Thursday, October 29, 2020

8 Hal yang Wajib Anda Lakukan Agar Dapat Mempelajari Hal Baru Setiap Harinya

Tidak perlu menjadi jenius untuk dapat mempelajari sesuatu dengan cepat. Bagaimanapun juga, belajar adalah keterampilan yang harus Anda kembangkan dari waktu ke waktu.
Meskipun pada awalnya mungkin membuat Anda frustrasi untuk mengatasi kebiasaan seperti apa yang akan bekerja untuk Anda.

Namun dengan berusaha terus melakukannya, Anda akan menjadi jauh lebih baik dalam jangka panjang.
Itulah mengapa di artikel kali ini, KoinWorks akan membahas beberapa metodologi untuk dapat mempelajari sesuatu dengan cepat dan efisien.

1. Mulai dengan Sesuatu yang Sederhana
Mungkin salah satu hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari keterampilan baru adalah memikirkan bagaimana cara menggunakannya dalam bentuk yang paling sederhana.
Misalnya, saya ingin belajar sesuatu seperti piano. Tujuan awal saya adalah menjadi salah satu yang menerapkan progresi akord dan melodi sederhana, seperti lagu pop.

Hal ini memungkinkan saya untuk mulai mengerjakan konsep yang bisa dimengerti yang bisa saya eksekusi daripada membaca banyak teori yang mungkin tidak dapat saya terapkan.

2. Bicara Melalui Seseorang
Jika Anda pernah menghafal pidato, berarti Anda tahu seberapa efisien metode menghafal ini. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Montreal University, para siswa diminta membaca kata-kata di layar, beberapa secara verbal pada kata-kata itu sendiri sementara yang lain membaca tanpa suara.

Apa yang mereka temukan adalah bahwa dengan tindakan membaca dan verbalisasi, otak Anda akan mengaitkan informasi multisensori dengan teks.
Praktik ini benar-benar bisa bekerja jika Anda melakukannya, dan sangat disarankan untuk berlatih sambil berjalan atau mengemudi di suatu tempat.

3. Tulislah Semuanya
Ini bukan hanya soal membuka notepad di ponsel atau laptop Anda dan menuliskan beberapa butir hal yang akan dipelajari, tapi secara fisik sungguh-sungguh mengambil pena dan selembar kertas untuk dikirim ke memori otak.
Seperti yang dicatat dalam sebuah studi oleh Betsy Sparrow di Universitas Columbia, ketika kita terlalu mengandalkan komputer untuk mengingat sesuatu, kita cenderung tidak melakukan hal itu sendiri.

4. Beristirahat
Jika Anda bisa menukar harga penundaan satu minggu di Facebook, Instagram atau gangguan lainnya untuk libur, apakah Anda akan melakukannya?
Kemungkinan besar begitu, karena sebagai manusia kita perlu istirahat dari kerja. Beristirahat terbukti membantu kita menjadi lebih produktif.

Itulah mengapa mendedikasikan waktu istirahat, termasuk menerapkan daya tidur siang, yang seperti ditunjukkan oleh penelitian, dapat membantu meningkatkan energi untuk menyelesaikan pembelajaran Anda dengan lebih cepat.

5. Terus Berlatih
Kita semua pernah mendengar nasehat bahwa jika Anda menghabiskan 10.000 jam latihan, Anda akan menjadi ahli dalam hal itu.
Tentunya pertanyataan tersebut merupakan sesuatu yang benar, karena dengan total jam latihan yang banyak akan membuat Anda terbiasa dengannya.

Manusia bisa melakukan sesuatu karena mereka terbiasa melakukannya. Maka dari itu, jika Anda ingin mempelajari sesuatu dengan cepat, latihlah skill itu secepat dan sesering mungkin agar dapat menjadi master dalam hal tersebut.

6. Temukan Nilai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Sangat sulit untuk menemukan penggunaan suatu skill yang tidak dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Jujur, sudah berapa kali Anda mendengar seseorang bertanya mengapa mereka harus belajar kalkulus di SMA?
Selain itu, sementara kalkulus mungkin tidak memiliki aplikasinya langsung di toko bahan makanan, beberapa orang mungkin melihat bagaimana hal itu sesuai dengan gambaran yang lebih besar.

Tujuan di sini bermuara pada bagaimana Anda menemukan ketertarikan pada suatu subjek, dan mengapa Anda jatuh cinta padanya.
Di saat skill yang dipelajari dapat berguna dan diterapkan di masa depan, secara tanpa sadar Anda pasti akan lebih cepat mempelajarinya.

7. Lakukan Meditasi
Sementara beberapa orang menganggap meditasi itu tidak diperlukan, sebenarnya telah terbukti menjadi latihan mental yang hebat.
Sebagaimana dicatat dalam sebuah studi yang dipresentasikan oleh MIT, peserta yang bermeditasi selama periode delapan minggu mampu mengendalikan irama alfa lebih baik.

Bagian otak Anda yang akan membantu arus informasi serta membatasi gangguan yang ada. Secara keseluruhan, ini bisa menjadi salah satu metode terbaik untuk meningkatkan konsentrasi dalam mempelajari sesuatu.
Cobalah untuk meluangkan beberapa menit dari hari Anda demi melakukannya juga, pastilah Anda akan tercengang dengan hasilnya.

8. Cobalah Untuk Terbuka Dengan Dunia Luar
Poin utama dari semua hal di atas adalah keterbukaan Anda dengan dunia luar. Di saat Anda dapat berpikir secara open mind, maka Anda akan dengan mudah mampu menemukan sesuatu yang pantas Anda pelajari.
Kemudian di saat sesuatu itu akan berguna bagi masa depan, maka Anda pastilah akan sesegera mungkin ingin mempelajarinya.

Jadi, menjadi seseorang yang open minded akan membuat Anda menjadi pribadi yang mampu mempelajari sesuatu lebih cepat dari kebanyakan orang.
Anda akan cenderung mendapatkan informasi terbaru lebih cepat, karena Anda akan selalu bersifat uptodate akan perkembangan yang ada.

Di masa muda, akan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin menjadi produktif di masa depan, khususnya dalam hal mengatur keuangan.
Selagi muda, Anda wajib menginvestasikan uang yang dimiliki daripada hanya sekedar menabungkannya.

Ingat, menabung tidak akan membuat uang Anda bertambah, tapi berinvestasi akan membuatnya bertambah.
Semakin rutin Anda berinvestasi, semakin besar bunga efektif yang akan Anda terima, apalagi bila menginvestasikan kembali pengembalian yang didapat. Masih ragu? Mulai investasi sekarang dan siapkan keuangan di masa mendatang!

Sumber: