinya, mulai dari desain hingga segi fungsional.
Dengan WordPress dan WooCommerce, Anda bisa menjual jasa, produk fisik, hingga produk digital, tergantung preferensi Anda tentunya.

II. Hosting dan Domain
Saat ini sudah banyak sekali penyedia layanan hosting yang terjangkau dan mudah untuk digunakan untuk menginstall WordPress atau langsung membuat blog dengan WordPress di dalamnya.
Ada banyak hosting yang bisa Anda pilih, baik itu lokal maupun luar negeri. Berikut beberapa pilihan hosting yang bisa dipertimbangkan:

Bluehost
Sebagai salah satu hosting yang direkomendasikan oleh WordPress.org sendiri, Bluehost juga menjadi salah satu dari jajaran hosting paling populer dan banyak penggunanya.

III. Theme Toko Online WordPress
Theme WordPress toko online tentu merupakan salah satu aspek terpenting ketika hendak membuat toko online dengan WordPress.
Pilihlah theme WordPress yang bagus tampilannya dan juga dengan fitur yang lengkap, sehingga mampu memberikan tampilan yang menarik untuk toko online Anda kelak.

Anda bisa mencarinya di WordPress Repository ataupun Themeforest.net atau bisa juga mengambil 20 theme WordPress terbaik untuk toko online hasil kurasi Seni Berpikir.
Install WordPress di Hosting Anda
Bila belum punya website berbasis WordPress, tentu Anda harus mulai dengan membuatnya.

I. Install WordPress
Setelah Anda membeli paket hosting dari Exabytes (atau penyedia lain), Anda akan diberikan akses ke cPanel atau panel tipe lain untuk aktivitas pembuatan website.

Khusus untuk hosting di Exabytes, Anda akan diberikan akses cPanel. Silakan login cPanel (dengan username dan password yang diberikan).

Kemudian, silakan cari menu Softaculous. Setelah itu, klik WordPress, lihat gambar berikut:


Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi deskripsi tentang WordPress itu sendiri. Di halaman tersebut, silakan cari dan klik tombol Install Now, seperti gambar berikut:


Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada proses penting dalam membuat toko online berbasis WordPress self-hosted. Di bagian ini Anda harus menentukan data dan mengisi informasi untuk toko online WordPress Anda.

Proses Instalasi WordPress
1. Software Setup


Choose Protocol: Bagian ini memiliki opsi http:// & http://www. dan https:// & https://www. Bila website Anda memiliki SSL, maka Anda bisa memilih opsi https:// atau https://www.
Untuk www. sendiri, tentukan apakah Anda lebih memilih URL toko online Anda menggunakan www. atau tidak.
Choose Domain: Bila Anda memesan beberapa domain sekaligus pada saat membeli hosting, silahkan pilih ke domain yang mana WordPress akan diinstall dalam tahap ini.
In Directory: Bila Anda mengisi opsi ini, maka WordPress akan diinstall ke dalam sebuah direktori sesuai dengan nama yang Anda isikan. Nantinya, toko online Anda tidak akan bisa diakses melalui domain utama, melainkan harus ke URL yang lengkap dengan nama sub-directory.
Misalnya, di opsi ini Anda mengisi dengan toko online. Bila nama domain yang Anda pesan adalah domainsaya.com, maka WordPress yang Anda install saat ini hanya bisa diakses melalui http://domainsaya.com/toko-online.
Bila Anda mengisinya dengan layanan, maka hanya bisa diakses melalui http://domainsaya.com/layanan. Begitu seterusnya.
Saya sarankan untuk mengosongkan opsi ini agar toko online berbasis WordPress self-hosted Anda bisa diakses melalui domain utama tanpa mengarah ke sub-directory, kecuali bila Anda memang sengaja membuat website tambahan.

2. Site Settings


Site Name: Isikan dengan nama toko online Anda.
Site Description: Semacam tagline atau motto toko online Anda. Boleh dikosongkan terlebih dahulu karena bisa diedit kemudian.
Enable Multisite (WPMU): Sebaiknya jangan diceklis bila Anda hanya ingin membuat satu instalasi saja.

3. Admin Account


Bagian ini merupakan informasi mengenai login Anda sebagai administrator utama toko online berbasis WordPress self-hosted Anda.
Admin Username: Bagian ini nyaris tidak bisa diganti. Jadi pikirkan username untuk kepentingan login.
Admin Password: Isikan password yang kuat agar toko online Anda tidak mudah diretas.
Admin Email: Masukkan email utama Anda. Bila perlu, silahkan pilih email yang sudah terdaftar dengan Gravatar.

4. Choose Language
Pilih bahasa utama untuk toko online Anda. Terdapat juga Bahasa Indonesia, jadi akan semakin memudahkan Anda dalam mengoperasikannya.

5. Select Plugins
Silahkan pilih plugin WordPress mana yang ingin Anda install di website WordPress self-hosted Anda bersama-sama dengan WordPress itu sendiri

NB: Lewatkan bagian Advanced Options jika Anda kurang paham.

6. Select Theme
Di bagian ini, sama seperti select plugins, Anda bisa memilih theme WordPress untuk diinstall sekaligus dengan WordPress. Pilih theme WordPress terbaik yang bisa Anda temukan di situ.

Sebelum mengklik Install, pastikan Anda mengisi form Email installation details to : dengan email utama Anda. Hal ini agar Anda memiliki backup informasi yang akan dikirimkan ke email yang ditunjuk.

Setelah itu silahkan klik tombol Install. Tunggu beberapa saat hingga WordPress selesai terinstall. Biasanya tidak memakan waktu lama.

Setelah proses instalasi selesai, itu artinya Anda sudah berhasil membuat toko online berbasis WordPress self-hosted dan sudah resmi memiliki toko online WordPress self-hosted dengan alamat domain sendiri.

Namun, cara membuat toko online dengan WordPress ini belum selesai hingga Anda berhasil melakukan konfigurasi dasar untuk website baru Anda.

Install dan Konfigurasi WooCommerce untuk Membuat Toko Online dengan WordPress
Langkah inti dari artikel cara membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce ini ada di bagian ini.
Setelah Anda memilih hosting dan domain hingga menginstall WordPress, sekarang barulah kita membuat toko online dengan bantuan plugin WooCommerce.

Karena WooCommerce merupakan sebuah plugin WordPress dan menjadi tenaga utama dalam pembahasan kita kali ini untuk membuat sebuah toko online, Anda tentu harus menginstall-nya terlebih dahulu.
Ikuti langkah-langkah membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce ini hingga selesai, lengkap hingga Anda memiliki sebuah toko online yang canggih.

1. Install WooCommerce
Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja menginstall WooCommerce. Silahkan login ke admin dashboard WordPress Anda, biasanya dengan mengakses URL domain*anda.com/wp-login.php.

Kemudian masuk ke Plugins => Add New dan silahkan cari WooCommerce. Install dan aktifkan kemudian ikuti setup wizard yang disediakan.

Atau Anda juga bisa men-download WooCommerce dan menguploadnya secara manual ke direktor /wp-content/plugins/ di server Anda melalui FTP atau File Manager hosting.

2. Ikuti Setup Wizard WooCommerce
Setelah menginstall dan mengaktifkan WooCommerce, Anda akan dihadapkan pada setup wizard atau panduan penginstallan. Klik tombol Let’s Go untuk mengikuti langkah-langkah setup.

Page Setup
Di bagian Page Setup, WooCommerce akan secara otomatis membuat halaman-halaman penting seperti Shop (Landing Page utama penjualan produk), Cart (halaman keranjang belanjaan), Checkout (halaman pembayaran), dan My Account Pages (halaman akun pelanggan nantinya).

Agar WooCommerce bisa dengan otomatis membuatkan halaman penting tersebut untuk Anda silahkan klik opsi Continue.

Store Locale Setup
Bagian ini berfungsi untuk menentukan lokasi di mana produk bisnis Anda dijual, mulai dari negara dan provinsi hingga mata uang dan satuan ukuran standar.
Where is your store based? => Pilih Indonesia bila produk/bisnis online Anda berdomisili di Indonesia.
Which currency will your store use? => Pilih IDR atau Rupiah sebagai mata uang utama.
Which unit should be used for product weights? => Pilih Kg (kilogram) sebagai satuan beratnya.
Which unit should be used for product dimensions? => Pilih cm (sentimeter) sebagai satuan dimensi.

Shipping & Tax Setup
Bagian ini memungkinkan Anda untuk menentukan apakah Anda akan mengenakan pajak terhadap produk yang dijual dan menentukan apakah Anda akan mengirim produk fisik ke alamat pelanggan Anda.

Silahkan centang opsi pertama bila Anda menjual produk fisik ke pelanggan Anda dan centang opsi kedua jika Anda mengenakan pajak untuk produk tersebut.

Anda juga bisa menggunakan Plugin Ongkos Kirim untuk menyertakan harga pengiriman berdasarkan lokasi secara otomatis pada halaman pembayaran dengan kurir pengiriman seperti JNE, POS Indonesia, hingga TIKI. Cek Plugin Ongkos Kirim.

Payments
Bagian ini secara khusus memberikan Anda kebebasan dalam memilih metode pembayaran yang tepat untuk toko online Anda.

Secara default, ada beberapa pilihan metode pembayaran dari pihak ketiga yang bisa diintegrasikan dengan WooCommerce, antara lain Stripe, Paypal, Transfer Bank, pembayaran melalui Cek, hingga Cash on Delivery (COD).
Bila Anda masih bingung dalam menentukan metode pembayaran, silahkan centang Bank Transfer untuk menggunakan metode pembayaran via transfer bank.

Atau Anda juga bisa menggunakan metode pembayaran pihak ketiga lokal yang bisa diintegrasikan dengan toko online Anda seperti Doku Wallet dan MidTrans.

Atau, Anda juga bisa download plugin WordPress buatan saya untuk menyediakan metode pembayaran via transfer bank lokal Indonesia, yakni Indonesian Banks.

Your Store is Ready!
Bila bagian ini sudah tampil, itu artinya untuk saat ini Anda sudah berhasil membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce.

Klik No Thanks bila Anda tidak ingin WooCommerce mengumpulkan data toko online Anda. Anda juga akan diberikan opsi untuk menjajakan produk pertama Anda di toko online yang baru tersebut.

Silahkan klik opsi Create your first product! dan ikuti langkah selanjutnya.
Menambahkan Produk di Toko Online WordPress Anda dengan WooCommerce

Selain menggunakan tombol tadi, Anda juga bisa mengklik menu Product => Add Product melalui admin dashboard toko online WordPress Anda.

Mulai dalam tahap ini, nantinya Anda sudah bisa menambahkan produk yang akan dijual berikut dengan mengelolanya, seperti menghapus, mengubah statusnya menjadi Stok Habis, merubah harga, menambahkan kode kupon diskon, hingga mengelola jumlah inventori untuk masing-masing produk.

Berikut langkah-langkahnya untuk membantu Anda memahami bagaimana menambahkan produk dengan WooCommerce sekaligus untuk mengelolanya.

Tambahkan Produk
Dari admin dashboard, silahkan pilih menu Product => Add New.

Judul/Nama Produk
Tambahkan nama produk dan usahakan agar produk tersebut SEO-optimized.
Deskripsi Detil Produk Lengkap

Di bagian text editor (bagian di mana Anda biasanya akan menulis artikel untuk blog WordPress Anda) silahkan isikan detil produk yang panjang atau Long Description.

Kemudian, mari menggali lebih dalam tentang masing-masing informasi yang disediakan oleh plugin WooCommerce.

Product Data


Di bagian ini, Anda bisa mengklasifikasikan setiap produk, entah itu produk Virtual (tipe produk yang tidak perlu pengiriman, misalnya jasa sponsored article) atau Downloadable (produk digital yang bisa di-download, seperti ebook). Centang masing-masing opsi jika produk Anda memang virtual maupun downloadable.

Kemudian di bagian dropdown, Anda dapat memilih tipe produk entah itu:
Simple Product: Bila Anda menjual satu jenis produk saja. Produk ini biasanya apa saja yang berbentuk fisik dan bisa dikirim ke alamat, contohnya adalah celana jeans.
Grouped Product: Kumpulan dari beberapa produk yang bisa dibeli secara terpisah/satuan, misalnya satu set piring.
External/Affiliate Product: Produk afiliasi seperti Amazon atau eBay yang dijual di toko online Anda dan nanti apabila pengunjung membelinya, mereka akan diarahkan ke website eksternal tersebut untuk melanjutkan pesanan.
Variable Product: Satu produk memiliki banyak variasi, entah itu warna dan ukuran yang variatif.

General


Di bagian General, masukkan juga regular price dan sale price di masing-masing kotak yang tersedia.

Beda Regular dan Sale Price adalah adalah, regular price mengindikasikan harga normal produk tersebut sementara sale price merupakan harga jual ketika didiskon (bila ada).
Anda bahkan bisa menjadwalkan sale price dengan tombol yang tersedia, diskon dari kapan hingga kapan.

Inventory


Bagian ini secara khusus mengatur tentang inventori produk tersebut. Silahkan ini Stock Keep Unit (SKU) produk Anda jika ada, centang opsi Manage Stock jika Anda ingin mengelola stok .
Stock status berguna untuk memberikan informasi kepada pelanggan bahwa produk tersebut sedang tersedia (In Stock) atau sudah kehabisan stok (Out of Stock).

Centang opsi Sold individually jika Anda hanya ingin menjual 1 barang per produk tersebut. Mencentang opsi ini artinya, Anda hanya memperbolehkan pembeli untuk membeli satu barang dalam sekali pembelian/pemesanan.

Shipping
Perhatikan detil berikut:
Weight: isi dengan berat produk tersebut (dalam satuan yang tadi sudah ditentukan)
Dimensi: dimensi produk tersebut yakni panjang x lebar x tinggi.
Shipping Class: digunakan untuk mengelompokkan metode pengiriman barang untuk koleksi produk tertentu.

Linked Products


Anda bisa sekaligus mempromosikan produk lain ketika seorang pelanggan melihat produk ini.

Anda bisa menjual produk serupa dengan harga yang lebih mahal, atau menghubungkannya dengan produk setipe lainnya. Cari saja produk tersebut di bagian Up-sells dan Cross-sells. Berikut rinciannya:
Up-sells: Produk yang ditentukan pada bagian ini akan tampil di halaman produk, dan umumnya digunakan untuk mendorong pelanggan agar membeli produk tersebut (yang biasanya lebih mahal).
Misalnya Anda menjual Kemeja A seharga Rp 100.000, dan produk yang Anda pilih di Up-sells merupakan Kemeja B yang dijual seharga Rp 150.000. Ketika halaman Kemeja A dibuka, maka Kemeja B juga akan tampil, sehingga pelanggan kemungkinan akan membeli produk yang harganya lebih mahal sekaligus dengan produk yang ia lihat.
Contohnya bisa Anda lihat di halaman ini.
Cross-sells: Produk yang ditentukan sebagai Cross-sells umumnya akan terlihat di halaman Cart/keranjang belanjaan.
Misalnya, pelanggan memasukkan produk Laptop ke keranjang belanjaan mereka. Produk yang biasanya dikategorikan dalam Cross-sells adalah produk terkait seperti mouse atau keyboard dan sebagainya.
Grouping: Di bagian Grouping, cari koleksi produk serupa bila ada.
Attributes

Di bagian ini Anda bisa memberikan detil lebih lengkap tentang produk Anda, bahkan bisa dijadikan sebagai bagian dari variasi produk (Variable Product pada bagian Product Data).

Misalnya, di bagian Custom product attribute, silahkan klik tombol Add. Silahkan isi kotak Name dengan jenis atribut yang ingin Anda gunakan sebagai variasi produk. Dan di bagian Value(s), isi dengan detilnya dan pisahkan dengan tanda “|” tanpa tanda kutip.

Misalnya, saya menggunakan atribut Warna. Di bagian Value(s) saya mengisi warna apa saja yang terdapat pada produk saya. Pisahkan dengan tanda “|” tanpa tanda kutip bila Anda memiliki lebih dari satu value.
Advanced
Purchase note – Isi dengan catatan khusus (opsional) yang akan dikirimkan kepada pembeli setelah mereka membeli produk tersebut.
Menu order – Kustomisasikan urutannya.
Enable Reviews – Centang apabila Anda memperbolehkan pembeli untuk memberikan review terhadap produk tersebut.
Deskripsi Singkat Produk

Lain dengan deskripsi panjang di bagian awal, di bagian ini Anda hanya perlu mengisi detil tentang produk Anda secara ringkas. Penggunaannya sama seperti ketika Anda menulis artikel di blog WordPress, yakni WYSIWYG.

Foto Produk Utama & Galeri Foto Produk


Karena toko online pastinya akan kurang bila tidak ada produk, maka di bagian ini Anda bisa menambahkan foto produk Anda agar penjualannyapun bisa laris.
Karena Anda berjualan online, pembeli akan sangat mempertimbangkan pembeliannya melalui foto produk.

Foto produk juga membantu pelanggan Anda dalam memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak.
Di bagian sebelah kanan terdapat opsi di mana Anda bisa menambahkan foto produk utama/featured image dan membuatkan galeri berisi foto-foto produk tersebut.

Contohnya, bila Anda menjual Kemeja berwarna biru, Anda tentu harus memajang foto kemeja tersebut.

Anda bahkan bisa juga menambahkan galeri foto produk Anda dengan foto-foto dengan warna yang lain. Ketika pembeli membuka halaman produk, ia bisa melihat semua foto tersebut nantinya, sehingga akan mendorong ia untuk membeli.

Kategori dan Tag Produk
Di bagian ini Anda bisa menentukan termasuk ke dalam kategori dan tag mana produk yang sedang Anda muat. Bila Anda menjual Kemeja, maka Anda bisa membuat kategori (klik opsi Add New Category) bertuliskan Kemeja, dan seterusnya, sama dengan tag.
Setelah semuanya selesai, silahkan Klik Publish dan lihat tampilan produk Anda.

Penutup
Nah setelah semuanya selesai, berarti Anda saat ini sudah berhasil membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce dan sudah berhasil menjajakan produk pertama Anda di toko online baru tersebut.
Membuat toko online dengan WordPress, dengan bantuan WooCommerce tidaklah sesusah yang selama ini Anda bayangkan, bukan?

Apalagi, Anda bisa membuatnya sendiri tanpa bantuan developer yang biasanya mahal fee-nya. Anda bisa berlatih sembari terus mempelajari seluk-beluk WooCommerce.
Di bagian selanjutnya kita akan membahas lebih dalam mengenai fitur-fitur yang terdapat di WooCommerce sehingga membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce dapat menghasilkan toko online yang canggih bagi Anda.

Sumber:
seniberpikir.com

15 Fitur yang Wajib Dimiliki Toko Online

Setiap website memiliki kekurangan, kelebihan dan keunikannya masing-masing. Bahkan banyak website yang terus diperbarui mengikuti perkembangan desain web, seperti penggunaan animasi, preview produk secara 360 derajat, fitur filter berdasarkan harga termurah atau termahal, dan sebagainya.

Namun, mengikuti tren seperti itu tak menjamin bahwa tingkat konversi yang didapatkan akan tinggi. Ada beberapa fitur dalam website, khususnya toko online yang harus tersedia untuk bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

1. Kemudahan Penggunaan Bagi Pelanggan
Kesederhanaan adalah salah satu hal terpenting ketika membicarakan mengenai desain website. Menurut penelitian, 76% pelanggan toko online mengatakan bahwa hal terpenting dari sebuah website adalah kemudahan penggunaannya.
Maksud dan tujuan hal ini adalah untuk membantu pembeli mendapatkan apa yang mereka inginkan secara cepat dan mudah tanpa perlu melewati proses yang bertele-tele dan tidak penting.

Pelanggan toko online tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja, sehingga Anda harus fokus menampilkan fitur seperti kategori produk, filter dan kemampuan untuk membandingkan antara beberapa produk.
Selain itu, pertimbangkan untuk menambahkan kolom review yang mudah diisi dan ditemukan untuk membantu pelanggan lain dalam memutuskan sebuah transaksi.

2. Foto dan Video High-Resolution
Perkembangan zaman dan teknologi saat ini membuat pelanggan ingin bisa melihat dengan jelas produk yang mereka sukai. Hal ini kemudian mengharuskan Anda menyediakan informasi produk berupa foto dan video, bukan hanya teks saja.

Pastikan foto dan video produk Anda memiliki resolusi tinggi dan bisa diperbesar (zoom). Selain itu, tingkat pelanggan akan menurun sebesar 39% jika foto dan video Anda membutuhkan waktu yang lama untuk bisa terbuka dengan baik.
Website toko online harus menampilkan lebih dari satu foto per produk yang beresolusi tinggi dan sudah dioptimisasi agar mudah dibuka pada halaman website.

3. Website Mobile Friendly
Kini semua website wajib mobile friendly untuk bisa memberikan performa yang baik, apalagi website toko online. Pasalnya, satu dari tiga transaksi belanja online dilakukan melalui perangkat mobile, tidak hanya dari PC saja.
Website mobile friendly dan responsif bisa beradaptasi dengan semua perangkat dan memberikan pengalaman pengguna atau UX (user experience) yang baik bagi pelanggan.

4. Review Pelanggan
Pelanggan toko online ingin memastikan kualitas produk yang ingin dibeli dari hasil review pelanggan lainnya. Bahkan, 92% pelanggan mengatakan review menggunakan peringkat bintang (star rating) adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keputusan mereka.

Mungkin awalnya Anda takut dengan kemungkinan adanya review yang buruk, namun sebenarnya terkadang review negatif bisa membantu. Selain bisa mengetahui kekurangan produk dan mengevaluasinya, review yang sepenuhnya positif juga bisa dianggap palsu karena dicurigai oleh pelanggan.
Tergantung pada website masing-masing, website toko online bisa menggunakan plugin dari beberapa platform review yang populer termasuk Yelp, Foursquare dan Facebook.

5. Penawaran Khusus
Umumnya website toko online memberikan penawaran khusus melalui email, media sosial, SMS dan sebagainya. Website toko online yang terupdate kini bahkan menawarkan promo melalui header website mereka.

Ketika pelanggan mengetahui informasi tersebut, maka mereka akan terdorong untuk berbelanja semakin banyak dan menghabiskan banyak waktu di website Anda.
Jika website toko online Anda menggunakan promosi yang sedang berlangsung, buat halaman khusus yang menarik berisi list penawaran dan promosi.

6. Wish List
Website toko online yang tak dilengkapi dengan fitur Wish List bisa kehilangan kesempatan mendapatkan pelanggan baru. Memungkinkan pelanggan untuk menandakan atau “menyimpan” produk yang mereka sukai adalah hal yang sangat efektif untuk menghasilkan transaksi di waktu selanjutnya.

Fitur Wish List juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk branding kepada pelanggan baru. Ketika pelanggan share wish list mereka ke orang lain, maka website Anda mendapatkan traffic dan social proof secara langsung.

7. Find-in-Store
Tidak semua website toko online memiliki toko fisik atau offline, dan mungkin saja ini terjadi pada Anda. Untuk mengatasi ini, sebaiknya Anda menyediakan fitur Find-in-Store yang akan mengarahkan pelanggan untuk mendapatkan barang tersebut di toko offline lain.
Banyak pelanggan yang membuka sebuah website hanya untuk mencari informasi saja sebelum melakukan transaksi secara langsung di toko offline, khususnya kaum millenial. Fitur ini memungkinkan Anda pula untuk membantu toko fisik lokal lainnya.

8. Related Item
Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa menambahkan fitur khusus Related Item hanya dengan menggunakan teks sederhana seperti “Mungkin Anda menyukai ini”.
Related item tidak harus merupakan produk yang mirip, namun produk yang saling melengkapi. Misalnya saja kopi bubuk dengan mesin penggiling biji kopi, atau baju pria dengan dompet pria.

9. Frequently Asked Questions (FAQ)
Ketika pelanggan ingin membeli produk tertentu, khususnya yang memiliki harga tinggi, mereka membutuhkan informasi detail mengenai produk tersebut.
Misalnya saja jam tangan mewah, pelanggan ingin mengetahui tentang detail produk dan keaslian serta jaminan produk tersebut untuk merasa nyaman dan yakin untuk membeli. Untuk itu, fitur FAQ termasuk detail informasi perlu Anda gunakan demi mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan.
Lengkapi fitur FAQ dengan sebuah “area” yang memungkinkan pelanggan untuk menanyakan hal lain yang tidak ada di dalam daftar FAQ.

10. Social Proof
Brand dan toko online yang berhubungan baik bisa menciptakan sebuah kepercayaan tersendiri. Tidak dibutuhkan upaya yang sulit untuk bisa membangun hubungan sosial dengan pelanggan Anda, misalnya saja dengan media sosial beserta dengan kontennya yang interaktif.
Media sosial memungkinkan brand membangun hubungan sosial dan emosional dengan pelanggan dan follower. Brand yang sudah memiliki bukti sosial atau social proof seperti itulah yang mendapatkan kepercayaan publik.

11. Fitur Keamanan
Website toko online adalah sasaran empuk bagi cyber crime karena berisikan banyak informasi krusial pelanggan dan perusahaan atau brand itu sendiri. Oleh karenanya, Anda sebagai pemilik website toko online harus menjamin keamanan pelanggan untuk berbelanja dengan menjaga informasi personal mereka.
Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan untuk menjamin keamanan antara lain adalah kepemilikan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer), Firewall dan Login ganda.

12. Pilihan Pembayaran yang Mudah
Bayangkan jika pelanggan di website toko online Anda dapat melakukan transaksi dan melakukan pembayaran hanya dengan satu kali klik tombol saja. Cara pembayaran yang mudah adalah salah satu faktor pendorong transaksi para pelanggan.

Pasalnya mereka akan pindah ke kompetitor Anda untuk mencari produk yang sama jika diharuskan membayar dengan cara yang rumit.
Ada banyak pilihan pembayaran online yang populer. Kuncinya adalah memahami siapa pelanggan Anda dan apa solusi yang paling efektif. Sediakan beberapa opsi atau pilihan pembayaran untuk disesuaikan dengan keinginan masing-masing pelanggan.

13. Informasi Pengiriman Barang
Penting bagi setiap website toko online untuk menampilkan informasi mengenai pengiriman pada saat proses checkout, termasuk kalkulator untuk menghitung biaya kirim ke setiap daerah. Masukkan juga fitur yang memungkinkan pelanggan untuk memilih tanggal dan waktu pengiriman.

14. Halaman Kontak Informasi
Hal utama lainnya yang harus Anda sediakan dalam website toko online adalah kontak informasi atau yang biasa disebut dengan “Contact Us”.
Jangan pernah menyulitkan pelanggan yang ingin menanyakan atau membutuhkan sesuatu. Walaupun secara teknis hal ini bukan sebuah fitur, namun Anda tetap harus menyediakannya termasuk informasi beberapa platform yang bisa digunakan pelanggan seperti telepon, email ataupun formulir online.

15. Kebijakan Pengembalian Barang
Kebijakan pengembalian merupakan fitur penting dari setiap website toko online karena merupakan salah satu fitur untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Fitur ini meyakinkan pembeli bahwa Anda bersedia bertanggung jawab jika ada kesalahan pengiriman, produk yang rusak atau tidak sesuai dan sebagainya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 30% produk yang dibeli secara online akhirnya dikembalikan. Kemudian 92% pelanggan akan melakukan transaksi kembali di toko online yang sama jika proses pengembalian mudah dilakukan.
Sementara itu ada 67% pelanggan yang memeriksa terlebih dahulu halaman fitur kebijakan pengembalian barang sebelum mereka melakukan transaksi.

Sumber:
progresstech.co.id

15 Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online

Meningkatkan penjualan online adalah tujuan utama bagi kebanyakan bisnis, baik bisnis skala kecil maupun besar. Para pemilik bisnis yang sebelumnya hanya berjualan secara offline pun kini mulai berusaha menarik pelanggan di dunia maya melalui berbagai cara.
Kabar baiknya meningkatkan penjualan online tidak sesulit yang Anda bayangkan dan tidak semahal yang Anda perkirakan. Anda bisa meningkatkan penjualan online bahkan dengan modal minim sekalipun.

1. Tampilkan Ulasan
Opini dari konsumen adalah faktor penting bagi calon konsumen lainnya. Jika sebuah toko online tidak memiliki layanan ini, maka konsumen akan mencari toko online lainnya yang menampilkan ulasan pembelian sebelumnya untuk meyakinkan mereka ketika akan melakukan pembelian.

Menampilkan ulasan menunjukkan keterbukaan dan kejujuran Anda sebagai pemilik toko online. Saat ini ada banyak plugin yang bisa membantu Anda mengatur fitur ini tanpa perlu adanya keterlibatan seorang web developer.
Terlebih lagi, disini Anda juga bisa menunjukkan layanan konsumen Anda jika memang ada keluhan dari konsumen. Hal ini memperlihatkan kinerja toko online yang baik dalam melayani konsumennya.

2. Pilih Payment Gateway Yang Tepat
Pemilihan payment gateway akan mempengaruhi banyak atau sedikitnya biaya yang Anda keluarkan serta keuntungan yang Anda dapatkan dalam hal saluran pembayaran untuk konsumen. Pelajari, misalnya apakah payment gateway yang akan Anda pilih bisa didukung oleh platform toko online Anda, berapa biayanya, seperti apa fitur keamanannya dan sebagainya.

Pilih payment yang sesuai dengan kebutuhan online shop dan konsumen Anda
Proses ini memang cukup rumit, tapi merupakan sebuah keputusan penting yang harus dibuat. Pemilihan payment gateway yang tepat bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran dan juga menghemat pengeluaran Anda.

3. Riset Kata Kunci Sejak Dini
Proses ini sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri ataupun mengandalkan agensi SEO untuk membantu Anda. Namun cara apapun yang Anda pilih, proses ini harus segera dilakukan dari awal.
Sambil melakukannya, investasikan sumber daya dalam membangun kesadaran produk Anda sendiri agar calon konsumen bisa mengetahui keberadaan produk toko online Anda.

4. Tambahkan Harga Perbandingan
Jika toko online Anda tidak memberikan harga termurah untuk sebuah produk, maka berikan jaminan bahwa Anda akan memberikan harga yang sebanding atau bahkan lebih murah dari toko online saingan Anda. Hal sederhana ini memiliki dampak meningkatnya konversi sebanyak 9% (hasil dari sebuah penelitian pada retail barang olahraga di Amerika Serikat).

5. Bangun Kepercayaan
Berdasarkan studi dari Actual Insights, lebih dari 75% konsumen menyatakan bahwa sebuah logo mempengaruhi kepercayaan mereka pada website toko online. Presentase lainnya yang bernilai sama juga menyatakan bahwa salah satu alasan konsumen tidak melakukan pembelian pada sebuah toko online adalah karena kurangnya kepercayaan mereka.
Oleh karena itu bangun kepercayaan toko online Anda terhadap konsumen dengan cara-cara seperti menampilkan logo, sertifikat ataupun penjelasan cara checkout yang aman.

6. Gunakan Google Analytics
Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk membuat kategori dan halaman arahan untuk produk yang paling dicari. Hal ini bisa membuat peringkat Anda di Google meningkat, yang lalu mendorong pengguna lebih cepat ketika melakukan pencarian sebuah produk yang berhubungan dengan toko online Anda. Dengan demikian, ini berarti akan ada semakin banyak pengguna yang meng-klik website toko online Anda dan lahirlah konversi yang tinggi.

7. Tampilkan Alamat dan Kontak
Konsumen baru yang tidak terbiasa dengan mereka Anda akan melakukan pembelian dengan rasa takut atau khawatir. Hal ini tidak mengherankan karena ada banyak sekali penyalahgunaan ataupun penipuan terhadap kartu kredit.
Beri mereka jaminan yang dibutuhkan seperti kontak informasi telepon agar konsumen bisa segera menghubungi Anda jika terjadi kesalahan.

8. Pengembalian Gratis
Banyak sekali toko online yang tidak memberikan layanan pengembalian gratis kepada konsumen mereka yang tidak puas dengan produk yang didapat. Maka, tambahkanlah layanan ini pada toko online Anda.
Menurut Comscore, setidaknya 51% konsumen online mengharapkan adanya layanan ini, dan 89% menyatakan mereka akan kembali berbelanja di toko online yang sama jika pengalaman mereka berjalan dengan baik.

9. Gunakan Kalimat yang Tepat
Faktor ini sangat penting terlebih bagi Anda yang menjual secara internasional. Hindari penggunaan bahasa slang atau kalimat percakapan ringan sehari-hari. Melainkan gunakan bahasa yang baku untuk menghindari kesalahpahaman dengan konsumen.

10. Sertakan Perkiraan Waktu Pengiriman
Fitur untuk memilih dan melihat tanggal pengiriman bisa lebih membantu dan melayani konsumen Anda. Buat fitur otomatis yang memberikan informasi kepada konsumen setelah pesanan dikirim, lalu biarkan konsumen bisa melacak pesanan mereka. Fitur seperti ini sangat penting untuk membangun rasa kepercayaan konsumen dan juga menghemat pekerjaan customer service.

11. Jemput Bola
Daripada menunggu dan membawa konsumen ke Anda, mengapa Anda tidak mencoba untuk menghampiri mereka melalui saluran seperti eBay atau Amazon. Walaupun Anda harus mengeluarkan biaya namun ini merupakan cara yang baik untuk memperluas jangkauan Anda dan mulai membangun database.

12. Pembeli Adalah Raja
Jangan menganggap konsumen Anda hanya sebagai seseorang yang sekali datang dan pergi. Anggap mereka sebagai nilai seumur hidup yang akan melakukan pembelian berikutnya. Sehingga Anda akan lebih proaktif dalam berkomunikasi dengan para konsumen.
Mulailah bangun database dari awal dan berkomunikasilah (dengan email misalnya) bersama dengan konsumen Anda sesering mungkin tanpa mengganggu waktu mereka.

13. Hadiri Konferensi
Sempatkan diri Anda untuk menghadiri banyak konferensi eCommerce dan pemasaran digital. Jika Anda serius pada bisnis online Anda, pertemuan ini akan membantu Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Anda juga bisa bertemu dengan orang lain pada bidang yang sama dan memiliki kemungkinan bekerja sama dengan mereka.

14. Gunakan Gambar Terbaik
Pastikan Anda menampilkan foto terbaik pada toko online Anda
Selalu investasi dalam aspek fotografi profesional. Gambar sebuah produk akan terlihat bagus baik di website maupun offsite (dari halaman Google) jika Anda mengandalkan keahlian fotografer profesional. Visual gambar yang mencolok bisa memberikan perbedaan besar terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.

15. Pilih Platform Website dengan Bijak
Proses yang satu ini harus dijalankan dengan penuh pertimbangan mengingat tingkat kepentingannya yang sangat tinggi. Bagi Anda yang merupakan pemula dalam bisnis online, disarankan untuk berani berpikir jangka panjang.
Tentukan apakah platform toko online Anda dapat beradaptasi seiring berkembangnya bisnis toko online Anda? Jika ya maka kemungkinan besar Anda akan menghemat pengeluaran karena tidak akan berganti-ganti platform.

1. Pilih Nama Domain yang Tepat
Identitas Anda di dunia maya sangatlah penting. Dengan domain yang tepat, Anda bisa membangun identitas bisnis yang terpercaya di internet. Selain itu, domain juga memudahkan konsumen untuk mengenali bisnis Anda.
Domain tidak harus selalu .COM. Ada banyak pilihan ekstensi domain yang bisa Anda gunakan untuk bisnis. Misalnya, Anda ingin membangun website toko online. Anda bisa menggunakan ekstensi domain .STORE.

Selain .STORE, masih ada berbagai ekstensi domain yang kualitasnya sama baiknya dengan .COM. Beberapa di antaranya adalah .SPACE, .ONLINE, .SITE, dan .WEBSITE.
Jadi ada banyak pilihan ekstensi domain untuk membuat nama domain yang tepat untuk bisnis Anda. Jika masih kebingungan, tak perlu khawatir. Kami sudah menyiapkan panduan menentukan domain terbaik untuk bisnis Anda di sini.

2. Pilih Platform yang Tepat untuk Website
Membuat website adalah pondasi utama supaya jualan online Anda semakin sukses dan berkembang. Jika di dunia nyata Anda punya toko fisik, di dunia maya website adalah toko Anda. Anda tidak bisa sembarangan memilih platform untuk website. Platform yang tidak tepat hanya akan merugikan Anda dan tentu saja pelanggan Anda.

Platform pembuatan website rekomendasi kami adalah WordPress. WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara platform pembuatan website lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu memilih ‘rumah’ terbaik untuk website Anda. Website yang Anda buat menggunakan WordPress membutuhkan hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file, dari gambar, HTML, hingga konten.

Meski fungsinya “hanya” untuk menyimpan file, Anda tak boleh sembarangan dalam memilih layanan hosting. Sebab, hosting abal-abal justru membuat website Anda lambat diakses atau malah tak bisa diakses sama sekali. Sebagai penjual hal macam ini sangat merugikan, bukan?
Maka dari itu, Anda perlu memilih hosting terbaik. Hosting yang membuat website bisnis Anda selalu online 24 jam, cepat diakses, dan juga aman.
Sesuaikan Paket Hosting dengan Kebutuhan Bisnis Anda!

3. Gunakan Tema Profesional
Setelah membuat website menggunakan WordPress dan menyewa layanan hosting terbaik, yang perlu Anda lakukan adalah memilih tema profesional. WordPress menyediakan banyak tema profesional secara gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Anda bisa mendapatkan beberapa inspirasi tema WordPress di artikel template WordPress gratis.

4. Dapatkan Pelanggan dari Trafik Organik
Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah kumpulan panduan dan teknik untuk membuat website Anda search engine friendly.

Kami sudah membahas langkah-langkah apa saja untuk mengoptimasi SEO WordPress Anda di artikel SEO WordPress untuk Website Anda dalam 16 Tips Mudah. Anda dapat mengikuti panduan tersebut dan menerapkannya di website Anda. Namun, harus dipahami juga bahwa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dari SEO. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menerapkan teknik SEO.

5. Susun Strategi Content Marketing
Content marketing adalah strategi membuat konten yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Penerapan strategi content marketing memungkinkan Anda untuk mendapatkan trafik yang berpotensi untuk menjadi konsumen.
Selain itu, konten yang bermanfaat dapat membantu Anda menarik perhatian konsumen. Bahkan membuat mereka loyal pada bisnis Anda. Ini merupakan prinsip dari inbound marketing.

Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi content marketing adalah dengan menambahkan blog ke website Anda. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara terpisah.
Di blog tersebut Anda bisa menerbitkan konten-konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan trafik ke website Anda. Anda juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di blog agar para pengunjung blog membeli produk yang Anda jual di website.

6. Buat Keputusan Berdasarkan Google Analytics
Kebanyakan para pebisnis pemula hanya memanfaatkan intuisi dan perkiraan untuk menentukan keputusan penting untuk bisnis. Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan perkiraan dan intuisi bisa membuat bisnis Anda tidak terarah.

Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis sebaiknya gunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics dapat membantu Anda menyediakan data akurat mengenai perkembangan yang terjadi di website Anda. Dari jumlah pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk mana yang paling laku, halaman mana yang memberikan kinerja bagus, hingga jumlah pengunjung yang meninggalkan website.

7. Manfaatkan Media Sosial
Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.

Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, Anda perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Anda perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial.

8. Aktif di Komunitas Online
Komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon konsumen Anda. Temukan forum-forum online yang berkaitan dengan industri Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis traveling, Anda bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang traveling dan liburan.

Di forum-forum tersebut Anda bisa menemukan tren terbaru di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk industri Anda. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda berdasarkan temuan dari forum-forum online tersebut.

9. Tunjukkan Testimoni Pelanggan
Testimoni pelanggan bisa menjadi senjata Anda untuk meyakinkan calon konsumen. Kumpulan testimoni pelanggan bisa mempengaruhi calon konsumen yang sebelumnya ragu dengan produk Anda menjadi yakin untuk mencoba. Anda bisa meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing page, atau bahkan halaman utama website Anda.

10. Sediakan Berbagai Macam Metode Pembayaran
Pelanggan Anda tidak hanya menggunakan satu bank tertentu. Ada yang menggunakan BCA, BNI, Bank Permata, Bank Danamon, BRI, atau Bank Mandiri. Ada juga yang lebih suka membayar melalui kartu kredit atau mobile payment tertentu seperti Go-Pay, OVO, dan T-Cash.

Tawarkan berbagai macam metode pembayaran untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam membayar tagihan mereka. Menambah metode pembayaran turut membantu meningkatkan penjualan online bisnis karena pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk membayar. Salah satu contohnya adalah Niagahoster bekerja sama dengan Go-Pay untuk mempermudah klien untuk membayar tagihan hosting, domain, atau VPS.

11. Buat Iklan yang Jujur
Kejujuran dalam membuat iklan adalah hal krusial untuk reputasi bisnis Anda. Anda memang harus membuat iklan yang unik, kreatif, dan menarik. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menyisipkan klaim-klaim tidak jujur dalam iklan. Iklan yang tidak jujur hanya akan memperburuk kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen.

12. Optimasi Mobile
Optimasi website untuk perangkat mobile merupakan hal wajib untuk semua bisnis. Hal ini disebabkan oleh perilaku pengguna internet Indonesia yang mayoritas menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet.

Berdasarkan riset Google, sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Mayoritas pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui smartphone karena lebih mudah dan lebih cepat diakses. Sebagai pemilik website Anda harus menjawab tantangan ini dengan mengoptimasi kecepatan loading website di perangkat mobile.

Selain penting untuk kenyamanan pengguna perangkat mobile, website yang dioptimasi untuk perangkat mobile juga lebih disukai oleh Google. Sejak 2017, Google telah resmi menerapkan mobile-first indexing yang artinya performa website Anda di perangkat mobile menjadi salah satu faktor terpenting dalam penilaian Google. Lebih bagus performa website di perangkat mobile, kemungkinan lebih tinggi pula peringkat yang bisa diperoleh di hasil pencarian Google.

13. Manfaatkan PPC
PPC adalah kependekan dari Pay Per Click, salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Sistem periklanan seperti ini cocok diterapkan di berbagai jenis bisnis, baik bisnis skala kecil, menengah, atau perusahaan besar sekalipun. Sistem periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram.

PPC memungkinkan Anda untuk mengatur berapa banyak audiens yang ditargetkan untuk suatu iklan. Anda bebas mengatur jumlah audiens iklan Anda, bisa 10 ribu audiens, 20 ribu audiens, atau bahkan 50 ribu audiens. Tentu lebih banyak audiens yang ditargetkan, lebih banyak juga uang yang Anda keluarkan.

Selain itu, Anda juga bisa mempersempit spesifikasi audiens yang Anda targetkan. Misalnya, bisnis Anda adalah pakaian bayi, Anda bisa menargetkan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda, yaitu ibu. PPC juga memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens berdasarkan lokasi sehingga Anda bisa fokus pada lokasi tertentu yang menjadi sasaran bisnis Anda.

14. Terapkan Strategi FOMO
FOMO adalah singkatan dari fear of missing out yang arti harfiahnya “takut ketinggalan”. Fear of missing out adalah istilah psikologis yang menggambarkan perilaku manusia yang gelisah jika ketinggalan tren atau hal-hal yang menyenangkan.

Dalam bisnis, Anda bisa memanfaatkan perilaku tersebut untuk meningkatkan penjualan online. Pada dasarnya Anda perlu membangun kegelisahan calon konsumen Anda dengan meyakinkan mereka bahwa promosi yang Anda tawarkan adalah langka dan jarang terjadi.

15. Tingkatkan Kecepatan Website
Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website Anda. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website Anda di penilaian Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.

Selain itu, pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

16. Manfaatkan Email Marketing
Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Gary Thuerk adalah orang pertama yang mengirimkan email marketing pada tahun 1978. Sejak saat itu, email dikenal sebagai salah satu alat marketing yang efektif. Pada tahun 2017, dari 205 milyar email yang terkirim setiap harinya, 120 milyar di antaranya adalah email bisnis yang di dalamnya termasuk email marketing.

Beberapa orang mungkin menganggap email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, fakta berkata sebaliknya, penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company menunjukkan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh konsumen dibandingkan Facebook dan Twitter. Efektivitas yang tinggi ini mungkin disebabkan perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka, yaitu kotak masuk email.

Selain itu, 59 persen konsumen bersedia untuk menjadi berlangganan email marketing atau newsletter jika ada penawaran yang diberikan. Penawaran tersebut bisa berupa kupon atau diskon spesial. Menurut penelitian sebanyak 65 persen konsumen mendapatkan kupon diskon dari email marketing. Hal ini menunjukkan bahwa email marketing mendorong konsumen untuk berbelanja baik online maupun langsung ke toko.

Kesimpulan
Cara meningkatkan penjualan online dapat dikuasai siapa saja. Bagi para pemula, mungkin menerapkan 15 cara di atas sekaligus akan terasa sulit. Namun, Anda bisa menerapkan cara meningkatkan penjualan online di atas satu per satu agar lebih mudah.
Dengan langkah yang tepat, bukan tidak mungkin penjualan online Anda bisa mencapai target yang diharapkan.

Sumber:
niagahoster.co.id, progresstech.co.id