Thursday, October 29, 2020

14 Strategi Promosi Toko Online untuk Meningkatkan Penjualan

Menawarkan diskon atau promo kepada pelanggan toko online Anda merupakan strategi terbaik untuk menarik perhatian mereka. Namun jika dijalankan dengan cara yang salah, hal ini justru akan merugikan Anda.

Ada pendapat pro dan kontra ketika membicarakan penawaran diskon atau promo, terlebih di kalangan pebisnis online. Jika ingin berhasil, Anda harus memperhitungkan strategi bisnis Anda terlebih dahulu sebelum menawarkan diskon atau promo.

Jika Anda mementingkan branding tanpa harus mendapatkan margin besar, sebaiknya Anda menyusun strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
Di sisi lain, jika Anda menginginkan margin yang besar, maka penawaran diskon atau promo adalah pilihan yang tepat.

Strategi promosi toko online
Ada beberapa jenis penawaran yang bisa Anda lakukan. Seperti jenis penawaran umum berikut ini.
Diskon berbasis persentase: Cara yang paling populer untuk menawarkan diskon adalah diskon berbasis persentase.

Ini bisa termasuk persentase insentif kecil seperti diskon 5% atau 10%, diskon lebih besar untuk mendorong penjualan seperti 20% dan 25% atau persentase besar seperti 50% untuk melikuidasi barang lama.
Diskon berbasis nominal: Penawaran diskon yang dengan nominal tetap akan membuat orang merasa mereka membuang-buang uang jika tidak menggunakannya.

Menurut beberapa studi, diskon dengan nominal meningkatkan penjualan 175% lebih tinggi dibanding diskon dengan persentase.
Jika harga produk cukup terbilang murah maka gunakan diskon persentase, sebaliknya jika harga produk lebih tinggi gunakan diskon nominal. Dengan begini konsumen akan lebih tertarik secara psikologis untuk membeli produk Anda.

Gratis ongkos kirim: Biaya kirim sering disebut sebagai salah satu penyebab konsumen tak jadi berbelanja secara online. Menawarkan free shipping atau pengiriman gratis adalah cara yang bagus untuk meningkatkan konversi.
Gunakan penawaran ini dengan persyaratan pembelian minimum untuk meningkatkan nilai pesanan konsumen.

Anda juga dapat membatasi jenis diskon ini ke negara dan grup pelanggan tertentu, dan menghindari pemotongan margin Anda dengan mengecualikan tarif pengiriman dalam jumlah tertentu.
Hadiah gratis: Hadiah gratis dengan pembelian bisa menjadi cara terbaik untuk memberi nilai tambah bagi pelanggan.

Jika digunakan secara strategis, juga dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah pembelian dan menyingkirkan produk lama atau tidak laku.

Cara menggunakan penawaran untuk mendorong penjualan
Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penawaran dan diskon untuk untuk mendorong akuisisi dan konversi pelanggan. Beberapa di antaranya adalah:
1. Diskon mingguan atau bulanan
Ini adalah cara tradisional yang digunakan untuk mendorong peningkatan penjualan. Sering kali diskon diadakan pada akhir bulan atau kuartal untuk meningkatkan pendapatan agar memenuhi proyeksi dan sasaran.

2. Penawaran prelaunch
Jika Anda masih berada dalam tahap prelaunch atau mungkin bahkan meluncurkan produk baru, Anda dapat menggunakan penawaran prelaunch untuk menarik minat pelanggan.
Berikan harga khusus untuk penawaran prelaunch yang diadakan dalam jangka waktu tertentu. Anda juga bisa memberikan hadiah khusus untuk pembelian pada saat prelaunch.

3. Penawaran spesial liburan
Natal, Idul Fitri dan Tahun Baru adalah waktu libur panjang yang tidak hanya untuk pelajar, namun juga untuk para pekerja. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memberikan penawaran terbaru.
Berikan diskon khusus untuk masa liburan dalam jangka waktu tertentu di mana banyak orang akan berbelanja.

4. Tawaran untuk keranjang yang ditinggalkan
Berdasarkan riset, ada sekitar 70% konsumen yang meninggalkan keranjang belanja mereka, tidak jadi melakukan pembelian. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.
Membuat penawaran melalui email untuk mengingatkan konsumen tentang produk yang sudah mereka masukkan ke keranjang tapi belum checkout adalah cara yang tepat untuk membawa mereka kembali menyelesaikan transaksi.

Kirimikan email marketing berisi penawaran diskon tertentu untuk keranjang belanja yang mereka tinggalkan. Hal ini akan mengingatkan konsumen akan transaksinya dan kembali melanjutkan transaksi tersebut.

5. Penawaran diskon untuk subscriber
Seperti yang Anda ketahui, memiliki daftar email adalah hal yang sangat penting bagi peritel online. Penawaran diskon bagi orang yang ingin berlangganan (subscribe) akan meningkatkan konversi website eCommerce Anda dan memberikan kesempatan untuk menawarkan produk baru via email.

6. Penawaran untuk followe media sosial
Memiliki respon yang baik mengenai bisnis Anda sangat diperlukan mengingat banyaknya pesaing dalam dunia eCommerce atau toko online.
Berikan penawaran diskon bagi pelanggan yang memberikan likes, memfollow dan sharing mengenai pengalaman mereka dengan produk Anda di media sosial.

7. Promo referral
Orang lebih cenderung untuk membeli dari Anda jika direkomendasikan oleh teman atau anggota keluarga. Manfaatkan kesempatan ini dengan memberikan penawaran bagi orang yang membuat review untuk produk/brand Anda.

8. Penawaran selamat datang
Berikan diskon dalam bentuk kode voucher atau potongan harga khusus bagi pelanggan yang baru pertama kali membeli produk Anda.
Pemberian penawaran kepada pembeli yang baru pertama kali melakukan transaksi akan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

9. Diskon pembelian minimum
Pemberian diskon dengan total pembelian minimum akan mendorong pelanggan untuk berbelanja lebih banyak lagi demi mendapat diskon.
Cara strategis untuk menerapkan ini ke dalam eCommerce Anda adalah menghitung nilai pesanan rata-rata Anda selama beberapa bulan sebelumnya dan menawarkan diskon atau pengiriman gratis untuk semua pesanan sebanyak 10-20% dari nilai pesanan rata-rata.
Selain itu Anda juga bisa menawarkan diskon pembelian minimum untuk koleksi atau produk tertentu.

10. Penawaran eksklusif
Penawaran eksklusif di jejaring sosial Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan yang kuat dengan follower dan memberikan alasan bagi orang lain untuk memfollow akun bisnis Anda.
Sesekali, berikan diskon khusus atau hadiah gratis untuk follower yang melakukan pembelian dengan total nilai tertentu.

11. Penawaran untuk pelanggan setia
Menghargai loyalitas pelanggan bisa membantu membangun ikatan yang lebih kuat salah satunya dengan memberikan penawaran khusus kepada mereka yang sudah pernah berbelanja sebanyak beberapa kali (sesuai keinginan Anda).
Kirimkan kupon diskon khusus atau link yang menghubungkan mereka ke halaman khusus penawaran tersebut.

12. Penawaran pop up
Terkadang yang Anda harus lakukan untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan yang melakukan transaksi adalah memberikan penawaran kedua sebelum mereka meninggalkan website.
Penawaran ini dimunculkan ketika calon pelanggan akan meninggalkan atau menutup tab website Anda sehingga bisa mengurungkan niat mereka dan mengarahkan untuk melakukan transaksi.

13. Promo retargeting
Penawaran ini efektif karena hanya ditunjukkan kepada orang-orang yang pernah ada di website Anda sebelumnya sehingga mereka sudah tahu siapa Anda. Iklan berfungsi sebagai pengingat agar mereka kembali dan penawaran berfungsi sebagai dorongan untuk membeli.

14. Endorsement
Bekerja sama dengan influencer atau selebriti yang memiliki banyak follower di media sosial adalah cara yang bagus untuk memasarkan produk dan meningkatkan trust serta branding bisnis Anda.
Selain itu, terdapat keuntungan lainnya seperti bertambahnya jumlah follower Anda yang berpotensi menjadi pelanggan Anda di masa depan.

Kesimpulan
Penawaran diskon atau promo belum tentu cocok untuk semua bisnis online. Namun dengan tujuan dan pemahaman yang jelas mengenai brand serta percobaan yang dilakukan, Anda dapat memanfaatkan penawaran seperti di atas dengan efektif untuk mencapai tujuan, membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan pendapatan.

Sumber: